Apa itu KOIN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

koinp2p-4-eng

Apa itu KOIN dan Bagaimana Cara Kerjanya? – Sebagai pengguna setia KoinWorks, tentu Anda sudah mengenal yang namanya KOIN.

Tapi, bagi Anda yang baru mendengar tentang KoinWorks atau bahkan belum pernah mendengar apa itu KOIN, pasti Anda sering bertanya-tanya apa sih sebenarnya KOIN itu?


Apa itu KOIN dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengertian KOIN

KOIN adalah dana di platform KoinWorks yang diberikan kepada Pendana lewat promo atau program tertentu. Pendana dapat menggunakan KOIN untuk mendanai pinjaman dan mendapatkan porsi bunga dari pembayaran yang didapatkan.

Hanya saja, KOIN ini hanya berlaku sekali setiap digunakan untuk mendanai. Pokok dari KOIN akan hangus, tetapi bunga keuntungan yang dihasilkannya akan menjadi hak milik Anda sebagai Pendana sepenuhnya.


Cara Mendapatkan KOIN

KOIN bisa didapatkan baik oleh calon pengguna maupun pengguna aktif dari berbagai promo KoinWorks. Pengguna bisa mendapatkan KOIN dari Program Referral KoinWorks dengan mengundang rekan atau menggunakan kode referral rekan ketika mendaftar akun KoinWorks.

Selain itu, Pengguna pun bisa mendapatkan KOIN dengan menggunakan Kode Promo KoinWorks saat mendaftar.

Ada banyak sekali cara yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan KOIN. Silakan ikuti akun media sosial dan blog KoinWorks untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai berbagai program untuk mendapatkan KOIN.


Cara Menggunakan KOIN

Penggunaan KOIN sama persis seperti penggunaan saldo kas di KoinWorks pada umumnya. Hanya saja, Pendana harus segera mengalokasikan KOIN yang telah didapat agar tidak hangus karena telah melewati masa kedaluwarsa (30 hari setelah KOIN diterima).

Secara khusus, apabila Pendana memiliki KOIN maka ketika melakukan pendanaan, KOIN akan selalu dialokasikan/dipotong terlebih dahulu karena adanya masa kedaluwarsa yang berlaku.

Contoh skemanya seperti ini:

  • Jumlah Pendanaan: Rp1.000.000
  • Saldo Kas: Rp10.000.000
  • KOIN: Rp200.000

Maka dari total nominal pendanaan sebesar Rp1.000.000, KOIN sebesar 200.000 akan diutamakan dan dipotong terlebih dahulu ditambah dengan Rp800.000 yang dipotong dari nominal Saldo Kas.

Sehingga, komposisi pendanaan Anda seperti ini:

Total Pendanaan = KOIN + Saldo Kas

  • => Rp1.000.000 = 200.000 KOIN + Rp800.000

Setelah melakukan pendanaan, nilai akhir Saldo Kas milik Pendana nantinya menjadi sebesar Rp10.000.000 – Rp800.000 = Rp9.200.000 dan bisa dilihat di akun setiap Pendana.

Hal tersebut dilakukan karena KOIN memiliki masa kedaluwarsa sehingga akan selalu diutamakan pengalokasiannya di setiap aktivitas pendanaan.

Apabila Pendana tidak memiliki KOIN, maka Saldo Kas-lah yang akan dipotong setiap kali melakukan pendanaan.

KOIN yang dialokasikan akan menghasilkan pengembalian berupa pokok dan bunga, di mana pokok dari KOIN akan ditarik kembali oleh KoinWorks dan bunganya menjadi milik Pendana sepenuhnya.

Itu dia beberapa penjelasan yang bisa Anda ketahui tentang KOIN dan cara kerjanya di platform KoinWorks. Yuk, mulai mendanai sekarang juga!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ferry Irawan

Ferry Irawan

I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.