Jenis-Jenis Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Dalam memulai bisnis seseorang seringkali terkendala oleh ketersediaan modal usaha selain skillnya untuk terjun dalam dunia usaha. Sebagai solusi atas permasalahan yang utama para calon pengusaha sering meminjam dana kepada bank tetapi rumitnya proses yang harus dilakukan hingga dana berhasil cair kadang membuat kita merasa enggan. Selain itu bunga yang terlalu tinggi juga mempengaruhi minat masyarakat untuk berurusan dengan bank. Inilah sebabnya pinjaman tanpa jaminan non bank bisa menjadi alternatif yang memuaskan.

 

Lalu mungkinkah memperoleh dana tunai tanpa agunan atau jaminan, serta tanpa kartu kredit? Tentu saja ini tak mustahil dan malah membawa keuntungan bagi Anda karena bebas dari beban membayar berlipat ganda. Tentu Anda sudah tahu bahwa kartu kredit bisa menjadi momok yang menakutkan bila kita tak disiplin membayar tagihannya sehingga dana simpanan kita justru bisa tersedot dalam jangka waktu lama. Saat ini terdapat berbagai pilihan lembaga kredit konsumsi yang memberikan pinjaman tanpa tanpa jaminan baik dalam jangka pendek atau pun jangka panjang. Kredit yang diberikan pun besarannya cukup lumayan, sekitar 3 hingga 5 juta rupiah.

 

Tetapi meskipun tak perlu memberikan jaminan bukan berarti bahwa Anda bisa memperoleh kredit tanpa syarat apa-apa. Prosedur ini sangat penting untuk memastikan bahwa kreditur sanggup mengembalikan pinjaman tanpa terjebak masalah finansial di masa depan. Salah satu lembaga pinjaman ini misalnya adalah koperasi dengan menjadi anggota dulu sebelumnya. Setelah itu permohonan pinjaman yang Anda ajukan berikutnya akan diproses dengan teknologi canggih untuk memberikan keputusan dengan singkat apakah permohonan Anda diterima atau tidak

 

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku kemudian jasa bagi hasil pinjaman serta biaya yang dibebankan akan diperhitungkan sesuai dengan kemampuan pembayaran kembali atas kredit yang Anda ambil. Selain itu ada pula kebijakan yang akan sangat membantu bila Anda mengalami kesulitan keuangan yang terjadi tanpa diduga dengan menjadwalkan ulang waktu pengembalian pinjaman. Inilah beberapa program pemerintah yang menyediakan layanan kredit tanpa agunan selain bank dan mengutamakan pinjaman dana untuk modal usaha.

 

PKBL

Inilah program pemerintah yang disebut Pembinaan Usaha Kecil dan Pemberdayaan Kondisi Lingkungan yang didukung oleh BUMN. Dana bantuan yang diperuntukkan bagi modal usaha kecil ini didapatkan dari keuntungan BUMN sebesar paling banyak 2% dari laba bersih. Realisasi nyata dari program PKBL ini selain memberikan dana pinjaman untuk modal usaha serta bantuan dana tambahan bagi UKM yang merupakan mitra binaan juga melakukan pendampingan UKM. Hal ini dilakukan dengan pelatihan bagi pengusaha kecil, bantuan promosi produk, magang, pendidikan, dan lain sebagainya.

 

Program pemberdayaan usaha mikro, kecil, serta menengah melalui koperasi

Sebagaimana seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Departemen Koperasi adalah salah satu lembaga penyedia pinjaman tanpa agunan selain bank. Hampir sama seperti PKBL, koperasi juga menunjang program bantuan bagi para pengusaha mikro, kecil, serta menengah. Para pengusaha kecil bisa mengikuti program ini dengan membentuk kelompok unit usaha lalu mendaftar ke kelurahan. Berikutnya, tiap kelompok memperoleh pendampingan terlebih dahulu baru kemudian dilakukan pemrosesan untuk memperoleh dana bagi perintisan usaha mandiri.

 

Pegadaian

Lembaga yang terakhir ini memang bukanlah bank, tetapi untuk mendapatkan dana segar dari Pegadaian ini Anda diwajibkan untuk mengikuti persyaratan sebagaimana yang ditetapkan oleh bank. Tetapi masyarakat bisa mendapatkan manfaat beban bunga yang harus ditanggung lebih kecil daripada bunga pinjaman dari bank.

 

Program-program yang digagas oleh masyarakat demi memberdayakan para pengusaha kecil tersebut bertujuan agar mereka menjadi semakin tangguh dan mandiri dalam mengoperasikan bisnisnya. Kesuksean ini tentu akan memberikan pengaruh positif yaitu masyarakat Indonesia yang semakin sejahtera pada berbagai bidang usaha. Dengan berbagai progam ini ketiadaan modal bukan lagi menjadi penghalang bagi seseorang untuk menjadi pengusaha mandiri. Pinjaman tanpa jaminan non bank adalah alternatif yang bisa dipertimbangkan bagi Anda yang ingin merintis usaha kecil atau UKM.

 

Selanjutnya adalah sikap mental menjadi pengusaha yang harus dipupuk dan dipertahankan seperti pantang menyerah, tak mudah putus asa, serta berani bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Nah, semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.