3 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menikmati Bekerja di Masa Pensiun

Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-mempersiapkan dana pensiun-Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online-5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas-Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru

3 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menikmati Bekerja di Masa Pensiun – Mungkin Anda membayangkan bahwa masa pensiun membuat lebih banyak kesempatan untuk menghabiskan banyak waktu dengan berlibur, bermain dengan cucu, dan menikmati hidup dengan tenang.

Namun, bisa jadi Anda menemukan kondisi kekurangan dan muncul kesadaran untuk terus bekerja di masa pensiun.

Tidak masalah jika ingin terus bekerja meskipun telah memasuki masa pensiun. Berikut ini 3 cara yang bisa dilakukan untuk menikmati waktu bekerja di masa pensiun.


3 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menikmati Bekerja di Masa Pensiun

Anda Mungkin Merasa Lebih Bahagia Saat Aktif Bekerja

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 lalu oleh Dr. Elizabeth Mokyr Horner dalam Journal of Happiness Studies mengungkapkan bahwa para pensiunan mengalami peningkatan kesejahteraan dan kepuasan hidup dalam beberapa bulan pertama pensiun, tetapi akan merasakan penurunan yang tajam terhadap kepuasan selanjutnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengumpulkan Uang untuk Menonton Konser Internasional

Hal di atas dapat terjadi karena lingkaran sosial Anda telah menyusut dan tidak lagi memiliki rekan kerja yang bisa diajak berinteraksi setiap hari.

Kurangnya kontak sosial akan meningkatkan perasaan kesepian dan depresi yang menjadi masalah utama para pensiunan.

Dengan tetap aktif bekerja, Anda bisa mencegah permasalahan ini dan tetap terus aktif berinteraksi dengan rekan kerja atau klien.


Membuat Tempat Kerja yang Lebih Baik

Para pensiunan biasanya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak dari mereka yang berusia muda.

Pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki bisa menjadi sesuatu yang berharga di tempat kerja dan memberikan kesempatan Anda untuk membantu rekan kerja yang lain.

Jika Anda memilih untuk berwirausaha, maka karyawan bisa mendapatkan saran dan nasihat yang lebih baik agar bisa bekerja dengan optimal.


Memiliki Kesempatan Untuk Terus Berinvestasi

8 Alasan Bekerja Setelah Pensiun Merupakan Pilihan Tepat

Kesempatan bekerja setelah melalui masa pensiun memberikan kesempatan dan peluang untuk berinvestasi.

Hal ini bisa terjadi karena Anda masih memiliki sumber penghasilan yang bisa disisihkan untuk berinvestasi.

Namun, tidak semua jenis investasi yang menguntungkan cocok untuk dijadikan portofolio.

Kami menyarankan Anda untuk berinvestasi jangka pendek dengan resiko yang rendah, antara lain reksadana pasar uang, membeli emas batangan, atau berinvestasi di KoinWorks.

Apa itu KoinWorks?

Baca Juga: 4 Langkah Efektif Menghindari Utang Meskipun Berpenghasilan Rendah

KoinWorks adalah platform investasi yang memungkinkan Anda meminjamkan dana kepada pihak lain yang membutuhkan, biasanya kepada pelaku UMKM.

Pembayaran pinjaman dan bunga akan menjadi penghasilan pasif yang akan didapatkan selama Anda berinvestasi di KoinWorks.

Potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 21,32% per tahun dan ini tentu saja sangat menguntungkan daripada hanya menabung di bank saja.


Pilihan Ada di Tangan Anda

8 Alasan Bekerja Setelah Pensiun Merupakan Pilihan Tepat

Bekerja di masa pensiun bukan berarti membuat kehidupan Anda memburuk. 3 alasan di atas menunjukkan bahwa tetap bekerja di masa pensiun bisa membuat Anda lebih bahagia dan berkesempatan untuk membagikan pengalaman kepada orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Diri Sendiri yang Sesungguhnya Tidaklah Mahal

Tetap aktif bekerja akan membuat Anda dapat terus terhubung dengan orang lain dan tetap berkesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Cara seperti ini akan mencegah Anda dari perasaan kesepian dan terisolasi.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.