Menulis Surat Pinjaman Uang Ke Sebuah Perusahaan yang Baik dan Benar

Saat Anda sedang membutuhkan dana untuk modal usaha atau keperluan genting lainnya namun tidak memiliki banyak simpanan uang Anda tentu akan berusaha untuk meminjam uang sebagai solusi terbaik. Anda bisa meminjam uang yang Anda butuhkan melalui kerabat atau teman dekat Anda. Namun jika Anda membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar Anda bisa memilih alternatif pinjaman lain, yaitu meminjam uang ke Bank atau lembaga keuangan lainnya. Jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan, Anda juga bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman uang ke perusahaan tempat Anda bekerja tersebut. Selain bisa meminjam uang dengan nominal yang cukup besar, dengan meminjam uang ke perusahaan tempat Anda bekerja besar kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan disetujui, apalagi jika masa kerja Anda di perusahaan tersebut sudah sangat lama. Perusahaan tentu akan mempertimbangkan untuk memberikan uang pinjaman kepada Anda.

Kegiatan pinjam meminjam uang bukanlah sebuah hal yang main-main, sehingga jika Anda berniat untuk meminjam uang kepada perusahaan tempat Anda bekerja Anda harus membuat surat pinjaman uang sebagai alat bukti yang sah bagi Anda dan pihak perusahaan. Surat pinjaman uang biasanya memuat kejelasan tentang orang yang meminjam uang, jumlah uang yang dipinjam, orang yang dipinjami uang, cara pengembalian, batas pengembalian uang bahkan sampai bentuk jaminan yang akan diberikan peminjam kepada pihak yang dipinjami uang jika memang diperlukan.

Surat pinjaman uang kepada perusahaan tentunya harus bersifat resmi dengan pemilihan diksi yang tepat. Surat pinjaman uang ke perusahaan yang baik dan benar terdiri dari beberapa bagian surat, yaitu kepala surat, tanggal surat dibuat, isi surat, dan penutup surat. Untuk bagian kepala surat biasanya terdiri dari nama perusahaan dan amalat perusahaan. Kemudian bagian selanjutnya adalah bagian isi yang terdiri dari data pembuat surat atau data peminjam, statment pernyataan peminjam serta penjelasan mengenai alasan peminjaman uang. Untuk data pembuat surat, diisi dengan dengan data asli si peminjam yaitu sesuai dengan kartu tanda pengenal secara lengkap dan jelas. Statment pernyataan peminjam juga harus dibuat sedetail mungkin agar pinjaman Anda bisa segera disetujui dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Dan untuk alasan peminjaman tentu akan berbeda satu dengan yang lainnya, yaitu sesuai dengan kebutuhan uang yang diinginkan. Sedangkan untuk bagian penutup surat Anda bisa menulisnya dengan bahasa yang biasa digunakan untuk menulis surat resmi lainnya.

Untuk menulis surat pinjaman uang yang baik dan benar, Anda bisa melihat banyak contohnya di laman internet, banyak sekali contoh surat pinjaman uang ke perusahaan yang bisa menjadi panduan Anda dalam menulis surat pinjaman uang. Namun pada kesempatan kali ini mari kita lihat contoh surat pinjaman uang ke perusahaan yang baik dan benar yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Berikut ini Contoh Surat Pinjaman Uang ke Perusahaan yang Baik dan Benar :

Bandung, 1 Januari 2016

Kepada Yth :

Manager Keuangan

PT. Global Mandiri

Jl. Majapahit Timur No 100 Bandung

Dengan Hormat,

Dengan ini saya :

Nama : Andaru Wiratma S.Sos

No KTP : xxx

Jabatan : Asisten Manager Keuangan PT. Global Mandiri

Alamat : Jl. Burangrang No 13 Bandung

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pinjaman kepada perusahaan sebesar Rp. 30.000.000; yang akan saya gunakan untuk membayar uang operasi kakak saya yang sedang mengalami koma karena kecelakaan motor. Adapun besarnya cicilan pembayaran yang mampu saya bayarkan adalah sebesar Rp. 3.000.000; dengan cara potong gaji secara langsung sehingga pinjaman saya akan lunas dalam jangka waktu 10 bulan.

Sebagai Informasi, saat ini saya sedang tidak ada pinjaman lain, baik pinjaman dari Bank ataupun pinjaman dari lembaga keuangan lainnya, sehingga saya memutuskan untuk meminjam uang kepada perusahaan. Saya akan melakukan cicilan pembayaran dengan tertib dan pinjaman saya akan saya lunasi tepat pada waktunya.

Demikian surat permohonan pinjaman ini saya buat, mohon untuk segera dipertimbangkan. Atas perhatian serta kebijksanaan Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Demikian contoh surat pinjaman uang ke pihak perusahaan tempat Anda bekerja. Semoga bermanfaat.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Jonathan

Jonathan

Head of Marketing at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.