Mobil off road bisa didefinisikan sebagai mobil yang didesain untuk medan tak beraspal. Jenis mobil ini biasanya dikendarai untuk berpetualang atau menaklukan medan sulit. Di Indonesia, jumlah penggemar mobil off road sangat banyak sekali. Itu karena Indonesia memiliki banyak medan yang membuat penggemar mobil off road selalu ngiler dan tertantang untuk menaklukan. Sungai, sawah, bukit, pegunungan adalah beberapa contoh medan yang digemari untuk dirubah menjadi medan mobil off road.

Ada banyak sekali model atau jenis-jenis mobil off road yang bisa ditemui di Indonesia. Beragam jenis mobil ini memang selalu laris manis di pasaran. Ada banyak yang membeli mobil jenis ini asli atau langsung dari pabrikan dengan kemampuan dan keseimbangan yang sudah didesain oleh mekanik atau engineer pabrik. Ada juga yang sengaja merubah atau memodifikasi mobil biasa menjadi mobil yang memiliki kemampuan off road. Anda tentunya memiliki pilihan sendiri, langsung pabrikan atau modifikasi? Itu pilihan Anda.

Pertanyaan berikutnya adalah ada berapa jenis mobil off road yang beredar di pasaran? Jika Anda melihat dari sisi tipe apa lagi merk perusahaannya, tentu ada banyak sekali. Namun, pada umumnya jenis mobil ini dikategorikan menjadi dua. Apa saja? SUV atau Sport Utility Vehicle dan Crossover SUV. Kedua kategori mobil ini sama-sama menggunakan mesin atau roda penggerak dengan nama 4 roda 4FWD atau juga 4×4. Namun, di beberapa negara lain, ada juga yang menyebut mobil bermesin atau kemampuan 2 penggerak juga disebut sebagai mobil off road. Coba perhatikan penjelasan berikut.

Sport Utility Vehicle atau SUV

Mobil jenis ini memiliki mesin penggerak 4 roda. Jenis ini juga memiliki ground clearance atau jarak dari tanah yang cukup tinggi. Di luar negeri, ada mobil jenis SUV yang laris manis dan didesain memang untuk medan tak beraspal. Sebut saja ada Ford Explorer, SsangYong Rexton, Land Rover Discovery dan tentu Jeep Grand Cherokee. Masih ada beberapa lain lagi seiring model dan desain terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pabrik. Mobil-mobil tersebut diatas memiliki tampilan yang maskulin dan tenaga kuda atau horsepower yang menakjubkan pula karena memang didesain untuk medan tak beraspal.

Sedangkan di Indonesia, ada beberapa nama atau merk dari mobil berjenis SUV. Namun, karena berbeda pasarnya, di Indonesia, mobil jenis SUV ini juga memiliki beberapa kelas dengan tenaga, features dan tentu harga yang berbeda pula. Ada yang disebut dengan Low SUV seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush dan belakangan Honda BRV. Ada juga yang disebut dengan kelas Mid SUV seperti Honda CR-V, Ford Everest, Kia Sorento, Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva dan lain sebagainya. Mobil dengan kategorin ini memiliki kelas yang sama dengan EuroNCAP.

Crossover SUV

Mobil dengan jenis ini memiliki konstruksi monokok serta kemampuan off road yang terbilang relative rendah jika dibandingkan dengan mobil off road yang sudah biasa dikenal. Mobil ini terkadang berbentsuk seperti station wagon/estate seperti Chevrolet Equinox, Lexus RX dan BMW X5. Tentu masih banyak contoh lain yang bisa disebutkan apalagi dengan model terbaru, mobil jenis crossover SUV ini memiliki tampilan sangat modern, elegant bahkan terlalu cantik untuk tampil di atas jalan atau medan tak beraspal.

Di Indonesia sendiri, mobil off road yang paling terkenal ada beberapa merk saja. Sebut saja ada Toyota Landcruiser, Suzuki Jimny dan Katana serta Jeep CJ7. Setiap mobil off-road ini memiliki tampilan, spesifikasi serta kekuatan yang berbeda-beda. Ya, mengingat peminat mobil jenis ini juga berbeda-beda termasuk dari kalangan atas dan menengah. Bagi mereka yang tergolong kalangan atas, tentu bisa membeli mobil off road dengan kemampuan yang luar biasa dan tentu dengan harga selangit.

Bagi kelas menengah, membeli mobil jenis off road sangat terbatas pada merk atau harga tertentu. Tapi, bagi mereka yang ingin memiliki mobil off road kelas tinggi dan tidak memiliki cukup dana, biasanya dengan mengajukan pinjaman. Mereka juga mengetahui dengan baik tentang simulasi pinjaman yang mereka ambil. Semua memang terserah Anda, apakah tertarik dengan mobil off road dengan harga sesuai kantong tapi kemampuan masih rendah atau yang lebih tinggi lagi tapi dengan mengajukan pinjaman? Tentu keduanya memiliki plus dan minus.

Selamat memilih!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


There are currently no comments.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.