Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

menikah-pernikahan-pasangan-melamar-lamaran - menikah di gedung atau rumah-menikah tanpa bantuan orang tua

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk! – Sudah merencanakan tahap selanjutnya dengan pasangan? Mau langsung menikah atau mengadakan lamaran terlebih dahulu?

Sudah pasti jawabannya adalah melakukan lamaran dahulu sebelum naik ke pelaminan. Hampir semua orang setuju dengan acara lamaran sebelum pernikahan. Tapi sebenarnya perlu tidak sih lamaran itu?

Masing-masing dari Anda tentu memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda dengan acara lamaran, tergantung bagaimana Anda memposisikannya. Lamaran itu sendiri adalah mempertemukan dua keluarga dari kedua belah pihak sekaligus meresmikan status ‘calon suami-istri’ dengan bertukar cincin dan menyerahkan hantaran (seserahan).

Mungkin Anda lebih memahami istilah tunangan daripada lamaran. Sebenarnya keduanya sama saja, yang membedakan yaitu budaya ‘pertunangan’ diambil dari luar negeri. Di Indonesia, istilah engagement memiliki arti tunangan atau lamaran.

Nah, coba lihat dulu perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk sesi lamaran Anda dan pasangan Anda berikut ini.


Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Tempat

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Hal pertama yang harus disiapkan adalah menentukan tempat lamaran. Anda bisa memakai venue, cafe, taman, atau pun rumah sendiri. Biaya sewa tempat lamaran di cafe ada di kisaran harga 2 juta, sedangkan di venue biasanya lebih mahal dari itu karena cenderung lebih mewah dan cocok untuk Anda yang mengundang banyak orang.

Baca juga: Bingung Mau Menikah di Gedung atau Rumah? Cek Ini Dulu, Yuk!

Berbeda dengan Anda yang memilih rumah sebagai tempat untuk acara lamaran Anda. Selain dapat menghemat budget karena gratis, Anda lebih leluasa menggunakan seisi rumah dengan waktu yang tidak terbatas.


Dekorasi

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Anda bisa menyerahkan urusan dekorasi dengan tim khusus dari vendor. Biasanya dekorasi acara lamaran tidaklah seheboh dekorasi pernikahan, alias lebih sederhana tapi tetap terlihat indah. Dekorasi ini meliputi backdrop, meja, kursi untuk keluarga dan tamu, hiasan bunga, hingga karpet.

Biaya dekorasi berkisar 1 juta sampai 1,5 juta rupiah. Semuanya tergantung pada jenis dekorasi yang Anda pilih. Akan lebih murah bila Anda mendekorasinya bersama keluarga atau teman dekat Anda, sehingga Anda juga tidak perlu menggunakan jasa vendor.


Katering

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Biaya katering menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan. Dalam susunan acara lamaran, tentu saja ada sesi makan-makan untuk para tamu undangan. Jika Anda menggelar acara di cafe, biasanya menu makanan sudah include di dalamnya. Namun, jika di rumah, Anda bisa membuatnya sendiri atau memesan jasa katering dari luar.

Harga katering tergantung pada paket yang Anda pilih, biasanya dilihat dari jumlah tamu yang Anda undang. Harganya bisa mencapai 25 ribu hingga 30 ribu per pax. Anda bisa memilih menu yang kira-kira cocok di lidah tamu undangan Anda.


Hantaran (Seserahan)

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Dalam acara lamaran ada hantaran yang diberikan dari pria untuk wanita. Hantaran dapat diisi dengan kebutuhan atau perlengkapan wanita, seperti sepatu, tas, make up, dan semacamnya. Kemudian hantaran tersebut dihias sedemikian rupa agar terlihat cantik.

Antara Anda dan pasangan Anda sebaiknya membicarakan terlebih dahulu mengenai ini. Sebab, sebenarnya hantaran saat lamaran tidak harus berupa barang lho. Anda bisa mengisinya juga dengan berbagai makanan atau kue-kue manis. Idealnya, biaya untuk hantaran sekitar 1 juta sampai 2 juta rupiah, bahkan bisa lebih dari itu.


