3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini – Selama ini, mungkin Anda lebih mengenal medical check up, yakni pemeriksaan kesehatan guna mengetahui bagaimana kondisi tubuh sehingga bisa mencegah hal-hal tidak baik terjadi di masa depan. Di dalam dunia keuangan, ada yang namanya financial check up.

Financial check up dilakukan oleh mereka yang peduli dengan kondisi keuangan mereka. Mereka pun melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan guna mengetahui apakah ada indikasi terjadinya masalah finansial, bagaimana mengatasi masalah keuangan, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk Pengusaha Dalam Mengelola Uang

Dalam financial check up, biasanya Anda akan menuliskan secara detail aset apa saja yang dimiliki, berapa banyak utang yang dimiliki, hingga mencatat arus keuangan Anda.

Financial check up ini penting sekali untuk dilakukan. Ini dia 3 alasannya.

3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini

1Untuk memantau pos pengeluaran Anda

Tidak sedikit yang mengeluh bahwa uang mereka habis untuk membayar ini dan itu, bahkan setelah gajian tiba. Entah untuk melunasi utang, membayar cicilan rumah, mengalokasikannya ke Dana Darurat, dan sebagainya.

Sayangnya, tidak semua orang disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran mereka. Apakah Anda salah satunya?

Dengan melakukan financial check up, Anda mengetahui apa saja pos pengeluaran Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi meraba-raba atau bertanya-tanya, ke mana sajakah uang Anda selama ini?


2Mengontrol pengeluaran dengan cermat dan terarah

Pengeluaran yang tidak dicatat dan tidak dikontrol hanya akan membuat Anda merasa Anda bisa menghabiskan sisa uang yang dimiliki.

Katakanlah, Anda masih memiliki sejumlah uang di tabungan. Anda berpikir bahwa Anda bisa menggunakan tabungan tersebut, sebab sebentar lagi Anda akan gajian. Yang mana itu berarti Anda akan mendapatkan pemasukan lagi.

Padahal, uang di tabungan bisa Anda gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Misalnya, untuk diinvestasikan. Investasi akan menambah nilai uang yang dimiliki seiring berjalannya waktu. Investasi bisa dilakukan mulai dari Rp100.000 saja, misalnya investasi di perusahaan peer-to-peer lending, seperti KoinWorks.

Dengan melakukan financial check up, Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan mudah sehingga pengalokasian dalam rencana keuangan Anda akan lebih tepat dan terarah.


3Mempersiapkan keuangan yang terencana di masa depan

Anda perlu menyadari bahwa melakukan financial check up merupakan langkah baik demi mempersiapkan keuangan yang lebih terencana di masa depan.

Di sisi lain, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi impian finansial Anda selama ini sehingga Anda bisa tetap berada dalam lingkaran rencana Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin liburan bersama pasangan, mempersiapkan biaya pernikahan, hidup tenang tanpa terbebani utang, mempersiapkan dana pendidikan anak, dan sebagainya.

Selain membantu Anda menggunakan uang dengan lebih cermat, financial check up akan menyelesaikan masalah keuangan demi mencapai impian finansial Anda.

Satu hal yang perlu diingat, masalah finansial merupakan urusan yang sangat vital dalam setiap aspek kehidupan. Pintar-pintarlah merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Jadi, kapan Anda ingin mulai melakukan financial check up?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.