Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Cara Membuat Brand Minuman Kekinian yang Unik dan Berbeda

Cara Membuat Brand Minuman Kekinian yang Unik dan Berbeda

·
3 menit
cara membangun brand bisnis minuman kekinian yang berbeda dan unik

Salah satu bisnis yang saat ini sedang tren adalah bisnis minuman kekinian. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya penjual minuman kekinian yang bisa kamu temukan.

Dengan semakin banyaknya penjual, maka semakin banyak juga yang saingan yang harus kamu hadapi. Inilah mengapa kamu perlu membuat perbedaan dengan brand lain.

Membuat perbedaan dengan brand lain ini bertujuan untuk memberikan ciri khas pada brand kamu sendiri. Ini juga merupakan salah satu cara yang kamu perlu lakukan untuk menghadapi persaingan.


Cara Membuat Perbedaan dengan Brand Lain

Dengan adanya perbedaan, maka hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menjadikan ciri khas brand kamu. Konsumen juga akan menjadi lebih mudah menemukan brand kamu jika ada perbedaan ini.

Lalu, apa saja cara yang bisa membuat perbedaan dengan brand lain? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Menciptakan Produk Premium dengan Harga Terjangkau

Dalam bisnis minuman kekinian, maka salah satu cara membuat perbedaan dengan brand lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menciptakan produk premium.

Jika biasanya produk premium ini identik dengan harga yang mahal, maka kamu bisa berinovasi dengan menciptakan produk premium dengan harga murah dan terjangkau.

Dalam bisnis minuman kekinian, maka kamu bisa memberikan pembeda seperti pada rasa misalnya. Kamu bisa memberi rasa lain seperti green tea.

Menjual produk premium dengan harga terjangkau juga bisa menjadi keunggulan kamu. Karena konsumen merasa mendapat barang mewah namun dengan harga yang masih terjangkau.

2. Membuat Kemasan yang Unik

Entah dari bentuk ataupun desain yang ada, kamu bisa memanfaatkan kemasan produk minuman kamu untuk membuat perbedaan dengan brand lain. Dengan kemasan tersebut, maka kamu bisa membuat desain yang unik dan tentunya berbeda.

Atau bahkan, kamu bisa membuat kemasan yang tidak sekali pakai. sehingga konsumen bisa menggunakan kemasan itu untuk hal lain.

Cara ini selain berguna untuk membuat perbedaan, juga akan berguna untuk branding. Hal ini karena brand kamu akan selalu terlihat selama konsumen menggunakan kemasan minuman yang kamu buat tersebut.

3. Menciptakan Logo yang Menarik

Salah satu cara konsumen untuk membedakan brand satu dengan yang lainnya adalah dengan melihat logo.

Oleh karena itu, untuk membuat perbedaan dengan brand lain kamu juga membutuhkan logo. Tidak sembarang logo, namun kamu harus memiliki logo yang unik dan mudah konsumen ingat.

Selain sebagai pembeda, logo juga akan berguna untuk kekuatan branding kamu. Maka, membuat logo juga perlu persiapan yang cukup matang.

4. Promosi yang Unik

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk membuat perbedaan dengan brand lain adalah dengan melakukan promosi yang unik. Cara berpromosi yang unik ini akan menjadi hal yang mudah orang ingat.

Biasanya promosi unik ini juga akan berkaitan dengan soft selling.

Saat ini, ada banyak cara berpromosi yang bisa kamu lakukan. Terutama dengan penggunaan media sosial, maka promosi unik ini juga berpotensi untuk menjadi viral.

Ketika cara kamu berpromosi viral, maka bisa saja keuntungan yang kamu dapatkan akan berkali lipat.

5. Menggunakan Konsep Bisnis yang Spesifik

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk membuat perbedaan dengan brand lain adalah dengan membuat konsep bisnis yang sangat spesiifk. Misalkan, kamu menjual minuman kekinian, maka buatlah konsep usaha kamu dengan sangat detail. 

Misalkan kamu membuat usaha dengan konsep Marvel. Maka kamu bisa menggunakan segala hiasan dan pernak-pernik Marvel untuk menghiasai lokasi usaha kamu.

Kamu juga bisa menggunakan kemasan minuman dengan logo Marvel ataupun gambar superheronya.

Cara ini akan membuat orang menjadi mudah membedakan bisnis kamu. Ini juga bisa menjadi ciri khas bisnis kamu yang akan menjadi pembeda.


Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Ingin Membuat Bisnis yang Berbeda

Dalam banyak hal kamu tentu tidak ingin jika bisnis kamu sama dengan yang lain.

Setelah kamu mengetahui cara membuat perbedaan dengan bisnis lain maka yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah apa saja hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan cara-cara tersebut.

Hal-hal ini akan menjadi faktor pendukung untuk membuat bisnis kamu berbeda. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Analisis Pasar

Ini merupakan hal utama yang perlu kamu lakukan ketika akan membuat bisnis kamu berbeda. Fungsinya, tentu saja untuk memastikan jika cara kamu membuat perbedaan dengan brand lain belum pernah ada yang menggunakan.

Dengan analisis pasar juga kamu akan melihat apa yang sudah ada atau belum, apa yang bisa kamu tambahkan ke dalam bisnis kamu, bagaimana bisa bersaing, dan lain sebagainya.

2. Konsistensi

Ketika kamu berusaha membuat bisnis kamu menjadi beda, maka hal yang kamu perlu lakukan adalah konsisten.

Butuh waktu untuk membuat orang tahu jika bisnis kamu berbeda.

Maka, konsistensi menjadi hal yang penting untuk kamu lakan di sini.

3. Evaluasi

Dalam setiap prosesnya, maka kamu juga perlu melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini berguna untuk melihat apa saja yang sudah ataupun belum tercapai.

Dengan melakukan evaluasi ini juga kamu bisa menyimpulkan apakah cara kamu sudah benar atau belum.


Itu tadi cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan brand minuman kekinian yang unik dan berbeda dengan brand-brand lain.

Selamat mencoba!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​