Cincin

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Benda ini terbilang penting karena ada prosesi tersendiri dalam acara lamaran yaitu menyematkan cincin pada jari manis. Cincin ini juga menjadi simbol bahwa Anda dan pasangan Anda telah mengikat janji untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Anda bisa mempersiapkan budget 500 ribu hingga 1 juta rupiah untuk membeli cincin tunangan/lamaran. Perlu diingat, cincin lamaran berbeda dengan cincin pernikahan. Sebab cincin pernikahan juga dihitung sebagai mahar yang merupakan syarat pernikahan.


Pakaian dan Riasan Wajah

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Jika Anda mengadakan acara lamaran yang mewah, Anda bisa memakai jasa MUA profesional dan menggunakan kostum serasi yang mewah pula. Namun, Anda juga harus siapkan budget lebih banyak untuk itu. Mungkin totalnya bisa sampai 4 juta rupiah.

Tapi jika Anda menginginkan pesta lamaran yang sederhana, Anda bisa meminta bantuan teman Anda yang berpengalaman untuk merias wajah. Sementara untuk kostum kebaya, Anda bisa menyewanya di tempat yang lebih terjangkau.


Pembawa Acara (MC)

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Acara lamaran rasanya tidak lengkap tanpa adanya MC. Sekarang sudah banyak orang-orang yang membuka jasa MC, bahkan teman pun bisa dijadikan pilihan. Anda cukup mengeluarkan budget sekitar 300 ribu rupiah untuk menyewa jasa MC.

Tidak perlu khawatir, untuk pembawa acara memang paling tepat meminta bantuan teman yang mahir di bidang ini. Selain untuk menghemat budget, Anda juga bisa menambah relasi dengan saling membantu teman Anda yang sedang mencari pekerjaan.


Fotografer dan Videografer

Perlukah Lamaran Sebelum Pernikahan? Kulik Keuangannya Yuk!

Tidak ada salahnya Anda juga menyewa jasa fotografer dan videografer untuk mengabadikan momen berharga Anda. Lamaran termasuk salah satu momen penting dalam hidup sebelum dilangsungkan pernikahan yang sesungguhnya

Vendor jasa fotografer dan videografer juga sudah banyak bermunculan. Antara satu vendor dengan vendor lainnya memiliki ciri khas tersendiri dalam editing foto dan video. Anda tinggal memilih mana yang cocok dengan selera Anda.


Bagaimana? Apakah Anda berubah pikiran untuk menggelar acara lamaran?

Penting atau tidaknya acara lamaran tergantung pada perspektif Anda. Jika Anda memiliki dana lebih dan tidak ada masalah dengan itu, Anda bisa menggelarnya sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan Anda. Namun, jika tidak, hanya ada dua hal yang bisa Anda pilih; mengadakannya dengan cara sederhana atau tidak mengadakannya sama sekali.

Baca Juga: Cara Mempersiapkan Bridal Shower agar Berkesan

Kabar baiknya, jika Anda memutuskan untuk menggelar acara lamaran secara sederhana, anggaran hasil penghematan Anda bisa dialokasikan untuk menjadi Pendana KoinWorks.

Mengapa harus KoinWorks?

Di KoinWorks, Anda bisa mendapat imbal hasil mulai dari 18% hingga 21.32% per tahun. Caranya juga mudah, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu sebagai pendana. Kemudian Anda hanya perlu mengisi data diri dan melengkapi dokumen sebagai persyaratan awal, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu verifikasi lanjutan dari KoinWorks.

KoinWorks sendiri merupakan platform P2P Lending yang merupakan salah satu media alternatif investasi online dan sudah dipercaya oleh lebih dari 200.000 Lenders. Hanya dengan Rp100.000 dan berlaku kelipatannya, Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan aktif di masa mendatang.

Yuk berinvestasi untuk masa depan Anda yang lebih cerah!


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.