Bagi sebagian orang, mudah sekali memenuhi kebutuhan hidup dan mendapatkan apapun yang diinginkan. Namun ada juga yang harus bersusah payah terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan itu semua karena kondisi finansial yang rendah dan cenderung sulit. Kesulitan ini sebenarnya harus disadari sejak awal untuk mempersiapkan diri hingga di masa depan bisa mendapatkan segalanya dan merasa nyaman karena sudah berada dalam kondisi hidup yang bebas secara finansial. Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama jika mau berusaha dan memulai dari awal kemandiriannya. Perjuangan diperlukan hingga bisa melangkah dengan nyaman dalam kehidupan.

Kebebasan Finansial dan Usaha Mandiri

Bayangkan jika kehidupan masa depan yang di miliki ada dalam keadaan bahagia karena tidak perlu lagi bekerja atau berusaha keras demi mendapatkan kemauan dan keinginan. Bayangkan kehidupan yang hanya tinggal bersantai atau berlibur kemana pun yang diinginkan. Hal itu akan terwujud jika memiliki kemampuan finansial yang baik dan mumpuni. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan demikian. Jika ditelisik lagi, bagaimana seseorang bisa semapan itu, maka akan ada perjalanan panjang kehidupannya di dalam bidang ekonomi yang tidak terduga sebelumnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian finansial diantaranya:

  • Mempunyai tabungan hadiah. Faktor ini menjadi faktor yang jarang ditemukan. Biasanya orang orang yang mendapatkan hadiah berupa uang atau barang berharga kemudian mampu untuk menyimpan dan mengelolanya dengan baik maka di masa depan dirinya akan mendapatkan kebebasan finansial yang mumpuni. Hadiah yang didapatkan bisa disimpan untuk tabungan masa depan dan bisa dibelikan untuk berbagai jenis kebutuhan yang diinginkan baik untuk diri sendiri atau untuk kebutuhan keluarga. Hadiah berharga yang biasanya didapatkan oleh seseorang diantaranya uang dalam jumlah besar, hadiah rumah, mobil, dan lain sebagainya.
  • Mempunyai warisan banyak. Yang mempunyai orang tua kaya maka patut berbahagia karena di masa yang akan datang akan mendapatkan warisan dalam jumlah yang besar. Ini pun jadi faktor seseorang akan mendapatkan kemandirian finansial dengan kemudahan dan kebebasan melakukan banyak transaksi. Warisan pun bisa bernilai banyak dengan bentuk yang berbeda beda. Lebih menjamin jika warisan berbentuk saham, atau perkebunan yang produktif atau bisnis yang berkembang. Jika itu yang diwariskan maka seseorang yang bisa mengembangkannya kembali atau bisa mengurusnya maka otomatis akan memberikan kemudahan kepada dirinya sendiri supaya bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari dan semua keinginannya.
  • Memiliki usaha mandiri. Keberhasilan mempunyai finansial yang mumpuni bisa didapatkan juga dengan mengusahakan sendiri dengan membuka usaha mandiri. Jika masih belum punya modal yang bisa digunakan, lalu Anda berdomisili di Jakarta, maka bisa mencoba melakukan pinjaman bank DKI. Dengan pinjaman itu maka bisa membuka kesempatan yang baru untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Keuntungan tersebut maka akan bisa memberikan uang yang lebih banyak untuk bisa disimpan demi masa depan yang lebih baik. Kebebasan finansial pun akan semakin terasa jika usaha dikembangkan menjadi lebih baik, menjadi lebih banyak untuk keuntungan yang lebih besar lagi.

Banyak lagi faktor lainnya supaya bisa mendapatkan kebebasan dalam hal finansial, bukan hanya masa depan tetapi juga dari masa sekarang. Yang terpenting lagi harus menjadi pribadi yang visioner yang mampu melihat masa depan bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga. Seseorang pun harus melihat bagaimana masa depan ketika sudah berkeluarga, bagaimana mempersiapkan tabungan pendidikan anak, asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan lain sebagainya untuk bisa lebih tenang dalam menjalani kehidupan karena semuanya sudah dijamin. Karena semua orang takkan tahu apa yang akan terjadi bahkan di detik setelah ini.

Itulah beberapa faktor untuk bisa mendapatkan kebebasan finansial dan mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Persiapkan dari sekarang dan rancang masa depan sebaik mungkin karena perancangan yang baik akan menghasilkan masa depan yang baik juga. Jangan lupa untuk selalu berusaha dan bekerja keras di usia muda karena kesempatan lebih banyak dan lebih kuat dibandingkan jika tetap berusaha di masa tua padahal masa tersebut adalah masa menikmati semua yang sudah dilakukan di masa muda.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.