Panduan KoinWorks #1: Mengenal Dasbor Investor – Halaman Ringkasan

panduan koinworks - dasbor investor - halaman ringkasan

Panduan KoinWorks #1: Mengenal Dasbor Investor – Halaman Ringkasan – KoinWorks baru saja mencapai 50.000 investor. Sebuah pencapaian luar biasa bagi pionir peer to peer lending Indonesia yang sebentar lagi memasuki usia ke-2.

KoinWorks hingga saat ini sudah menjadi perpanjangan tangan bagi masyarakat yang ingin berkontribusi untuk meningkatkan inklusi keuangan nasional dengan menyalurkan pendanaan ke masyarakat yang membutuhkan dana.

Baca Juga: Cara Menganalisa Factsheet Pinjaman di KoinWorks

Terhitung bulan April 2018, KoinWorks sudah memiliki lebih dari 50.000 investor. Di antaranya, mungkin masih banyak investor yang bingung bagaimana cara mengoperasikan akunnya.

Demi memandu setiap Pendana di KoinWorks, baik investor baru maupun yang lama, kami akan menyajikan panduan KoinWorks untuk pemula dalam pembahasan berseri.

Mengenal Dasbor Investor – Halaman Ringkasan

panduan koinworks - dasbor investor - halaman ringkasan

Dalam artikel ini, kita memulai panduan KoinWorks untuk pemula dengan mengenali dasbor Pendana di KoinWorks.com.

Begitu Anda terdaftar sebagai investor dan masuk ke dalam akun, secara otomatis Anda akan diarahkan ke dasbor investor pada halaman Ringkasan (Summary).

Apa yang menjadi isinya sebenarnya adalah ikhtisar dari nominal pendanaan Anda berikut persentase suku bunga rata-rata, jumlah Kas, KOIN, dan sebagainya.

Untuk memandu Anda mengenali dasbor Pendana di KoinWorks halaman Ringkasan, Anda bisa menggunakan media yang terlampir di bawah ini.

Panduan KoinWorks #1 – Halaman Ringkasan – PC
Total Nilai Akun Dana Tersedia Performa (NAR) Bunga Diterima Ringkasan Dana Program Referral Informasi Tambahan/Promosional

Total Nilai Akun

Total nilai aset investasi yang terdiri dari total Kas yang telah didepositkan (bisa dicairkan), KOIN, gabungan Kas + KOIN yang sudah diinvestasikan/sedang berjalan, dan total pengembalian yang sudah diterima.

Dana Tersedia

Dana yang sedang tersedia dan dapat digunakan untuk berinvestasi, terdiri dari Kas (bisa dicairkan) dan KOIN yang belum diinvestasikan.

Performa (NAR)

NAR atau Net Annualized Return adalah tingkat perhitungan pertahun dari pengembalian pokok pinjaman selama masa pendanaan. NAR dihitung dari pengembalian yang dibayarkan oleh Peminjam setiap bulannya termasuk biaya keterlambatan dan biaya atas jasa.

Apa kegunaan dari NAR?

NAR mengambarkan pembayaran yang sudah Anda terima dari Peminjam. Oleh karena itu NAR dapat menjadi tolak ukur perkembangan portofolio Anda.

Bagaimana kami mengukur NAR?

Kami menghitung NAR dengan membandingkan antara penerimaan dari Peminjam (penerimaan cicilan dan biaya keterlambatan dikurangi dengan 1% biaya atas jasa) dengan jumlah pokok pendanaan berjalan. Sehingga apabila Peminjam tidak membayar, maka perhitungan NAR bulan tersebut adalah 0 dan akan mengurangi rata-rata NAR yang sudah didapat.

(Jumlah Total(Bunga + Biaya Keterlambatan - Kerugian NPL + Dana Proteksi - Segala Komisi) / Jumlah Total(Pokok) ) * 100%

(*) Tahun = Tahun Saat Ini

Bunga Diterima

Total seluruh bunga yang sudah diterima dari seluruh kegiatan investasi sejak pertama kali bergabung di KoinWorks.

Ringkasan Dana

ID Pendana

Setiap Pendana di KoinWorks mendapatkan ID unik yang membedakannya dengan Pendana lain. ID Pendana akan sangat berguna manakala Anda membutuhkan bantuan dari Tim Support KoinWorks.

Dana Tersedia:

1. Saldo Kas

Saldo Kas adalah jumlah dana yang dapat ditarik ke rekening bank dan/atau diinvestasikan ke produk lain.

2. KOIN

KOIN adalah hadiah yang diberikan kepada Investor. KOIN hanya bisa diinvestasikan dan tidak bisa dicairkan, namun bunga yang didapat saat menginvestasikan KOIN menjadi hak Investor dan bisa dicairkan.

Dana Dialokasikan

Jumlah dana berupa Kas + KOIN yang sudah diinvestasikan ke produk tertentu namun proses pendanaannya belum selesai (masih dalam tahap pendanaan, belum dicairkan).

Total Pendanaan (Prinsipal/Pokok)

Total dana investasi berupa Kas + KOIN yang dialokasikan ke dalam produk investasi tertentu yang sudah melewati tahap pendanaan. Nominalnya akan terus berkurang seiring terbayarnya cicilan/pengembalian.

Total Nilai Akun

Total nilai aset investasi yang terdiri dari total Kas yang telah didepositkan (bisa dicairkan), KOIN, gabungan Kas + KOIN yang sudah diinvestasikan/sedang berjalan, dan total pengembalian yang sudah diterima.

Program Referral

Undang keluarga, kerabat, atau siapa saja untuk menjadi Pendana di KoinWorks menggunakan kode referral Anda dan dapatkan 50.000 KOIN untuk setiap investor baru yang diundang dan menyelesaikan investasi pertamanya.

Semakin banyak yang ikut berinvestasi, semakin banyak KOIN yang akan Anda dapatkan. Gunakan tombol media sosial yang tersedia untuk membagikan link referral Anda secara otomatis.

Informasi Tambahan/Promosional

Semua hal yang penting bagi Anda dan KoinWorks akan ditampilkan di sini, termasuk promo, fitur terbaru, hari raya keagamaan, hari libur nasional dan sebagainya.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda kenali di halaman Ringkasan pada dasbor Pendana di KoinWorks.

Bila Anda sudah membaca semua penjelasannya di atas, Anda kini tentu sudah tidak bingung lagi ketika masuk ke dalam akun dan melihat beragam angka, persentase, URl, dan banner yang ada di dalamnya.

Masih bingung juga?

Jangan sungkan untuk menyampaikan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini atau melalui media sosial: @koinworks.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di panduan KoinWorks untuk pemula lainnya!

Dapatkan berbagai informasi seputar Panduan KoinWorks lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.