Wajib Tahu! Ini 15 Tips Membeli Apartemen di 2023

Apakah kamu punya rencana membeli apartemen baru di tahun 2023?

Sebelum membelinya, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui agar tidak kecewa dengan hasilnya nanti.

Supaya lebih nyaman, kini kamu juga bisa membeli apartemen di Pinhome.

Ini karena platform tersebut telah menyediakan layanan transaksi properti yang menyeluruh, mulai dari pencarian hingga akad dengan memanfaatkan teknologi.


Tips Membeli Apartemen di 2023

Saat ingin membeli apartemen kamu mungkin pernah khawatir, apakah 2023 adalah saat yang tepat untuk membelinya atau tidak.

Jangan risau! Kondisi ekonomi Indonesia diproyeksikan tetap baik di tahun 2023 untuk kamu yang berinvestasi di lini properti.

Oleh karena itu, 2023 bisa menjadi momen yang tepat untuk kamu membeli properti seperti apartemen, baik sebagai aset investasi maupun hunian.

Agar lebih yakin membeli, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Berikut ini adalah tips-tipsnya:


Pilihlah apartemen dengan lokasi strategis

tips membeli apartemen

Lokasi adalah pertimbangan yang tidak boleh kamu lewatkan saat membeli apartemen. Kamu sebaiknya memilih apartemen yang dekat dengan tempat belanja, fasilitas kesehatan, sekolah dan sarana umum lainnya.

Penting untuk memiliki apartemen terbaik dengan lokasi strategis supaya kamu bisa nyaman tinggal di sana. Ini karena lokasi apartemen yang strategis bisa membantu kamu menghemat banyak waktu dan biaya.


Pastikan apartemen punya akses transportasi umum

Tips Membeli Apartemen

Apartemen yang baik memiliki akses transportasi umum mumpuni. Jadi sebagai petimbangan, kamu bisa pilih apartemen yang berdekatan dengan stasiun kereta, halte bus dan akses transportasi umum lainnya.

Moda transportasi publik ini nantinya akan mempermudah kamu saat bepergian. Bukan hanya itu, apartemen dengan akses yang baik juga bisa menjadi aset investasi dengan nilai yang tinggi nantinya.


Pilih yang memiliki fasilitas lengkap

Tips Membeli Apartemen

Kelengkapan fasilitas apartemen sangat berpengaruh dengan tingkat kenyamanan kamu saat tinggal. Oleh karena itu, pilihlah apartemen dengan fasilitas sosial dan umum yang lengkap.

Fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan kamu misalnya adalah kolam renang, club house, restaurant,  sarana olahraga, kafe dan minimarket. Selain itu pastikan keamanan di sekitar apartemen juga mumpuni.


Tanya keberadaan lahan parkir

Tips Membeli Apartemen

Bagi kamu yang memiliki kendaraan, lahan parkir jadi syarat wajib saat memilih tempat tinggal. Oleh karena itu, kamu harus memilih apartemen dengan lahan parkir yang cukup.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak kerepotan sangat ingin memarkir kendaraan kamu. Kamu tidak ingin kerepotan kan saat memarkir kendaraan?


Pilih pengembang bereputasi

Tips Membeli Apartemen

Sekarang ini, sangat penting untuk kamu bisa memilih pengembang apartemen yang telah terbukti reputasinya. Ini perlu dilakukan agar kamu terhindar dari penipuan, cidera janji dan hal tidak menyenangkan lainnya.

Oleh karena itu, sebelum membeli apartemen kamu harus cek track record pengembang. Pastikan mereka memiliki kelengkapan dan reputasi yang baik dalam pembangunan dan tata kelola apartemen.


Pastikan apartemen dikelola profesional

Tips Membeli Apartemen

Bayangkan kamu tinggal di apartemen yang tidak mampu mengatasi berbagai keluhan dan masalah dengan baik. Tidak enak, bukan? 

Agar kamu bisa mendapatkan pengalaman hidup yang nyaman, tentu kamu harus memastikan dulu seperti apa pengelola apartemen. Cek dahulu apakah manajemen properti bekerja dengan profesional atau tidak sebelum membeli apartemen.


Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Tips Membeli Apartemen

Tentunya kamu menginginkan unit apartemen berfasilitas lengkap dengan lokasi yang strategis. Namun, pertimbangkan juga dengan keuangan yang kamu miliki.

