Sudah tidak perlu diragukan lagi jika bisnis merupakan sebuah instrumen investasi yang paling menguntungkan dan mudah untuk dilakukan. Bahkan modal yang dibutuhkan pun tidak banyak namun hasil yang diperoleh sangatlah menguntungkan. Oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba membuat usahanya sendiri. Namun tahukah Anda bila dari seluruh jenis usaha yang ada, bisnis online lah yang paling banyak dilakukan saat ini? Membangun usaha online tidak diperlukan lokasi usaha khusus sehingga menghemat biaya. Akan tetapi, lebih sulit menemukan pelanggan yang menjadi segmentasi pasar karena bisnisnya tak terlihat secara langsung jadi dibutuhkan promosi yang tepat. Mungkin bagi Anda sebagai blogger maupun pebisnis online profesional sudah mengetahui trik mendatangkan traffic dalam situs maupun mendatangkan konsumen dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat.

Akan tetapi, jika Anda tergolong pemula dalam menjalankan bisnis online, maka sebaiknya diperlukan cara jitu yang akan membuat situs Anda menjadi terkenal dan memiliki nilai jual tinggi. Salah satunya dengan jalan membangun kredibilitas dari situs terkait melalui monetisasi website yang mudah dilakukan dan bermanfaat. Sebenarnya apakah itu monetisasi? Yang disebut dengan monetisasi adalah sebuah proses untuk membangun situs yang baik dan sangat berkualitas dari segi informatifnya dimana tujuan akhirnya adalah demi mendapatkan penghasilan dari situs. Intinya adalah bagaimana cara Anda sebagai pemilik situs untuk membuat website milik Anda memiliki nilai jual tinggi dan menjadi wadah uang Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas situs baik dari membuat review suatu barang maupun jasa yang disebut dengan paid review, pemasangan iklan atau sponsor dalam situs, mengajak seseorang untuk bergabung dengan situs dan sebagainya.

Sama seperti membangun bisnis lainnya, diperlukan modal berupa kemauan, rasa inovatif, tingkat kreativitas yang tinggi, ketekunan, sifat pantang menyerah dan kerja keras tanpa batas untuk dapat menjaring minat pengunjung situs agar mau melihat produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa menggunkana cara blogwalking untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Lakukan juga sistem tukar link untuk meningkatkan page rank situs dengan pengguna website yang lain. Apabila situs Anda memiliki pagerank sekaligus jumlah pengunjung yang tinggi, maka secara langsung Anda membuka kesempatan untuk meraih keuntungan lebih besar dibandingkan dengan usaha lain yang dibuka secara offline. Ada banyak sekali jenis monetisasi yang dapat dipilih oleh pemilik bisnis seperti paid per click atau PPC. Sesuai dengan namanya, Anda akan dibayar hanya dengan sekali klik dan Anda cukup memasang iklan baris maupun banner dalam situs Anda. Sistem kerjanya adalah apabila pengunjung mengklik iklan itu, maka Anda secara otomatis akan dibayar.

Jenis lainnya adalah paid to click atau PTC. Berkebalikan dengan PPC, dalam PTC ini Anda akan dibayar untuk mengklik dimana Anda hanya perlu membuka link yang telah disediakan sebelumnya oleh website broker dan Anda pun akan dibayar. Namun penghasilan PTC biasanya lebih kecil dibandingkan PPC karena terdapat batasan dalam mengklik. Kecanggihan teknologinya sekarang membuat broker PTC bisa dicari dari luar maupun dalam negeri. Cara lainnya yang merupakan bentuk monetisasi terkenal adalah PPS yang disebut dengan paid per survey yang artinya Anda hanya akan dibayar untuk setiap melakukan survey. Artinya Anda harus menjadi seorang responden dan mengisi survey dari broker. Setelah mengisinya, Anda pun akan memperoleh bayaran. Hanya saja terdapat beberapa syarat dan salah satunya yang paling berat adalah Anda haruslah warga negara Amerika. Sejenis dengan PPS, tersedia juga PPR yang artinya paid per review. Anda akan memperoleh bayaran setelah melakukan review dari produk maupun jasa yang ditawarkan.

Setelah melakukan review, maka Anda harus memasang link menggunakan anchor text tertentu baru Anda akan memperoleh bayaran. PPR ini dikenal sebagai cara yang paling cepat untuk memperoleh penghasilan namun tantangannya berat karena sulit sekali untuk memperoleh job dari broker. Bahkan syarat utama untuk bisa melakukan PPR adalah harus mempunyai blog sendiri. Namun blog yang dimiliki haruslah terkenal dan telah mempunyai Alexa Rank maupun pagerank yang sangat tinggi. Bila mampu dilakukan dengan baik, maka bisnis online ini akan menjadi instrumen investasi paling menguntungkan yang pernah Anda rintis.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: ย 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.