Mengenal Istilah Bunga Pinjaman dan Jenisnya

Pernahkah Anda meminjam uang di bank atau koperasi dengan jumlah tertentu namun harus mengembalikannya lebih banyak? Nilai sebuah pinjaman itulah yang disebut dengan bunga pinjaman. Dalam bahasa perbankan bisa diartikan jika bunga kredit adalah batasan jasa yang hanya diberikan pihak yang memberikan dalam artian disini adalah bank dengan asas konvensional kepada para nasabahnya yang menjual atau membeli produknya. Selain itu, pengertian lain dari bunga kredit adalah sebuah nilai atau harga yang sifatnya wajib dibayar untuk nasabah yang mempunyai simpanan dengan sebuah nilai yang wajib dibayar kepada bank dari nasabah yang mendapatkan pinjaman.

 

Secara sederhananya, bentuk bunga adalah uang dari nilai yang dipinjam sebagai pokok utang yang harus dibayar dan nilainya bertambah terus setiap bulannya sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan. Apabila Anda tertarik untuk melakukan peminjaman kredit pada bank guna suatu keperluan yang mendesak seperti modal untuk usaha, membayar biaya sekolah anak dan sebagainya, maka hal yang harus diperhatikan sebelumnya adalah plafon yang disediakan pihak bank sekaligus angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya hingga pinjaman tersebut sudah lunas semua beserta dengan bunga-bunganya. Mungkin Anda sadar jka pelunasan pinjaman yang dibayarkan mungkin asalnya dari akumulasi total pinjaman ditambah dengan adanya bunga.

 

Namun bunga itu sebenarnya perlu untuk diperhatikan sekaligus dihitung karena hal itu mempengaruhi nilai dari total pinjaman yang Anda buat. Setiap jenis kredit memiliki tipe bunga yang juga berbeda sehingga nilai setiap pinjaman yang harus ndibayarkan nantinya juga berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengetahui cara menghitung setiap bunga yang ada supaya bisa mengecek dengan benar perhitungan bunga yang akan dibebankan pada Anda dan wajib untuk dibayar.  Untuk cara menghitungnya pun mudah karena Anda bisa menganalisis besarnya angsuran atau cicilan yang harus Anda bayar.

 

Waktu seberapa lama Anda bisa melunasi pinjaman tersebut juga berpengaruh. Dengan begitu Anda dapat mengatur jumlah keuangan lebih baik dan tidak merasa terbebani ketika harus mengembalikannya.  Berikut ini jenis bunga kredit yang harus Anda ketahui antara lain:

 

  • Bunga flat

Bunga flat lebih mudah untuk dihitung sekaligus dipahami oleh nasabah jika dibandingkan dengan tipe bunga yang lainnya. Bunga flat seringkali ditemukan pada jenis kredit kendaraan bermotor atau agunan. Biasanya di dalam brosur-brosur iklan yang dipasang atau dibagikan selalu dapat ditemukan kolom-kolom yang menunjukkan biaya angsuran yang ahrus dibayarkan setiap bulannya dan angka yang tertera itu akan berlaku hingga akhir pinjaman berakhir atau telah lunas. Sebagai contoh Anda mengajukan kredit agunan senilai Rp 120 juta dan jangka waktu untuk kreditnya adalah 12 bulan dengan bunga kredit sebesar 12% per tahun. Maka Anda harus membayar cicilan pokok yaitu Rp 120 juta dibagi dengan 12 bulan sama dengan Rp 10 juta per bulan. Perhitungan bunganya adalah Rp 120 juta dikali 10% dan dibagi 12 bulan sehingga menjadi Rp 1 juta. Jadi total dana yang harus dibayar setiap bulannya adalah Rp 11 juta. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bunga tidak akan berubah.

  • Bunga efektif

Dalam istilah perbankan, bunga efektif sering disebut dengan sliding rate yang sering diterapkan khusus peminjaman dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya jenis bunga ini dijumpai ketika Anda mengajukan KPR atau kredit pemilikan rumah sekaligus KPA atau kredit pemilikan apartemen. Mengapa hanya ditujukan untuk kredit dalam jangka waktu panjang? Karena jangka waktu yang lama itu akan sangat membantu peminjam supaya tidak terburu-buru dalam melunasinya dan suku bunga yang harus dibayar juga tidak besar. Nilai dari suku bunga efektif jauh lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga flat sehingga cocok bila digunakan untuk peminjaman jangka panjang. Bunga kecil tersebut diperoleh dari perhitungan sisa peminjaman pokok dari debitur. Bila bunga flat dilihat dari nilai peminjaman awal, maka bunga efektif dilihat dari jumlah hutang yang belum dibayarkan setiap bulannya sehingga nilai bunga akan semakin rendah karena pinjaman akan semakin berkurang seiring pelunasan.

 

Semoga penjelasan mengenai bunga pinjaman ini dapat membantu Anda memahami cara kerja dari pinjaman yang Anda buat dan perhitungan dana yang harus dilunasi jika melakukan peminjaman.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.