Memiliki sebuah hunian yang nyaman adalah impian setiap orang. Kadang, kita bosan dengan bentuk dan desain rumah kita yang lama sehingga kita ingin melakukan proses renovasi untuk membuat hunian tampak baru tanpa harus merubah bentuknya secara keseluruhan. Namun, permasalahannya adalah Anda tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk membiayai semua biaya renovasi tersebut. Lalu, jalan keluar apakah yang akan Anda tempuh? Biasanya kemudian yang terpikir adalah mengajukan utang ke bank atau lembaga keuangan untuk bisa mendapatkan dana tunai baik kredit menggunakan agunan atau kredit tanpa agunan yang bisa membantu proses renovasi rumah Anda agar tetap bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana. Untuk keluarga dengan kondisi keuangan yang pas-pasan maka menunggu sampai jumlah tabungan tunai Anda cukup tentu akan butuh waktu yang cukup lama dan bukan tidak mungkin proses renovasi yang sudah Anda rencanakan justru akan batal.

Banyak bank besar di Indonesia terlebih bank pemerintah yang sudah menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan. Kredit ini bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara untuk merealisasikan proses renovasi rumah impian Anda. Untuk mendapatkan fasilitas pinjaman dengan KTA atau tanpa jaminan yang disertakan ke bank tersebut maka Anda tentu harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh bank penyelenggara seperti misalnya menyertakan copy kartu kredit yang akan digunakan oleh pihak bank untuk melihat pola transaksi dan pola bayar yang Anda miliki apakah baik ataukah tidak. Jika pola bayar baik dan Anda tidak suka terlambat maka biasanya bank akan menyetujui permohonan Anda. Namun jika kredit pada kartu kredit Anda macet maka biasanya proses tersebut akan ditolak langsung.

Keuntungan renovasi rumah dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan adalah bisa mendapatkan dana besar dalam waktu yang cukup cepat. Banyak bank yang bahkan memberikan fasilitas 1 jam atau 1 hari cair jika pengajuan KTA sesuai dengan persyaratan dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan sudah siap. Selain itu, Kredit Tanpa Agunan yang sudah Anda ajukan juga bisa dibayar dengan cara cicilan atau angsuran sehingga tidak memberatkan keuangan Anda. Namun, ada juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar saat memilih fasilitas KTA pada sebuah bank tidak menjadi suatu kesalahan yang berujung pada penyesalan.

  • Pilih bank yang memberikan suku bunga paling rendah. Untuk masalah ini Anda lebih baik melakukan survey terlebih dahulu.
  • Pilih bank yang memberikan cicilan paling sesuai dengan kemampuan keuangan Anda sehingga dari awal pembayaran sampai selesai masa kredit Anda tetap akan bisa hidup normal.

Ketika Anda sudah mengajukan Kredit Tanpa Agunan dan prosesnya disetujui maka pergunakan uang tersebut hanya untuk kepentingan yang sudah Anda rencanakan pada awal tadi yaitu renovasi rumah. Jangan tergoda atau ingin menggunakan uang tersebut untuk kepentingan lainnya karena hal tersebut justru akan memberatkan Anda sendiri nantinya. Dan jangan ambil uang tersebut secara cash lalu menyimpannya di rumah. Lebih baik simpan saja di rekening Anda di bank kemudian ambil secukupnya sesuai biaya yang Anda butuhkan untuk renovasi rumah Anda. Dengan demikian uang hasil KTA yang sudah cair benar-benar Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.  Jika terpakai untuk kebutuhan lainnya maka resiko harus Anda tanggung sendiri dan ini akan menjadi beban yang bertambah besar nantinya.

Setelah proses renovasi selesai, jangan lupa bayar angsuran pinjaman Anda sesuai jumlah dan tanggal yang ditetapkan oleh bank dengan kesepakatan bersama Anda yang sudah dibuat pada awal proses pengajuan kredit tadi. Jangan menunda untuk membayar karena setiap keterlambatan pembayaran angsuran, Anda akan dikenakan beban denda yang cukup besar sekitar 5% atau ada juga yang sebesar Rp 50.000. Jumlah ini akan terus bertambah jika Anda tetap tidak membayar angsuran yang sudah ditetapkan. Lebih baik menyediakan selalu uang di rekening bank  sehingga secara otomatis sistem bank akan melakukan auto debet untuk jumlah uang sesuai jumlah angsuran setiap tanggal yang sama pada setiap bulannya sampai dengan angsuran selesai nanti. Bijaklah dalam menggunakan uang pinjaman sesuai dengan yang seharusnya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.