Tidak sedikit jumlah UKM yang menggunakan kredit multiguna sebagai modal awal atau untuk dijadikan dana tambahan sebagai cara mengembangkan sayapnya agar mendapatkan pasar lebih banyak lagi. Namun, ada cara lain untuk bisa meningkatkan jumlah pendapatan yakni dengan menjual produk UKM di tempat yang tepat seperti tempat yang menjadi sentra UKM yang ada di Jakarta. Baik Anda pengusaha UKM atau konsumen yang ingin melihat jenis-jenis UKM yang ada di Jakarta, berikut daftar sentra UKM di Jakarta yang patut dikunjungi.

SMESCO

SMESCO atau Small Medium Enterprise Cooperative merupakan salah satu pusat atau gedung untuk perdagangan produk UKM di Jakarta. Lokasinya ada di jalan Gatot Soebroto. Gedung ini memang didesain dan dibangun oleh pemerintah sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk UKM kepada masyarakat. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengunjungi sentra UKM di Jakarta, cobalah untuk datang kesini baik di hari kerja maupun di hari weekend sabtu dan minggu.

Beberapa penjual produk UKM disini seperti;

  • UKM produk kerajinan
  • UKM produk batik
  • UKM produk ukiran
  • UKM produk gantungan kunci
  • UKM produk lukisan
  • UKM produk kebaya
  • UKM produk patung hiasan
  • dan lain-lain

Sayangnya, walau sudah dibangun sedemikian rupa bahkan bisa jadi ada juga yang mengambil kredit multiguna untuk pengembangan usaha, bisa dikatakan SMESCO memiliki jumlah pengunjung yang relative sedikit khususnya di hari kerja Senin sampai Jumat. Wajar saja jika para pemilik UKM disini hanya mengandalkan kunjungan khusus pada saat weekend, acara terentu seperti pernikahan dan mengandalkan turis atau wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tapi, SMESCO masih bisa memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha UKM utamanya saat ada acara pernikahan.

Ya, hampir setiap hari Sabtu Minggu, SMESCO lebih ramai dibandingkan dengan hari kerja. Hal ini dikarenakan hari Sabtu Minggu ada wedding yang menggunakan lantai di atas. Tentu, para tamu yang hadir akan menyempatkan diri untuk melihat dan membeli berbagai macam produk UKM yang telah dipajang. Inilah yang diandalkan para pelaku usaha UKM yang berada di SMESCO. Selain itu, yang menarik dari SMESCO adalah galeri UKM yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang.

UKM-Center

Selain SMESCO, di Jakarta juga ada sentra UKM yang harus dikunjungi yakni UKM-Center. Lokasi UKM Center sendiri berada di Waduk Melati, Tanah Abang, Jakpus. Saat ini, UKM Center masih dalam tahap pengembangan walau jumlah pengunjung sudah banyak. Hal ini dikarenakan tempatnya yang cukup strategis hanya kendala macet saja dan sudah menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Jakarta. Oleh sebab itu, jika Anda berkunjung ke Jakarta, cobalah untuk mampir ke UKM Center untuk melihat semua produk UKM di sana.

Pada tahap selanjutnya, UKM Center akan dibangun sebagai venue yang menjadi pusat lokasi wisata kerajinan bahkan tidak menutup kemungkinan jika di masa yang akan datang tempat ini akan menjadi sebuah ikon wisata kerajinan Indonesia. Hal ini karena sistem menejemen dan pengembangan UKM Center yang baik. Sebagai contoh, UKM Center ini mengambil konsep seperti sebuah Mall. Tentu, ini berbeda dengan pasar seni lainnya seperti di Kasongan Yogyakarta yang memiliki konsep terbuka.

Walau yang dijual disini adalah produk UKM, jangan salah jika produk mereka sudah dijadikan langganan ekspor ke luar negeri. Tentu, ini prestasi UKM yang menggembirakan. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan sentra UKM ini. Anda bisa mendapatkan banyak informasi serta mengetahui banyak mengetahui macam-macam produk UKM di sini.

PRJ

PRJ atau Pesta Rakyat Jakarta tentu berbeda dengan JFK atau Jakarta Fair Kemayoran. Jika di JFK yang tampil adalah perusahaan besar dengan tampilan stand yang mewah serta merupakan pameran akbar dari perusahaan berkelas dan pengunjung akan dikenai tiket, maka PRJ mengambil konsep pesta rakyat yang terbuka untuk segala macam jenis perusahaan UKM dimana konsepnya terbuka dan hanya menggunakan tenda putih atau bahkan gerobak makanan seperti gerobak mi ayam, bakso dan lain sebagainya.

Pengunjung di PRJ sendiri tidak dikenai biaya. Yang menarik, banyak UKM baik lokal maupun dari daerah yang merasa sangat terbantu dengan adanya PRJ ini. Tentu, baik Anda sebagai pengunjung atau pengusaha UKM, PRJ bisa dijadikan salah satu referensi untuk mengenalkan produk UKM.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.