Ingin Lebih Mudah Memahami Pelajaran? Ikuti 5 Cara Cerdas Ini – Mempelajari sebuah konsep baru menjadi sebuah pengalaman yang sangat bermanfaat.

Hanya saja kendala yang sering dihadapi adalah sulitnya seseorang untuk menyimpan informasi yang baru saja dipelajari dengan baik.

Dengan begitu, banyak orang yang perlu membaca secara berulang agar bisa mendapatkan informasi untuk disimpan dalam ingatan.

Jika Anda merasakan kendala yang sama seperti contoh di atas, maka Anda bisa menggunakan metode yang bisa membantu memahami konsep-konsep yang sulit.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang ADEPT Method Learning yang merupakan pendekatan praktis untuk meningkatkan kemampuan otak saat belajar. Bagaimana caranya?

5 Cara Cerdas Lebih Mudah Memahami Pelajaran

1Menggunakan Analogi Saat Mempelajari Suatu Hal

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (22) - 5 Kesalahan Kepemimpinan yang Sering Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Trik yang perlu dilakukan sangat sederhana yaitu Anda hanya perlu membandingkan suatu hal dengan sesuatu yang telah diketahui sebelumnya.


2Menggunakan Diagram Saat Belajar

4 Tips Membantu Anda Menjadi pembicara Luar Biasa - 4 Tips Sukses Menjadi Pembicara Profesional

Jika Anda tidak menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan sebuah konsep, maka kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan diagram.

Baca juga: Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan

Dengan menggunakan diagram, Anda bisa memvisualisasikan ide-ide baru dan abstrak.

Hal yang perlu diketahui adalah memahami ide yang kompleks dan abstrak membutuhkan kedua sisi otak untuk berfungsi bersama agar bisa membentuk hubungan yang kuat.


3Menggunakan Contoh

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - Bagaimana Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif? - 3 Karakteristik Pelajar yang Bisa Meningkatkan Peluang Keberhasilan dan Kesuksesan Anda

Saat menggunakan contoh, maka hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengalami apa yang sedang dipelajari.

Dengan memaparkan diri Anda pada contoh, maka Anda bisa memformulasikan pemahaman tentang konsep tersebut.

Cara seperti ini jauh lebih mudah dan sederhana daripada Anda harus mengingat pembahasan atau topik yang sedang dipelajari.


4Menjelaskan dengan Bahasa yang Sederhana

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (2) - 5 Pekerjaan Terbaik yang Bisa Dilakukan oleh Para Introvert (3)

Kesulitan dalam mempelajari suatu hal bisa dikarenakan Anda terlalu menghafal suatu topik yang sedang dipelajari.

Segera perbaiki cara belajar tersebut dengan menjelaskan konsep atau topik dalam bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Baca juga: 5 Perbedaan Orang Sukses dan Gagal, Anda Memiliki Salah Satu Cirinya?

Membuat sebuah konsep menjadi sederhana sangat memungkinkan Anda untuk benar-benar memahami konsep tersebut.

Jangan pernah menggunakan berbagai istilah teknis yang menyulitkan Anda dalam memahami suatu hal yang sedang dipelajari.


5Konversikan Pemahaman Anda Kepada Orang Lain

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - 4 Pendekatan Saat Belajar yang Bisa Dilakukan demi Memperkaya Ilmu

Jika Anda telah memiliki pemahaman dasar tentang sebuah konsep, maka Anda harus paham dan bisa menjelaskan topik tersebut kepada orang lain.

Kemampuan untuk menjelaskan sesuatu kepada orang lain mengindikasikan bahwa Anda paham dengan sesuatu yang sedang dipelajari dengan baik.

Menerapkan metode ADEPT menjadi cara ampuh yang akan membantu Anda memahami konsep atau topik yang sedang dipelajari dengan lebih cepat dan efektif.

Baca juga: 5 Tugas yang Perlu Didelegasikan Kepada Orang Lain

Selanjutnya, Anda bisa menerapkan 5 langkah dalam metode di atas dalam proses pembelajaran formal dan non-formal.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan sampai biaya pendidikan menjadi masalah saat Anda sedang belajar suatu hal.

KoinPintar akan membantu Anda dengan pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk mengikuti pendidikan formal dan non-formal.

Prosesnya sangat sederhana, jika pengajuan pinjaman berhasil disetujui, maka KoinPintar akan membayarkan biaya pendidikan tersebut secara langsung ke lembaga pendidikan yang terkait.

Selanjutnya, Anda hanya perlu membayar pinjaman tersebut dengan cara mengangsur. Angsuran bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan, di mana cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung.

Hal yang paling penting adalah suku bunga pinjaman yang ditawarkan oleh KoinPintar sangatlah rendah, jika dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lain. Suku bunga pinjaman mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Fasilitas yang ditawarkan oleh KoinPintar di atas bisa digunakan saat Anda akan mengikuti pendidikan formal atau non-formal seperti kursus, pelatihan, atau lain sebagainya.

Dengan mengasah keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan diharapkan Anda bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan lebih baik dari sebelumnya.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.