Investasi bisa dijadikan solusi untuk memutar dan mengembangkan uang Anda. Ada banyak jenis investasi yang sudah umum di masyarakat Indonesia dari mulai properti sampai emas bahkan perak. Pastinya, setiap jenis investasi juga memiliki resiko investasi. Biasanya, resiko investasi akan semakin besar seiring keuntungan yang didapat juga semakin besar. Contoh, jika investasi dengan menabung, resiko sangat kecil bahkan tidak ada maka keuntungan yang didapat juga kecil.

Berbeda dengan investasi pada perusahaan dimana keuntungannya bisa berlipat-lipat. Namun, resiko berinvestasi pada perusahaan juga besar. Lebih jauh lagi jika Anda tidak mengenal UU Pemerintah Indonesia yang membahas Investasi. Pemahaman akan aturan investasi yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah itu penting untuk dipahami bagi setiap investor. Berikut penjelasan singkatnya.

Pembahasan UU Investasi

Hukum investasi atau pasar modal di Indonesia, sudah diatur oleh Pemerintah melalui UU No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. UU ini memiliki beberapa pasal yang secara jelas mengatur hukum atau aturan investasi di Indonesia. Silahkan simak pembahasan berikut;

Pertimbangan dalam Pembuatan Undang-Undang

Berdasarkan UU, Presiden bisa memutuskan untuk membuat UU investasi karena beberapa hal berikut;

  1. Berdasarkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Menurut UUD ini, dijelaskan bahwa ada tujuan yang dilakukan untuk membuat perekonomian negara Indonesia agar lebih baik lagi yakni melalui pembangunan ekonomi nasional yang berkelanjutan. Tentu saja, menurut UUD tersebut, pembangunan ekonomi ini diharuskan berlandaskan pada demokrasi ekonomi.
  2. Menjalankan amanat yang sudah ditetapkan di Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor XVI/MPR/ 1998. Adapun isi amanat tersebut adalah guna melaksanakan aturan atau kebijakan investasi (penanaman modal), maka diharuskan dengan landasan sistem ekonomi kerakyatan. Didalam ekonomi kerakyatan tersebut ada usaha kecil, mikro, menengah serta koperasi.
  3. Untuk percepatan pembangunan ekonomi, maka dilakukan peningkatan penanaman modal. Ini dilakukan untuk mengolah segala potensi ekonomi menjadi kinerja ekonomi yang riil atau nyata. Adapun modal tersebut bisa datang dari dalam atau luar negeri.
  4. Untuk membuat Indonesia ikut serta dalam kerjasama di dunia internasional maka harus ada iklim investasi atau penanaman modal. Iklim investasi ini sudah seharusnya bersifat promotif, adil, kondusif serta efisien. Selain itu, iklim ini juga harus tetap memperhatikan kepentingan ekonomi nasional.

Maka dari itu, dengan berbagai pertimbangan diatas, Presiden bisa membuat hukum investasi melalui pembentukan UU.

Isi UU No. 25 Tahun 2007

UU ini membahas berkenaan dengan apa yang dimaksud dengan investasi atau penanaman modal sebagai bentuk investasi utama. Menurut UU ini, yang dimaksud dengan penanaman modal ialah segala bentuk kegiatan yang dilakukan dalam rangka penanaman modal. Adapun penanam modal atau investor yang dimaksud di sini bisa berupa investor dalam atau luar negeri.

Yang dimaksud dengan penanaman modal dalam negeri adalah penanaman modal yang ditujukan untuk melakukan usaha yang berada di dalam negeri dan dilakukan oleh penanam atau investor lokal. Sedangkan penanaman modal luar negeri maksudnya adalah penanaman modal yang ditujukan untuk melakukan usaha yang berada di dalam negeri dan dilakukan oleh penanam atau investor asing baik penanaman modal ini dilakukan sepenuhnya oleh orang asing atau secara patungan.

Kegiatan investasi atau penanaman modal yang dijelaskan dalam UU ini diselenggarakan dengan beberapa asas seperti;

  • Kepastian hukum
  • Keterbukaan
  • Akuntabilitas
  • Pelakuan adil yang tidak bisa dilihat karena perbedaan negara
  • Kemandirian
  • Kebersamaan
  • Berkelanjutan dan
  • Ada keseimbangan dengan kesatuan ekonomi Indonesia

Adapun untuk tujuan investasi berdasarkan UU ialah untuk menciptakan jumlah lapangan kerja lebih banyak lagi, peningkatan pertumbuhan ekonomi negara, membuat perubahan, membantu ekonomi rakyat sehingga mereka mampu berkembang serta membuat kesejahteraan untuk masyarakat dengan adanya lapangan kerja yang memadai sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Bahkan, penanaman modal juga dimaksudkan untuk mengurangi jumlah orang miskin di Indonesia.

Tentu saja dalam prakteknya, Pemerintah juga memiliki peranan yang penting terhadap jalannya investasi yang ada di Indonesia. Sehingga, jika Anda ingin menanamkan modal atau berinvestasi, maka perhatikan terlebih dahulu tentang UU Investasi di atas serta resiko investasi dari jenis investasi yang Anda pilih. Ada banyak pilihan investasi dimana setiap jenis investasi memiliki nilai plus dan minus tergantung bagaimana Anda menilainya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.