Live Jualan di TikTok: Begini Cara Jitu Promosi Bisnismu

Bagaimana cara jitu dalam melakukan live streaming sambil jualan di platform media sosial TikTok?

Bagi kamu yang cukup sering menghabiskan waktu santai dengan mengakses platform media sosial TikTok, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur yang namanya TikTok Shop.

Pasalnya, fitur yang menyerupai platform marketplace ini semakin banyak orang gandrungi, baik dari kalangan pengguna TikTok, maupun dari kalangan pedagang dan pengusaha yang semakin rajin menjajakan dagangan mereka secara online.

Sebut saja artis seperti Kak Jill dan Nagita Slavina yang cukup rajin berjualan secara live melalui akun TikTok mereka. 

Hasilnya pun cukup lumayan, karena platform ini sangat mudah digunakan oleh banyak generasi milenial dan Gen-Z, yang notabene merupakan kelompok konsumen yang paling konsumtif

Fakta ini juga didukung suatu studi yang menyatakan sebanyak 37% pengguna TikTok yang menemukan barang menarik langsung memutuskan untuk membelinya, dan sebanyak 35% pengguna TikTok telah melakukan pembelian dari layanan TikTok Shop.

TikTok Shop yang bisa dikombinasikan dengan aktivitas belanja sambil live streaming, membuat banyak orang lebih tertarik untuk berinteraksi dan benar-benar berbelanja, daripada hanya mencari barang berdasarkan review atau ulasan.

Para pengguna TikTok menganggap konten live ini lebih genuine alias tidak dibuat-buat, menunjukkan keaslian produk serta karakter seller, dibandingkan dengan konten video atau konten gambar.

Jadi, enggak cuma para content creator saja yang bisa meraup cuan dari akun TikTok for Business. Kamu yang sedang merintis bisnis kecil-kecilan pun bisa memanfaatkan fitur-fitur ini untuk memasarkan segala produk yang kamu jual.

Lalu, bagaimana cara berjualan secara live di platform TikTok? Apa saja syarat dan manfaatnya?

Simak penjelasannya di bawah ini!


Buat Akun TikTok Shop

Berbeda dengan fitur TikTok for Business, TikTok Shop adalah layanan lain yang menyediakan fitur marketplace agar kamu bisa mengunggah barang dagangan kamu ke dalam platform TikTok.

Konsepnya serupa dengan platform online marketplace lainnya.

Di sini kamu bisa menggunakan akun TikTok milikmu, atau membuat akun lain yang memang khusus untuk menjalankan TikTok Shop.

Kamu bisa mulai proses pendaftarannya melalui TikTok Shop Seller Center


Cara Live Jualan di TikTok Shop

Setelah beres membuat akun TikTok, dan terdaftar pada layanan TikTok Shop, bagaimana caranya agar bisa berjualan secara live?

Nah, berikut adalah langkah-langkah mudahnya.

  • Masuk ke aplikasi TikTok, pastikan kamu sudah berada di akun yang benar.
  • Pilih menu create dengan mengeklik ikon “+”
  • Geser navigasi di bagian bawah hingga kamu menemukan opsi “Live”
  • Pilih image, dan tuliskan judul dari live stream kamu. Kamu bisa pilih gambar dan pasang judul yang unik, serta mampu menarik perhatian orang. Sebaiknya hindari penggunaan gambar dan judul yang tidak sesuai dengan peraturan TikTok dan norma masyarakat, ya.
  • Pastikan kamu sudah menyiapkan produk-produk yang akan kamu promosikan secara live.
  • Jika sudah siap, kamu bisa pilih opsi “Go Live” untuk memulai live stream.
  • Ketika live sudah mulai, kamu bisa mengatur setting tambahan dengan mengeklik ikon “⋮”
  • Agar lebih mudah, kamu bisa juga menambahkan akun lain sebagai moderator untuk membantu kamu mengatur jalannya live streaming. Kamu bisa menambahkan hingga 20 akun sebagai moderator dalam satu sesi live.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa mengakhiri sesi live dengan mengelik ikon “X” di pojok kiri atas.

Caranya cukup mudah, bukan?


Syarat Live Jualan di TikTok Shop

Tunggu dulu, kamu enggak menemukan opsi “Live” saat mau create konten di TikTok?

Mungkin kamu belum memenuhi syarat agar dapat melakukan live streaming di platform ini.

Nah, berikut adalah beberapa syarat yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu, supaya akun TikTok Shop milikmu bisa melakukan live streaming.

  • Kamu sudah berusia 16 tahun. Kemudian, untuk dapat menerima virtual gift saat live berlangsung, kamu minimal harus sudah berusia 18 tahun.
  • Akun TikTok atau TikTok Shop milikmu memiliki minimal 1.000 followers.
  • Kamu sudah memasukkan produk beserta foto dan deskripsi lengkapnya ke TikTok Shop. Jika sudah, maka akan ada ikon keranjang kuning di pojok kiri bawah, di mana audience bisa mengeklik ikon tersebut dan mengunjungi TikTok Shop milikmu.

