Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Mengenal 7 Soko Guru Wirausaha Di Indonesia

Mengenal 7 Soko Guru Wirausaha Di Indonesia

·
3 menit
pengembangan bisnis - tantangan kewirausahaan bagi wanita

Menjadi pengusaha memang tidak mudah. Terkadang, niat saja tidak cukup. Jika tidak tahu ilmunya, maka penipuan investasi atau jenis penipuan lain bisa saja dialami yang justru membuat bangkrut di awal karir sebagai pengusaha. Namun, sejatinya, kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan. 7 soko guru wirausaha di Indonesia ini bisa menjadi contoh bagaimana perjuangan mereka dalam memulai bisnisnya baik dalam keadaan sukses maupun gagal di awal karirnya.

Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini? Bersahaja, berkarisma, tampil sederhana dengan celana pendeknya dan tentu seabrek jenis usaha serta perusahaannya. Semua orang yang membaca kisahnya pasti tahu beliau adalah sosok pengusaha yang pantang menyerah kendati kegagalan sering datang menghampirinya. Awalnya beliau adalah seorang karyawan namun memutuskan berhenti dan banting stir menjadi seorang pengusaha. Awal karir sebagai pengusaha bukanlah hal yang mudah baginya.

Beliau membuka jasa sewa mobil dengan beliau sendiri yang menjadi sopir. Namun, kecelakaan saat sedang mengemudikan mobilnya terpaksa membuat bisnis ini gulung tikar. Kemudian, beliau beralih menjajal bisnis ternak dan telur ayam negeri. Dari sinilah semua usaha suksesnya bermula. Kem-Chicks didirikan dan diikuti oleh perusahaan lainnya seperti yang sudah diketahui saat ini.

Purdi E Chandra

Apakah Anda, teman, keluarga atau saudara Anda pernah mengikuti bimbel di Primagama? Purdi E Chandra-lah yang menjadi sosok dibalik bisnis bimbingan belajar yang terbesar di Indonesia ini. Bahkan, saking besarnya, Primagama mendapatkan rekor MURI kategori lembaga bimber terbesar di Indonesia. Awal usahanya dimulai dengan 2 orang murid kemudian terus berkembang dengan keuletan serta kerja kerasnya hingga bisa kita temuai ada ratusan outlet di setiap daerah di seluruh Indonesia saat ini.

Chairil Tanjung

Chairil Tanjung atau akrab juga dipanggil CT adalah seorang pengusaha sukses di Indonesia. Kerja kerasnya membuahkan hasil bahkan sampai menguasai pasar Indonesia. Awalnya, ia memulai usaha dengan jualan buku kuliah, kaos, buka foto copy dan bersama rekannya membangun sebuah perusahaan. Karena kurang puas, ia mencoba membangun usaha sendiri. Saat ini, ia memiliki Para Group dengan beberapa anak perusahaan seperti Para Global Investindo (sektor keuangan), Para Inti Investindo (sektor media dan investasi) dan Para Inti Propetindo (sektor properti). Ia juga pemilik Trans TV, Trans 7 serta Trans Studio.

Sandiaga Uno

Mungkin namanya akhir-akhir ini lantaran dirinya digadang-gadang akan duduk di kursi DKI 1. Dibalik tampilannya, ia adalah seorang pebisnis sukses dimana karir usahanya diawali dengan nasibnya yang di PHK perusahaan dimana ia bekerja. Kemudian, dia bersama temannya, mendirikan perusahaan PT Saratoga Advisor yang bergerak di bidang konsultasi keuangan. Perusahaan ini sangat maju sehingga bisa mengambil alih perusahaan lain serta menjadikannya salah satu orang terkaya di Indonesia.

Eka Tjipta Widjaja

Ia adalah founder sekaligus pemilik Sinar Mas Group. Awal kehidupannya sangat memilukan saat ia baru pindah ke Indonesia dari China. Kemudian, ia bersusah payah mencoba menjadi pengusaha. Awalnya, dengan modal usaha sebelumnya, ia membeli 10 ribu hektar tanah di Riau untuk lahan kelapa sawit sekaligus membeli mesin beserta pabriknya. Dari sini, usahanya terus maju hingga ia merambah ke bisnis bank, membeli pabrik kertas, dan membangun ITC Mangga Dua serta Green View Apartment. Ia juga bangun Ambassador di Kuningan.

Sukanto Tanoto

Ia adalah pemilik sekaligus CEO Raja Garuda Mas. Perusahaannya berkantor di Singapura dan bergerak di berbagai bidang seperti kelapa sawit dan kertas. Dengan kegigihannya, ia juga mendapatkan predikat orang terkaya di Indonesia peringkat ke 6 versi Forbes tahun 2011.

Dahlan Iskan

Ia adalah pemimpin Jawa Pos hingga saat ini. Keberhasilannya dalam membangkitkan Jawa Pos yang hampir mati waktu itu memang tidak bisa dipungkiri. Kemudian, dia mendirikan Jawa Pos News Network atau JPNN dimana perusahaan ini memiliki 134 surat kabar, majalah, tabloid serta 40 jaringan percetakan. Ia juga memiliki beberapa TV lokal seperti di Surabaya, JTV, di Pekanbaru Riau TV, di Batam, Batam TV.

Mereka adalah beberapa sosok penting yang menjadi figur untuk Anda kagumi dalam menjalankan bisnis Anda. Jadi, jangan karena penipuan investasi atau sejenisnya kemudian Anda berhenti membangun mimpi lewat menjadi seorang pengusaha.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat