Peluang Bisnis Kirim Uang di Indonesia, dan Tantangannya

Di masa yang serba digital dan online seperti sekarang ini, tentu semakin banyak peluang bisnis yang bisa kamu temukan.

Contohnya, bagi para pebisnis yang dulu memerlukan toko fisik untuk menawarkan produk dagangannya, kini mereka bisa menggunakan platform e-commerce dan online marketplace untuk berjualan.

Hal ini jelas praktis dan menguntungkan bagi penjual dan pembeli.

Di sisi lain, ada juga peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan dari era digitalisasi ini, dengan cara memberikan kemudahan bagi orang-orang untuk mengirim uang.

Nah, pasti penasaran ‘kan bagaimana bisa ada peluang bisnis yang muncul dari kegiatan mengirim uang?

Simak pembahasannya, berikut ini!


Apa itu Bisnis Kirim Uang?

Pada dasarnya, bisnis kirim uang yang bisa kamu lakukan adalah menawarkan jasa pengiriman uang, yang biasanya banyak dibutuhkan oleh orang-orang yang belum atau tidak memiliki rekening bank.

Contohnya, untuk orang tua yang ingin mengirimkan uang kepada anak mereka yang sedang bekerja atau sekolah di luar kota.

Pengiriman uang juga dibutuhkan untuk orang-orang yang bekerja di suatu tempat, dan perlu mengirim uang untuk keluarga mereka di luar kota, atau daerah lain yang terpencil dan tidak terjangkau oleh layanan bank konvensional.


Peluang Bisnis Kirim Uang di Indonesia

Perlu diingat bahwa menurut Bank Indonesia, masih ada banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki rekening bank atau memiliki akses terhadap layanan perbankan. 

Bahkan, menurut LPS masih ada sekitar 51% dari total penduduk Indonesia yang belum memiliki rekening bank.

Jadi, peluang bisnis jasa kirim uang ini masih cukup berpotensial untuk kamu jalankan saat ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menjalankan sebuah bisnis kirim uang:

1. Layanan kirim uang manual

Layanan kirim uang ini tentu kamu lakukan secara manual. 

Misalnya kamu memiliki saldo yang cukup besar di beberapa bank konvensional, kemudian pengirim memberikan sejumlah uang untuk kamu “kirim” ke penerima. 

Setelah uang kamu terima, kamu bisa segera mengirim uang (dalam bentuk saldo atau tunai) ke alamat si penerima. Kamu bisa mengenakan biaya jasa sebesar Rp5.000,00 – Rp10.000,00 per transaksi.

Sebagai contoh, di sekitar tempat tinggalmu ada orang tua yang ingin mengirimkan uang sebesar Rp3.000.000,00 ke anak mereka yang sedang merantau untuk kuliah, namun mereka belum memiliki rekening bank. 

Mereka bisa mengirim uang melalui kamu sebagai perantara, dengan perhitungan biaya jasa sebesar Rp5.000,00 dan biaya admin Rp6.500,00 (jika menggunakan layanan Real Time Online). 

Nah, dengan demikian mereka bisa memberikanmu uang tunai sebesar Rp3.011.500,00, dan kamu mendapatkan keuntungan sebesar Rp5.000,00 per transaksi.

2. Layanan kirim uang via agen bank

Kamu juga bisa bekerja sama dengan bank konvensional, dan mendaftarkan dirimu menjadi seorang agen bank.

Agen bank adalah suatu bentuk kerja sama yang konsepnya kurang lebih seperti perpanjangan tangan dari bank tersebut.

Dengan mendaftarkan diri menjadi seorang agen bank, kamu biasanya akan menerima pelatihan dan sebuah mesin EDC, yang bisa kamu gunakan untuk membantu orang-orang yang ingin mendapatkan beberapa layanan perbankan. 

Contohnya seperti setor & tarik tunai, bayar tagihan, membeli pulsa & kuota internet, dan tentu saja mengirim uang.

Bagaimana dengan keuntungan yang bisa kamu dapat?

Nah, dengan menjadi agen bank, kamu biasanya akan mendapatkan fee atau semacam komisi dari setiap transaksi yang terjadi melalui keanggotaanmu.

Sebagai contoh, setiap ada seseorang yang hendak membayar tagihan atau mengirim uang melalui kamu, sistem bank akan langsung mendeteksi aktivitas tersebut, dan memberikan fee sebagai biaya jasa.

Besaran fee ini pun tergantung dari jenis transaksi dan kebijakan bank masing-masing, ya.

Beberapa contoh bank yang memiliki program agen bank ini adalah BNI Agen 46 dari BNI, Mandiri Agen dari Bank Mandiri, JakOne Abank dari Bank DKI, dan Agen BRILink dari BRI.

3. Layanan kirim uang melalui aplikasi

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis kirim uang ini adalah dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone.

Biasanya, aplikasi keuangan yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan fintech sudah bisa mengakomodir kebutuhan kamu untuk mengirim uang ke banyak tujuan.

Salah satu contohnya adalah aplikasi finansial KoinWorks NEO dengan fitur Send Money-nya.