Manfaat Berjualan Live di TikTok Shop

  • Potensi penjualan yang lebih besar. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, generasi milenial dan Gen-Z yang lumayan konsumtif lebih tertarik mencari kebutuhan mereka melalui media sosial. Platform TikTok yang fokus menampilkan video-video pendek lebih menarik dan lebih menghibur kedua kelompok konsumen ini, daripada platform e-commerce atau marketplace lainnya.
  • Jangkauan audience yang lebih luas. Baik itu format konten dalam bentuk video maupun sesi live streaming, banyak kesempatan kontenmu dibagikan pengguna lain ke platform media sosial dan media online lainnya. Hal ini tentu menjadi ajang promosi gratis bagi bisnismu.
  • Interaksi real-time dengan pengguna platform. Hal ini merupakan pembeda yang cukup signifikan dengan platform lainnya. TikTok menyediakan kesempatan interaksi secara virtual dan real-time, sehingga secara tidak langsung membangun kedekatan emosional antara audience dan seller.

Kekurangan Berjualan Live di TikTok Shop

  • Sebagian besar pengguna TikTok adalah orang-orang muda, oleh karena itu, TikTok Shop kurang begitu sesuai untuk demografi konsumen yang lebih senior. Jika bisnismu memiliki target konsumen untuk orang-orang dewasa, dengan intensitas belanja yang cukup rutin, mungkin TikTok Shop kurang cocok untukmu.
  • Kamu perlu konsisten dalam berjualan secara live. Jika hanya sesekali melakukannya, ada kemungkinan bisnismu akan “tertimpa” konten dari bisnis lain yang lebih rajin melakukan live streaming. Jika sudah begitu, ada kemungkinan audience-mu akan lari ke bisnis lain.

Tips Saat Live Streaming TikTok Shop

Berikut adalah beberapa tips yang bisa bantu kamu lebih mudah melakukan sesi live streaming untuk mempromosikan produk bisnismu.

  • Jaringan internet. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kestabilan jaringan internet di tempatmu. Pastikan koneksinya cukup lancar dan cepat, ya.
  • Suara dan pencahayaan. Pastikan lokasi live streaming-mu tidak berisik dan mendapatkan cukup cahaya, agar pengguna TikTok bisa melihat produk yang kamu tawarkan dengan jelas.
  • Pastikan produkmu sudah siap untuk kamu promosikan. Siapkan produk-produk tersebut dan letakkan mereka di sekitarmu. Hal ini untuk menghemat waktu saat kamu akan mempromosikan beberapa produk sekaligus.
  • Perhatikan jam-jam primetime. Artinya, kamu perlu melakukan live streaming di momen yang menurutmu para pengguna TikTok sedang mengakses akun mereka. Contohnya saat jam istirahat makan siang, atau malam hari saat mereka selesai beraktivitas.
  • Aktif berinteraksi dengan dengan audience. Saat live berlangsung, sebaiknya kamu juga aktif menanggapi komentar dari para penonton. Hindari hanya fokus menawarkan setiap produk, tanpa memedulikan interaksi dari mereka.
  • Rencanakan agenda sesi live streaming. Misalnya kamu akan berpromosi selama 30 menit. Bagilah durasi tersebut menjadi 3 bagian; 5 menit untuk menyapa audience, 15 menit untuk mempromosikan produk-produk, dan 10 menit terakhir untuk menjawab pertanyaan atau membalas komentar dari para penonton.

Lebih Gampang Belanja Stok Barang dengan KoinWorks NEO

Nah, itulah penjelasan dan manfaat mengenai berjualan secara live melalui TikTok Shop untuk mempromosikan bisnismu.

Tidak hanya berjualan di TikTok, dengan aktif melakukan live streaming, bisnismu juga berkesempatan untuk dikenal oleh kelompok konsumen yang lebih luas lagi.

Semakin terkenal bisnismu, maka semakin besar pula kesempatan kamu untuk mengembangkannya dan meraih lebih banyak cuan.

Ngomong-ngomong, enggak cuma TikTok Shop loh yang bisa bantu mengembangkan bisnis kamu. 

Kalau kamu memerlukan stok barang yang biasa kamu dapatkan secara impor atau dari luar negeri, kamu bisa menggunakan NEO Card dari KoinWorks NEO sebagai pengganti kartu kredit.

NEO Card bebas biaya admin, dan mudah kamu gunakan untuk transaksi dengan berbagai platform e-commerce maupun marketplace di luar negeri. Contohnya seperti platform Amazon dan Alibaba.

So, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya, daftarkan bisnismu, dan dapatkan fitur KoinWorks NEO yang lebih lengkap!

Download KoinWorks sekarang!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.