Pengertian, Manfaat dan Strategi Upsell Bisnis Kopi

Pengertian, Manfaat dan Strategi Upsell Bisnis Kopi

Walaupun jenis strategi penjualan di dunia hampir sama jumlahnya dengan tenaga penjual, namun strategi upsell bisnis kopi menjadi strategi terpenting. Strategi upsell bertujuan untuk membangun hubungan baik dan memperpanjang umur para pelanggan bisnis kamu.

Mungkin kamu sering mendengar pelayan yang menanyakan topping tambahan kepada konsumen. Seperti “Kopi dengan topping chocochip?” atau “Mau ekstra cream?” Hal tersebut dapat menambah pendapatan bisnis kopi kamu hingga jutaan rupiah.

Teknik penjualan tersebut mendorong konsumen agar membeli produk minuman kopi dalam versi yang lebih mahal. Teknik ini juga sudah digunakan oleh para pemilik bisnis dalam beberapa dekade sebagai penyamaran untuk meningkatkan rasa puas para konsumen.

Pengertian Upsell Dalam Bisnis Kopi

Upsell bisnis kopi adalah sebuah strategi penjualan produk kopi ketika penjual berupaya mendorong konsumen untuk mengeluarkan uang lebih. Caranya dengan merekomendasikan alternatif menu yang premium, lebih mahal, atau menawarkan produk yang lebih mewah. 

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan nilai pembelian konsumen, agar meningkatkan keuntungan dalam bisnis kopi. Pengertian sederhananya adalah membuat konsumen mengeluarkan uang lebih dari yang mereka pikirkan sebelum. Karena penawaran menarik yang bisnis kopi kamu berikan.

Manfaat Upsell Untuk Bisnis Kopi

Upsell merupakan suatu seni yang bertujuan meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen dan mendapatkan keuntungan lebih dari mereka. Banyak pemilik bisnis kopi offline dan online yang sangat mengandalkan strategi upsell karena bermanfaat untuk:

1. Meningkatkan Nilai Umur Pelanggan

Nilai umur pelanggan atau customer lifetime value merupakan nilai yang diperoleh dari konsumen selama masa hidupnya. Ada 3 jenis pelanggan, yaitu menguntungkan, sangat menguntungkan, dan tidak menguntungkan.

Teknis upsell strategis bisa kamu gunakan untuk mengubah konsumen yang tidak menguntungkan menjadi konsumen yang menguntungkan. Selain itu, kamu juga bisa mengubah konsumen yang menguntungkan menjadi konsumen yang sangat menguntungkan.

Biasanya para pemilik bisnis kopi menggunakan strategi upsell untuk konsumen yang berlangganan untuk membuat konsumen memilih produk yang lebih menguntungkan. Khususnya saat kamu sedang merilis produk baru. Teknik ini pasti akan lebih banyak mendapatkan keuntungan tanpa investasi tambahan untuk bisnis kopi kamu.

2. Memuaskan Pelanggan Setia

Berdasarkan survei, memperoleh $ 1 dari pelanggan setia adalah 68% lebih hemat daripada mendapatkan $ 1 dari pelanggan baru.

3. Pelanggan Menghargai Upsell

Strategi upsell mampu meningkatkan pengalaman pelanggan saat berbelanja secara keseluruhan dengan cara mengarahkan mereka pada alternatif yang lebih baik. 

Sebagian besar pelanggan sangat menghargai promo diskon, tambahan topping, atau peningkatan dari penjual. Karena saat memilih alternatif menu, bisa membuat pelanggan mendapatkan kesepakatan pembelian yang lebih baik.

4. Membantu Membangun Hubungan

Upsell bisnis kopi merupakan strategi penjualan yang sangat kuat untuk menghasilkan situasi yang sama-sama menguntungkan bagi pelanggan dan pemilik bisnis. Saat pelanggan mendapatkan penawaran yang lebih banyak dari nilai sebelumnya, membuat mereka merasakan kesepakatan yang lebih baik.

Sedangkan pada sisi yang lain, pemilik bisnis kopi bisa memaksimalkan pendapatan. Hal ini dapat membangun hubungan baik antara pelanggan dan pemilik bisnis kopi kedepannya.