Menariknya, aplikasi keuangan seperti ini biasanya tidak membebankan biaya admin untuk pengiriman uang, alias gratis.


Tantangan & Risiko Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu saja ada tantangan dan risiko yang menyertainya; tidak terkecuali untuk bisnis pengiriman uang.

Setidaknya ada dua tantangan & risiko yang mungkin akan kamu hadapi ketika menjalankan bisnis ini.

  • Kompetisi.

Jika hanya kamu seorang yang menjalankan bisnis ini di wilayah sekitar, tentu kamu bisa memasang biaya jasa yang agak tinggi.

Namun, ketika ada beberapa bisnis penyedia jasa kirim uang serupa, mau tidak mau kamu harus menyesuaikan biaya jasa dengan kondisi pasar.

Semakin kecil biaya jasa yang kamu kenakan, maka semakin kecil pula keuntungan yang akan kamu dapatkan, terutama jika kamu menggunakan layanan pengiriman manual.

  • Frekuensi pengiriman uang.

Dalam bisnis kirim uang, kamu hanya akan mendapatkan biaya jasa dan/atau fee ketika pengiriman uang terjadi.

Jika konsumen tidak melakukan pengiriman uang secara rutin, tentu pendapatan dari bisnis ini menjadi tidak menentu setiap bulannya.

  • Internet.

Layanan pengiriman melalui agen bank maupun aplikasi smartphone seringkali membutuhkan jaringan internet untuk menyelesaikan transaksinya.

Jika fasilitas serta jaringan internet di tempatmu kurang memadai atau kurang stabil, tentu ini akan mengganggu jalannya bisnis.


Keuntungan Bisnis Kirim Uang

Ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dan konsumen dapatkan dari menggunakan jasa kirim uang ini.

  • Pengirim/penerima tidak perlu repot mengurus dan memiliki rekening bank.

Dengan menggunakan layanan kirim secara manual dan agen bank, pengirim/penerima hanya perlu membayar kelebihan biaya jasa.

  • Menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia.

Hadirnya layanan kirim uang yang mobile dan tidak terbatas oleh kehadiran bank secara fisik, kegiatan pengiriman uang kini bisa dilakukan secara luas di seluruh Indonesia.

  • Pendapatan tambahan yang cukup signifikan.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan, atau memang hanya melengkapi layanan kirim uang di bisnismu, potensi keuntungan yang didapat dari bisnis kirim uang ini tentu sangat menguntungkan.


Tips & Rekomendasi

Berikut adalah beberapa tips dan rekomendasi yang bisa kamu terapkan saat merintis bisnis jasa kirim uang.

  • Lakukan riset terlebih dahulu terhadap agen bank atau aplikasi yang akan kamu gunakan.

Periksa satu-satu syarat & ketentuan yang ditawarkan, dan tidak ada salahnya jika kamu berdiskusi langsung mengenai program kirim uang dengan layanan konsumen dari masing-masing program tersebut.

  • Hindari terlalu tinggi mematok biaya jasa.

Sebaiknya kamu juga perlu memperhitungkan biaya jasa yang kompetitif sehingga tidak memberatkan konsumen.

Ini perlu kamu lakukan meskipun hanya kamu satu-satunya bisnis kirim uang di area tersebut.

  • Jika memungkinkan, jalin interaksi rutin dengan konsumen melalui layanan customer service yang responsif.

Konsumen yang puas dengan layanan kirim uang & merasa dekat secara emosional tentu akan kembali menggunakan jasa bisnismu.

  • Strategi pemasaran yang baik dapat membantu mempertahankan frekuensi pengiriman uang.

Tidak perlu menggunakan marketing tool yang mahal, kamu bisa menyebarkan promosi atau berita menarik seputar bisnis kirim uang melalui layanan chat seperti WhatsApp, serta platform media sosial seperti Instagram dan Facebook.


Kirim Uang Lebih Mudah dengan KoinWorks NEO!

Itulah pembahasan mengenai peluang bisnis jasa kirim uang dan beberapa tantangannya.

Seandainya kamu sedang mencari pendapatan tambahan, atau sekadar ingin menambah layanan yang tersedia di bisnismu, tentu bisnis kirim uang ini merupakan salah satu solusi yang bisa kamu lakukan.

Sebagai informasi tambahan, bagi kamu pengguna aplikasi KoinWorks NEO, kamu bisa langsung gunakan fitur Send Money untuk mengirim uang ke berbagai bank lokal dan internasional tanpa biaya admin.

Selain itu, KoinWorks NEO juga menghadirkan fitur KoinBisnis yang memungkinkan bisnismu untuk mendapatkan pinjaman modal hingga Rp2 miliar, dengan tenor pinjaman hingga 24 bulan.

Kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah puluhan juta dari Neovaganza, dengan cara mengumpulkan poin sebanyak-banyak melalui tiap transaksi yang kamu lakukan di KoinWorks NEO. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Nah, bagi kamu yang belum daftar menjadi bagian dari KoinWorks, langsung aja yuk unduh aplikasinya, dan segera daftarkan diri & bisnismu!

Download KoinWorks sekarang!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.