Rumus Laba Bersih dan Cara Menghitungnya dengan Mudah!

rumus laba bersih dan cara menghitungnya

Apakah kamu sedang menjalankan bisnis keuangan atau ingin memahami kesehatan finansial perusahaan kamu? Salah satu konsep penting yang perlu dipahami adalah laba bersih. Laba bersih merupakan ukuran keberhasilan finansial suatu perusahaan setelah semua biaya dan pengeluaran dikurangkan dari pendapatan total. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam rumus laba bersih beserta cara menghitungnya.

Apa itu Laba Bersih?

Laba bersih, yang juga dikenal sebagai keuntungan bersih atau profit neto, adalah jumlah uang yang tersisa setelah semua biaya, pajak, dan beban lainnya dikurangkan dari total pendapatan perusahaan. Laba bersih memberikan gambaran yang akurat tentang seberapa efisien perusahaan dalam mengelola operasi dan memperoleh keuntungan.

Rumus Laba Bersih

Berikut adalah rumus menghitung laba bersih:

Laba Bersih = Pendapatan Total – (Biaya Operasional + Biaya Non Operasional + Pajak)

Ini adalah rumus dasar yang digunakan untuk menghitung laba bersih suatu perusahaan. Dengan menggunakan rumus ini, kamu dapat mengukur seberapa efektif perusahaan dalam mengelola pendapatan dan biaya-biaya yang terkait dengan operasi dan kegiatan bisnisnya.

Baca juga: Laporan Laba Rugi: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Cara Menghitung Laba Bersih dengan Mudah:

1. Hitung Pendapatan Total

Pertama, kamu harus menentukan pendapatan total perusahaan selama periode tertentu. Ini mencakup semua sumber pendapatan seperti penjualan produk, layanan, dan investasi.

2. Hitung Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya yang terkait langsung dengan operasi sehari-hari perusahaan, termasuk biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya pemasaran, dan biaya administrasi.

3. Hitung Biaya Non-Operasional

Biaya non-operasional mencakup biaya yang tidak terkait langsung dengan operasi inti perusahaan, seperti bunga pinjaman, kerugian investasi, dan biaya pengurusan.

4. Kurangkan Pajak

Setelah mengurangkan biaya operasional dan non-operasional dari pendapatan total, kamu perlu mengurangkan pajak yang harus dibayarkan perusahaan atas laba yang diperoleh.

5. Hitung Laba Bersih

Terakhir, kurangkan total biaya (operasional dan non-operasional) dan pajak dari pendapatan total untuk mendapatkan laba bersih.

Contoh Perhitungan Laba Bersih Menggunakan Rumus

Misalkan perusahaan ABC memiliki pendapatan total selama satu tahun sebesar 500.000. Biaya operasional mencapai 300.000, biaya non-operasional 50.000, dan pajak yang harus dibayarkan adalah 30.000.

Laba Bersih = 500.000 – (300.000 + 50.000 + 30.000)
Laba Bersih = 500.000 – 380.000
Laba Bersih = 120.000

Dari contoh di atas, laba bersih perusahaan ABC selama satu tahun adalah 120.000.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Manfaaat Mengetahui Laba Bersih dalam Pengelola Keuangan

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, pemahaman yang mendalam tentang laba bersih adalah kunci keberhasilan perusahaan. Laba bersih, atau profit neto, adalah ukuran keuntungan aktual yang diperoleh suatu perusahaan setelah semua biaya dan pajak dikurangkan dari total pendapatan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat penting dari mengetahui laba bersih:

1. Mengukur Kinerja Keuangan

Laba bersih memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa baik perusahaan mengelola pendapatannya dan mengendalikan biayanya. Dengan mengetahui laba bersih, manajemen dapat mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan dan mengidentifikasi area-area di mana efisiensi dapat ditingkatkan.

2. Mengambil Keputusan Strategis

Pemahaman yang baik tentang laba bersih memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan strategis yang lebih baik. Dengan mengetahui berapa banyak keuntungan yang dihasilkan setelah mempertimbangkan semua biaya, perusahaan dapat membuat keputusan tentang investasi, ekspansi, atau penghematan yang lebih cerdas dan terinformasi.

3. Menarik Investor dan Pemberi Pinjaman

Investor dan pemberi pinjaman cenderung melihat laba bersih sebagai indikator kesehatan finansial perusahaan. Perusahaan dengan laba bersih yang stabil dan berkembang cenderung lebih menarik bagi investor dan pemberi pinjaman daripada yang mengalami kerugian atau laba yang tidak konsisten.

4. Mengukur Pertumbuhan Perusahaan

Laba bersih juga merupakan ukuran pertumbuhan perusahaan dari waktu ke waktu. Dengan melacak laba bersih dari periode ke periode, manajemen dapat mengevaluasi efektivitas strategi bisnis dan mengidentifikasi tren pertumbuhan atau penurunan yang perlu diperhatikan.

5. Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Dengan pemahaman yang baik tentang laba bersih, perusahaan dapat merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik. Ini termasuk perencanaan anggaran, penentuan kebijakan harga, dan pengelolaan arus kas dengan lebih efektif.

Kesimpulan

Menghitung laba bersih adalah langkah penting dalam menganalisis kinerja finansial suatu perusahaan. Dengan memahami rumus dan langkah-langkahnya, kamu dapat mengidentifikasi efisiensi operasional dan potensi keuntungan perusahaan. Pastikan untuk mengelola biaya dengan efektif dan mengoptimalkan pendapatan guna meningkatkan laba bersih perusahaan kamu.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.