9 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial – Jika Anda mudah merasa canggung di acara sosial atau kesulitan melakukan percakapan dengan orang lain karena malu, maka perbaiki kekurangan tersebut.

Kesulitan untuk bersosialisasi dengan banyak orang akan sangat mempengaruhi karier dan pekerjaan Anda.

Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan masalah di atas. Kami telah merangkum tentang 9 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sosial.

Simak pembahasannya di bawah ini.

9 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial

1Mulai dari Hal yang Kecil

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Apabila Kamu Tidak Berhenti Belajar - perubahan lebih baik

Jika Anda belum bisa pergi ke acara yang dihadiri banyak orang atau sulit berada di tengah kerumunan, maka mulailah dengan hal yang kecil terlebih dahulu.

Mulailah dengan mengucapkan terima kasih ke pelayan restoran atau kasir di toko swalayan.


2Mengajukan Pertanyaan Terbuka

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9)

Jika Anda ingin memulai percakapan, maka sampaikan beberapa pertanyaan terbuka kepada lawan bicara.

Mulailah mendorong orang lain untuk berbicara, sehingga Anda tidak perlu membuat obrolan-obrolan kosong. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang panjang dan bukan jawaban ya atau tidak.


3Mendorong Orang Lain untuk Berbicara

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 5 Kiat Diperlukan Manajer Baru Agar Membuat Keputusan Lebih Efektif - 7 Alasan Utama Mengapa Anda Tidak Pantas Menjadi Seorang Manajer - berteman bisnis dengan kompetitor

Sebagian orang sangat menikmati saat mereka berbicara tentang diri sendiri. Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang karier, hobi, atau keluarga kepada lawan bicara. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda tertarik dengan apa yang sedang sampaikan.


4Memuji Orang Lain dengan Tulus

mitigasi risiko - bisnis-sukses-tips-bersama temann-

Pujian yang Anda berikan merupakan salah satu cara terbaik untuk membuka pintu percakapan.

Memberikan pujian menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda ramah dan membuka diri untuk menjadi lawan bicara yang baik.


5Membaca Buku tentang Keterampilan Sosial

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mau Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Ayo Terapkan 6 Kiat Cerdas Berikut Ini - Tidak Minat Membaca Buku yang Bermanfaat? Ini 3 Solusinya - 3 Rutinitas Bermanfaat yang Perlu Anda Lakukan di Sela Jam Bekerja - buku favorit orang sukses

Ada banyak sekali buku di pasar yang bisa membantu Anda mempelajari keterampilan sosial dan memulai percakapan dengan lancar. Hanya saja, Anda harus mengimbangi buku yang dibaca dengan kemauan untuk melatih keterampilan tersebut secara berulang.


6Menerapkan Tata Krama yang Baik

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (1) - 3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengapa Belajar Bersama Mentor akan Memberikan Manfaat Lebih Banyak? - 5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin di Bidang Apapun

Sikap dan tata krama yang sopan akan sangat membantu Anda dalam kehidupan bersosial. Tata krama harus Anda latih dan dilakukan secara konsisten secara terus menerus.


7Memperhatikan Bahasa Tubuh

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (5) - 5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis yang Luar Biasa - berteman dengan kompetitor

Komunikasi non-verbal adalah salah satu jenis bahasa yang sangat penting diperhatikan saat akan berhubungan dengan banyak orang. Anda harus terlihat terbuka saat berkomunikasi dengan orang lain dan lakukan kontak mata dengan mereka.


Bergabung dengan Kelompok dan Organisasikantor kerja meeting 9 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Keterampilan SosialCara selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan bergabung ke dalam kelompok orang untuk mengatasi perasaan malu, canggung, dan kecemasan sosial.

Kelompok akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan keterampilan sosial dan membuat jaringan baru yang bermanfaat untuk diri sendiri.


8Up To Date dengan Peristiwa Saat Ini

kerja sama kantor pemimpin - 5 Kiat untuk Menjadi Pemimpin yang Persuasif- digital marketing

Mengikuti perkembangan dunia dan membaca tren yang sedang berlangsung di masyarakat akan membuat Anda memiliki bahan pembicaraan saat berkomunikasi dengan orang lain.

Hindari membahas berita yang kontroversial atau politik, tetapi bicarakan hal-hal ringan yang menarik.

Selain menerapkan cara di atas, Anda bisa meningkatkan keterampilan sosial dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan yang berhubungan dengan bidang public speaking atau komunikasi.

Kursus yang diikuti memungkinkan Anda mengetahui lebih dalam cara berhubungan dengan banyak orang dan menerapkan keterampilan tersebut secara langsung di kelas.

Hanya saja, banyak orang yang tidak bersedia menggunakan cara ini karena terkendala dengan biaya pendidikan dan kursus yang mahal.

Tidak perlu khawatir dengan masalah di atas!

Manfaatkan fasilitas pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk membayar biaya pendidkan tersebut. KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga yang sangat ringan yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dibayarkan dalam jangka waktu yang lebih lama sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara di atas tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Manfaatkan kemudahan dan fasilitas dari KoinPintar untuk mengikuti kursus dan pelatihan yang memungkinkan Anda meningkatkan keterampilan komunikasi menjadi lebih baik.

Mulai saat ini, jangan lagi menjadikan biaya sebagai alasan untuk tidak mengikuti pendidikan dan keterampilan yang berkualitas.

Semoga bermanfaat.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.