Home » Blog » Bisnis & UKM » Cara Mencari Tiket Pesawat Murah Saat Berlibur Ke Luar Negeri

Cara Mencari Tiket Pesawat Murah Saat Berlibur Ke Luar Negeri

·
3 menit
pesawat terbang - travel

Travelling alias berlibur saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern. Apalagi saat ini para travellers telah semakin dimudahkan dengan praktisnya beragam alat transportasi termasuk pesawat terbang. Berbagai maskapai juga banyak menyediakan layanan penerbangan murah ke berbagai rute mulai dari berbagai wilayah di tanah air hingga ke luar negeri. Pada artikel ini akan diulas lebih jauh tentang panduan mendapatkan tiket pesawat murah serta ide dana liburan untuk membiayai perjalanan wisata Anda.

Dana memang sering menjadi masalah bagi mereka yang hobby berwisata, dan bila Anda memang sangat ingin pergi ke suatu tempat misalnya ke luar negeri dalam waktu mendadak, KTA bisa menjadi pilihan. KTA adalah kredit tanpa agunan yang membutuhkan waktu cukup singkat untuk dicairkan. Tetapi sebaiknya pertimbangkan baik-baik strategi Anda untuk melunasi pinjaman Anda termasuk membuat simulasi KTA untuk mendapatkan gambaran berapa penghasilan yang harus Anda sisihkan untuk menyelesaikan kredit tersebut. Tetapi sebelumnya sebaiknya kita membahas terlebih dahulu tentang trik berburu tiket pesawat murah agar pengajuan kredit untuk wisata Anda bisa semakin kecil jumlahnya.

Promo tiket

Rajinlah mengecek tiket promo secara online. Kunjungi situs-situs resmi beberapa maskapai secara teratur untuk mengetahui adanya program promo. Selain memeriksa situs resmi maskapai secara berkala Anda juga bisa mengikuti newsletter atau follow media sosialnya. Bila beruntung Anda bisa memperoleh potongan hingga lebih dari setengah harga. Tetapi untuk tiket promo biasanya tak bisa di refund sehingga pastikan rencana keberangkatan Anda dengan cermat.

Pesan jauh-jauh hari

Ini adalah tips yang banyak direkomendasikan untuk mendapatkan tiket murah. Begitu memperoleh harga tiket murah yang sesuai tujuan Anda segera lakukan reservasi. Untuk mendapatkan tiket murah penerbangan dalam negeri Anda bisa mulai berburu tiket paling tidak 2 bulan sebelum rencana perjalanan, dan untuk tiket ke luar negeri minimal 5 bulan sebelum jadwal liburan Anda.

Jangan membeli sekaligus

Bila Anda berlibur bersama, untuk memperoleh tiket murah jangan membeli sekaligus tetapi beli tiketnya masing-masing dengan browser atau yang berbeda. Tetapi resikonya adalah Anda akan duduk terpisah dengan teman-teman seperjalanan Anda. Hal ini tentu tak akan menjadi masalah karena Anda tetap akan dapat bersenang-senang bersama kawan-kawan Anda di tempat tujuan nanti. Lagi pula bila dipesan secara berturutan masih memungkinkan bagi Anda untuk duduk berdekatan dengan teman-teman Anda.

Nah, demikianlah beberapa trik untuk berburu tiket pesawat murah, berikutnya akan diulas tentang simulasi KTA sebagai gambaran akan alternatif dana pinjaman untuk kebutuhan travelling Anda.

Cara mendapatkan pinjaman tanpa agunan ini tergolong tak terlalu sulit apalagi bila Anda mempunyai kartu kredit dan aktif menggunakannya dalam waktu paling tidak selama setahun. Meskipun tanpa jaminan kita harus tetap menyadari bahwa KTA adalah pinjaman dan bila tak dibayar kita sebagai debitur akan mendapatkan konsekuensi hingga kemungkinan terburuknya masuk dalam daftar hitam sebagai orang yang tak layak lagi memperoleh pinjaman. Dengan demikian sangat penting untuk menghitung secermat mungkin penghasilan dan pengeluaran rutin bulanan kita bila hendak mengajukan kredit tanpa jaminan ini. Nah inilah simulasi pinjaman tanpa agunan ini.

Tuan A memperoleh pinjaman KTA sebesar Rp. 24.000.000 dengan tenor kredit 24 bulan serta bunga sebesar 10% per tahun. Lalu berapakan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya?

Cicilan pokok                      = Rp. 24.000.000/24 = Rp. 1000.000

Bunga per bulan               = Rp. 24.000.000 X 10% / 12 = Rp. 200.000

Angsuran per bulan        = Cicilan pokok + bunga = Rp. 1.200.000,-

Demikianlah simulasi pinjaman tanpa jaminan ini dan jumlah angsuran kredit tersebut harus benar-benar diperhitungkan agar tak sampai membebani kondisi keuangan Anda setiap bulannya. Sebelum menyetujui permohongan kredit Anda, Bank Indonesia akan mencatat data kredit setiap nasabah bank termasuk akun Anda sebagai dasar pertimbangan apakah pengajuan pinjaman Anda disetujui. Untuk itu pastikan track record Anda bersih dengan melunasi setiap kredit Anda. Dengan demikian ke depannya nanti akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan persetujuan bila mengajukan pinjaman.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​