5 Kiat Memilih Perguruan Tinggi Nasional yang Diidamkan

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Menempuh Perguruan Tinggi - 5 Kiat Memilih Perguruan Tinggi Nasional (PTN) yang Wajib Anda Perhatikan

5 Kiat Memilih Perguruan Tinggi Nasional yang Diidamkan – Tidak terasa babak baru untuk menjadi mahasiswa sudah ada di depan mata. Seperti diketahui pendaftaran SNMPTN pun telah dibuka pada Februari 2019 kemarin dan SBMPTN pada bulan Juni lalu.

Namun, tidak jarang para calon mahasiswa baru masih bingung ketika memilih jurusan kuliah. Pastikan Anda memutuskan pilihan dengan pertimbangan yang baik ketika ingin menentukan universitas mana yang akan dipilih.

Nah! Supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari, perhatikan 5 hal berikut sebelum memilih perguruan tinggi negeri.


5 Kiat Memilih Perguruan Tinggi Nasional yang Diidamkan

Perhatikan Kemampuan Diri

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (5) - 3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Lebih dari Satu Mentor - Belajar Bahasa Asing Lebih Efisien Berkat 6 Tips dari Para Pakar Berikut - Mana yang Lebih Efektif: Belajar Secara Privat atau Berkelompok?

Jangan memilih universitas hanya karena gengsi atau ikut-ikutan teman. Pilihlah universitas dengan  passing grade yang sesuai dengan nilai yang Anda miliki. Jangan memilih PTN hanya karena jurusan tersebut sepi peminat.

Memilih jurusan dengan peminat agar lolos PTN bukan berarti Anda akan menjalaninya dengan mudah.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan Tahun 2020 Mendatang!

Bisa saja ketika Anda akan diterima di universitas dan jurusan tersebut Anda akan mengalami kesulitan saat menjalani kuliah nanti karena sebenarnya Anda tidak cocok dengan pilihan itu.

Tetap sesuaikan pilihan jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan diri Anda karena akan baik untuk ke depannya.


Perhatikan Lokasi Universitas

universitas termahal di dunia - Caltech
Gambar: Youtube.com

Apakah universitas pilihan Anda dan tempat tinggal Anda memiliki jarak yang sulit atau jauh untuk ditempuh? Bagaimana dengan transportasinya? Sesuaikan juga dengan kondisi Anda saat ini.

Paling tidak Anda akan menghabiskan waktu selama 4 tahun selama kuliah, jadi pastikanlah Anda memilih lokasi yang nyaman untuk ditempati.


Perhatikan Prospek Alumni Universitas

Manfaat bahasa Inggris adalah membuat Anda bisa berkuliah di luar negeri - 5 Langkah Penting untuk Mencapai Impian dan Kesuksesan, Raih Apapun yang Diinginkan! - 5 Langkah Keuangan yang Harus Dilakukan Setelah Lulus dari Perguruan Tinggi - Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah? Jangan Diam Saja, Ini 7 Solusinya!

Meskipun embel-embel universitas negeri sudah cukup menjanjikan, tapi sebaiknya tetap cari informasi mengenai prospek alumni dari universitas pilihan Anda, seperti berapa persen yang langsung terjun ke dunia kerja, serta perusahaan-perusahaan dimana para alumni universitas bekerja.

Hal ini akan menunjukkan seberapa besar potensi alumni universitas tersebut di dunia kerja.


Perhatikan Akreditasi

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - 5 Alasan Mengapa Pendidikan Tinggi Itu Penting, Jangan Diabaikan! - 5 Alasan Anda Tidak Boleh Fokus Pada Pendidikan Tinggi Saja - wisuda - lulus

Mayoritas universitas negeri sudah pasti memiliki akreditasi yang baik. Namun, untuk kejuruannya seperti manajemen, psikologi atau ilmu komunikasi ada baiknya perhatikan kembali akreditasi dari setiap penjurusannya.

Karena hal tersebut akan lebih mempermudah Anda ketika akan memasuki dunia kerja.

Baca juga : 7 Tips yang Bisa Diterapkan untuk Memilih Universitas Terbaik, Jangan Salah Pilih!


Perhatikan Biaya Kuliah

Ilustrasi Biaya Pendidikan - Tidak lulus SBMPTN

Meskipun Anda memilih universitas negeri, Anda tetap harus mengeluarkan biaya untuk persemester nya. Oleh karena itu, sesuaikan biaya kuliah dengan anggaran yang Anda miliki karena berbagai unversitas negeri juga memiliki biaya yang berbeda-beda.

Jangan sampai impian Anda untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri terhambat hanya karena biaya persiapan kuliah. KoinPintar dari KoinWorks bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

KoinPintar sangat memudahkan para calon mahasiswa baru karena menawarkan suku bunga yang sangat rendah, yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Pinjaman yang telah Anda ambil juga bisa dibayar dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Semoga informasi berikut ini bisa mebantu terwujudnya cita-cita Anda.

Tertarik dengan KoinPintar dan ingin mempelajari lebih lanjut? Klik di sini.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih