Home » Blog » Gaya Hidup » 4 Tips Jaga Komunikasi Efektif selama Work From Home

4 Tips Jaga Komunikasi Efektif selama Work From Home

·
2 menit
Komunikasi Efektif

Apa sih komunikasi yang efektif? Mengapa kita harus membangun komunikasi yang efektif? Bagaimana cara menjaga komunikasi tetap efektif di masa work from home? Jawaban dari ketiga pertanyaan ini akan kamu dapatkan dalam artikel kali ini.

Komunikasi dikatakan efektif apabila komunikan menerima pesan, makna, atau maksud, sebagaimana yang dikehendaki oleh pengirim pesan. Saat ini, banyak perusahaan yang sudah menerapkan kebijakan work from home, termasuk KoinWorks. Masa work from home tentunya memberikan tantangan dalam membangun komunikasi yang efektif dengan tim.

Komunikasi yang salah dalam tim membuat pekerjaan menjadi terhambat. Dampaknya juga bisa menyebabkan gagalnya tujuan yang selama ini ingin dicapai perusahaan. Jika hal ini terjadi berulang kali, perusahaan dan karyawan akan mengalami kerugian besar.

Lalu, bagaimana cara menjaga komunikasi tetap efektif di masa work from home?

Lakukan virtual meeting rutin

Virtual meeting menjadi salah satu poin penting dalam berkomunikasi selama masa work from home. Melakukan virtual meeting secara rutin dengan anggota tim bertujuan agar semua anggota dalam tim mengetahui progress dari masing-masing tim, atau mendapatkan penjelasan tentang info terbaru yang hanya bisa dijelaskan secara langsung dari sumbernya.

Tips: Virtual meeting bisa dilakukan dengan open camera agar engagement antar tim lebih terasa. Selain membahas soal pekerjaan, kamu dan tim juga bisa mengadakan sharing knowledge setiap bulan secara bergantian.

 

Maksimalkan komunikasi group chat

KoinWorks memiliki salah satu grup chat, Flock. Dengan berkomunikasi dan berkolaborasi yang intens dalam grup-grup chatting dalam Flock yang telah dibuat, diharapkan anggota tim bisa menjaga komunikasinya dan tidak terjadi miskomunikasi antar tim dan anggotanya.

Tips: Create group dalam Flock jika kamu memiliki pekerjaan dalam tim untuk mempermudah komunikasi dan kolaborasi dengan beberapa orang. Tidak melulu soal pekerjaan, kamu juga bisa create group untuk Community of Interest, untuk menjaga komunikasi dengan rekan kantor yang memiliki minat yang sama dengan kamu.

Perhatikan jadwal rekan lain

Masa work from home mungkin membuat sebagian orang mengalami kendala dalam mengatur jadwal meeting dengan rekan kerja lain. Ada baiknya, sebelum ingin mengatur jadwal meeting, kamu bisa memperhatikan jadwal rekan kerja lain melalui Flock atau Google Calendar. Sering kali kamu sudah set jadwal meeting atau bertanya melalui Flock, tapi ternyata rekan kerja kamu sedang cuti atau sedang fokus dengan pekerjaan urgent lainnya, lalu kamu merasa diabaikan. Tentunya kamu tidak mau terjadi miskomunikasi seperti ini kan?

Tips: Manfaatkan fitur “Edit Status” yang ada di Flock dan Google Calendar agar memudahkan rekan lain melihat jadwal kamu. Misalnya, ketika kamu sedang cuti dan tidak ingin diganggu masalah pekerjaan, kamu bisa mengedit status menjadi “On Leave, Please Do Not Disturb.”

Happy hour session

Rasa bosan dengan rutinitas sering kali terjadi pada karyawan yang sedang work from home. Dalam menjaga komunikasi yang efektif, kamu dan tim bisa saja mengadakan happy hour session di mana kalian bisa berinteraksi tanpa harus membahas soal pekerjaan. Kegiatan engagement seperti ini akan membuat anggota tim lebih mengenal satu sama lain, sehingga komunikasi pun akan terjalin lebih efektif.

Tips: Agenda happy hour bisa diisi dengan perkenalan anggota tim baru dan dilanjutkan dengan bermain games. Planning agenda dalam happy hour session bisa direncanakan secara bergantian oleh anggota tim.


Jadi, dari beberapa hal di atas, kamu sudah mendapatkan gambaran tentang bagaimana komunikasi berperan penting bagi setiap karyawan yang work from home. Apa saja tips yang sudah kamu lakukan?

Buat kamu yang belum melakukan tips-tips di atas, kamu bisa mulai melakukannya agar komunikasi efektif tetap terjadi meskipun tidak bertemu langsung di kantor. Punya tips lain? Yuk, share di sini!

Selma Kirana
Aspiring story-teller. A former journalist being lovestruck in finance industry.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​