Teknik dan Strategi Upsell

Upsell merupakan strategi cerdas yang dapat kamu gunakan pada setiap saluran pemasaran. Mulai dari tahap perolehan prospek sampai ke tahap purna jual. Berikut ini teknik dan strategi upsell dalam bisnis kopi, yaitu:

1. Sebelum Dijual

Rekomendasi produk kopi, diskon tambahan atau premium, dan penawaran ketika kamu pertama kali kontak dengan pelanggan. Misalnya, kamu pasti pernah menemukan menu penawaran paling populer, penawaran terbaik, dan lain-lain di marketplace atau situs web ecommerce.

2. Saat Penjualan Produk

Rekomendasi dari tenaga penjual dan penawaran menu tambahan saat terjadi transaksi jual beli di kedai kopi. Contohnya menawarkan menu kopi terbaru, topping terbaru, promo yang sedang berlangsung, atau diskon untuk produk premium.

3. Setelah Transaksi Penjualan

Teknik upsell bisnis kopi yang terakhir adalah kamu mengirimkan email, panggilan telepon, atau sms kepada pelanggan setelah transaksi penjualan. Agar pada transaksi pembelian berikutnya, pelanggan Anda akan memilih versi produk kopi yang jauh lebih baik.

Tips Upsell Bisnis Kopi

Saat kamu memilih strategi upsell untuk meningkatkan angka pendapatan pada bisnis kopi. Ada beberapa tips agar teknik upsell sukses dan menghasilkan keuntungan yang maksimal, yaitu:

1. Memahami Kebutuhan Konsumen

Sebagian besar konsumen tidak memahami kebutuhan mereka yang sebenarnya saat membeli kopi. Saat kamu dapat memahami kebutuhan konsumen, maka kamu dapat memberikan produk dan pelayanan yang lebih tepat untuk konsumen tersebut.

Contohnya saat kamu mendapatkan konsumen baru yang tidak mengetahui berbagai jenis minuman kopi. Kamu bisa menawarkan kopi yang ringan dan cocok untuk konsumen kopi pemula.

2. Produk Promosi

Tips strategi upsell bisnis kopi selanjutnya adalah menawarkan produk promosi. Saat konsumen sedang memesan produk kopi, kamu bisa menawarkan produk promosi kepada konsumen. Agar konsumen tersebut mengetahui bahwa ada produk yang sedang kamu promosikan.

Contohnya saat konsumen sedang memesan kopi latte, kamu bisa menawarkan produk cheese cake atau Dalgona Coffee premium yang sedang diskon. Penawaran tersebut akan membuat konsumen berpikir sejenak, apakah dia akan membeli produk tersebut atau tidak?

3. Memahami Budget Konsumen

Saat konsumen sedang memesan suatu produk kopi, secara tidak langsung kamu akan mengetahui berapa budget mereka untuk membeli kopi. Kamu bisa menawarkan produk yang sedikit lebih mahal untuk menjadi pilihan terbaik konsumen tersebut.

Pastikan produk yang kamu tawarkan ini memiliki kualitas yang lebih baik dari produk yang dipesan oleh konsumen. Agar peluang strategi upsell bisnis kopi berhasil lebih besar.

4. Produk yang Mempunyai Kuantitas Lebih Besar

Menawarkan produk yang mempunyai kuantitas lebih juga dapat kamu terapkan dalam strategi upsell. Contohnya konsumen memesan kopi ukuran 200 ml seharga Rp 15.000. Kamu bisa menawarkan produk kopi yang sama dengan pesanan konsumen, tetapi dalam kemasan yang lebih besar atau 400 ml.

Namun, pastikan saat penawaran, harga yang kamu tawarkan dibawah harga normal 2 gelas kopi ukuran 200 ml. Jika kopi kemasan 200 ml Rp 15.000, maka penawaran harga kopi kemasan 400 ml menjadi Rp 25.000.

Siap Untuk Menerapkan Strategi Upsell Dalam Bisnis Kopi Kamu?

Setelah menyimak semua informasi tentang strategi upsell, apakah kamu siap untuk menerapkannya dalam bisnis kopi milik kamu? Sebelum menerapkannya, sebaiknya kamu memahami strategi ini secara mendalam, agar tidak salah saat praktik di lapangan.

Jika kamu salah menerapkannya, maka keuntungan maksimal bisa saja tidak bisa kamu peroleh. Oleh sebab itu, pahami dan pelajari teknik upsell dengan benar. Supaya kamu bisa merasakan manfaatnya untuk perkembangan bisnis kopi milik kamu.

Jika strategi upsell berhasil kamu terapkan, makan bisnis kopi milik kamu pasti akan berkembang menjadi lebih baik lagi. Bisa saja kamu membuka cabang baru untuk bisnis kopi tersebut.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Friska

Friska

Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.