Mengenal Investasi Saham dan Perusahaan Mikro

Berbicara saham biasanya identik dengan investor terkaya di dunia Warren Buffet. Sebagai orang yang sudah berpengalaman puluhan tahun di dunia investasi, Warren Buffet telah membuktikan bahwa saham bisa membuat seseorang kaya raya. Memiliki saham dalam suatu perusahaan berarti Anda sudah bisa dikatakan sebagai pengusaha. Tentu dalam skala kecil. Biar bagaimanapun, pemilik korporasi membatasi kepemilikan saham oleh pihak luar agar investor-investor tersebut tidak memiliki suara mayoritas yang bisa mengganggu arah dan rencana perusahaan jangka panjang. Kalau pernah menonton film Spiderman tahun 2001 yang diperankan Tobby McGuire, terlihat jelas bahwa musuh Spiderman, Goblin awalnya adalah orang baik yang diusir dari perusahaan yang ia sendiri dirikan. Mengapa bisa terjadi? Karena ia bukan pemilik mayoritas di perusahaan tersebut. Dalam kehidupan nyata, apa yang dialami oleh inovator kelas dunia Steve Jobs hampir serupa. Jobs dipecat dari Apple, perusahaan yang justru susah payah ia dirikan. Lalu setelah itu ia membangun PIXAR dan kembali sukses. Manajemen Apple pun kembali mengundangnya untuk menduduki posisi semula bersama Tim Cook, yang kelak akan menggantikan dirinya sebagai CEO Apple ketika meninggal.

Memiliki saham adalah investasi yang banyak dipilih oleh kaum profesional di Indonesia. Mereka berburu saham-saham yang prospektif di lantai bursa. Berbeda dengan investasi di bank yang tidak terlalu menggiurkan dari sisi revenue, saham sangat menarik untuk dikoleksi. Bagi investor kecil, saat memilih saham yang akan dibeli, ia akan terlebih dulu mempelajari industrinya dari berbagai sumber. Ia tidak asal dalam mengoleksi saham-saham hanya berdasarkan nilainnya saat itu. Potensi industri akan digali, peta persaingan akan dianalisis, tren pasar akan dipetakan. Barulah kemudian melihat kondisi fundamental perusahaan tersebut. Lalu ketika sudah dibeli, tidak buru-buru dijual hanya karena harganya meningkat drastis. Sebab investor tersebut sudah memiliki sense of belonging yang tinggi terhadap perusahaan yang sahamnya ia beli. Meski hanya nol koma sekian persen kepemilikan, namun ia tetap berhak mendapatkan dividen. Apalagi kalau setiap periode tertentu ia menambahkan investasinya dengan membeli beberapa lot tambahan. Jika Anda berminat untuk berinvestasi pada saham yang ter-listing di Bursa Efek Indonesia untuk jangka panjang, maka Anda harus memilih industri atau bisnis di mana Anda memang punya passion yang mendalam terhadapnya. Otomatis memiliki saham di industri yang Anda minati bisa mendorong Anda untuk belajar dan selalu memperbaharui pengetahuan.

Sama dengan saham pada lantai bursa, memiliki saham pada usaha kecil menengah pun juga demikian. Bedanya, porsi kepemilikannya lebih besar karena modal yang dibutuhkan tentu tidak sebesar yang dibutuhkan perusahaan listing. Contohnya, kalau Anda punya dana 50 juta rupiah dan diinvestasikan di perusahaan blue chip, mungkin kepemilikan Anda hanya 0,0001 persen saja. Tapi jika Anda investasikan di bisnis UKM yang sedang berkembang, bisa jadi porsi Anda adalah 30 hingga 50 persen kepemilikan karena modal yang dibutuhkan lebih sedikit. Dan berbeda dengan saham korporat, pada saham UKM Anda harus benar-benar mencurahkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan bisnis. Kalau di korporat, Anda tinggal “ongkang-ongkang kaki” karena banyak tim ahli yang memberi nasehat kepada direksi. Sementara kalau di UKM, jika Anda tidak terlalu peduli terhadap kebijakan dan langkah direksi, maka bisa jadi modal yang Anda tanam akan terbuang begitu saja tanpa menghasilkan apapun. Dan Anda tidak bisa menuntut pertanggungjawaban pidana terhadap pemilik usaha karena ini adalah ranah perdata.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam memilih bisnis yang cocok untuk diinvestasikan, ada baiknya Anda menggunakan platform KoinWorks yang sudah terbukti bisa memberikan rekomendasi sekaligus mempertemukan investor dan pemilik usaha. Bagi pemodal seperti Anda, memilih perusahaan skala UKM yang terpecaya dan profesional tidaklah semudah kalau memilih perusahaan di bursa. Selain rekam jejaknya yang minim publikasi, Anda harus mau mencari-cari informasi dari sumber lain tentang usaha tersebut. KoinWorks bisa membantu Anda untuk memilih dan mempertemukan dengan para pelaku usaha tersebut. Dan ini bisa membantu Anda membuat keputusan investasi saham UKM. Apalagi platform ini juga memiliki database yang bisa memperkaya pilihan Anda.

 Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.