Sebisa mungkin cari apartemen dengan kualitas yang baik sesuai kebutuhan tetapi juga pas dengan kondisi anggaran kamu di 2023 nanti. Namun, jangan juga kamu tergiur dengan harga murah tetapi fasilitas yang didapatkan sangat kurang. 


Hitung biaya untuk pajak

Tips Membeli Apartemen

Sangat sering orang yang ingin membeli properti termasuk apartemen tidak memperhitungkan biaya-biaya lain seperti pajak. Jadi, sebelum membeli apartemen ada baiknya kamu telah memperhitungkan biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN), pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), biaya pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM), dan Hak Guna Bangunan (HGB). 

Selain itu, terdapat biaya lain yang harus diperhatikan, misalnya  Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Biaya Notaris dan Biaya Bank (jika menggunakan KPA) dan lainnya.


Rencanakan biaya lain

Tips Membeli Apartemen

Bukan hanya pajak, kamu yang ingin mempunyai unit apartemen juga harus menyisihkan anggaran untuk pemeliharaan apartemen.

Biaya tersebut bisa berupa biaya pemakaian, perawatan, dan perbaikan hak bersama (common property), asuransi, fee konsultan dan auditor, termasuk biaya karyawan dan biaya administratif badan pengelola termasuk ke dalam service charge.


Lakukan pembelian saat early bird

Tips Membeli Apartemen

Pada saat apartemen baru diperkenalkan, biasanya ada banyak harga spesial dan promo yang bisa kamu dapatkan. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli apartemen supaya anggaran kamu jadi lebih hemat. 


Pertimbangkan prospek investasi di masa depan

Tips Membeli Apartemen

Bukan hanya sebagai hunian, apartemen adalah salah satu aset investasi yang menjanjikan termasuk di tahun ini. Nah, sebagai tips membeli apartemen untuk investasi kamu harus memilih apartemen terbaik yang kedepannya bisa mendatangkan keuntungan.


Cek legalitas apartemen

Tips Membeli Apartemen

Tidak jarang ditemukan orang yang telah membeli apartemen di lahan yang bermasalah. Agar terhindar dari masalah seperti ini, kamu harus mengecek legalitas apartemen yang akan kamu beli.

Tidak ada salahnya memastikan bahwa pengembang memiliki HGB, IMB dan SIPPT. Bila tidak lengkap, kamu patut mencurigai apartemen yang akan kamu beli.


Cari tahu jadwal pembangunan apartemen

Tips Membeli Apartemen

Apabila kamu ingin membeli apartemen di tengah proses pembangunan, kamu sebaiknya mengecek jadwal pembangunan yang ada. Hal ini harus dilakukan karena jadwal sangat berpengaruh pada rencana kamu nantinya. Misalnya, jadwal pindah ataupun rencana investasi kamu.

Saat jadwal pembangunan seringkali molor, sangat mungkin ada masalah yang terjadi. Ini bisa jadi tanda bahwa kamu harus segera merencanakan ulang pembelian apartemen kamu.


Pakai jasa agen properti

Tips Membeli Apartemen

Kamu yang tidak ingin kerepotan dalam pembelian apartemen bisa menggunakan jasa agen properti. Nantinya agen properti tersebut akan membantu kamu mencari apartemen sesuai kebutuhanmu. Selain itu, urusan persuratan dalam transaksi pun akan dibantu oleh agen properti.


Gunakan situs jual-beli properti terpercaya

Tips Membeli Apartemen

Sekarang ini sudah banyak situs jual beli properti di Indonesia, salah satu yang terbaik misalnya adalah Pinhome. Kamu bisa memanfaatkan kehadiran situs tersebut untuk mencari properti yang cocok dengan kamu.

Di situs tersebut informasi yang kamu perlukan sudah lengkap, mulai dari lokasi, harga, fasilitas, dan informasi pengmebang. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah membandingkan apartemen yang satu dengan lainnya. Sangat mudah, bukan?

. . .

Demikian, tips membeli apartemen terbaik di 2023 yang bisa coba kamu lakukan.

Tidak perlu menunggu waktu yang lama lagi untuk beli apartemen bila kamu sudah mempersiapkan hal-hal di atas.

Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.