Home » Blog » Gaya Hidup » 4 Tahap Menyampaikan Ide Agar Lebih Mudah Dimengerti

4 Tahap Menyampaikan Ide Agar Lebih Mudah Dimengerti

teman-bisnis-visi-misi - membangun bisnis keluarga

4 Tahap Menyampaikan Ide Agar Lebih Mudah Dimengerti  – Sebagian dari Anda pasti pernah memahami suatu topik, tetapi kesulitan untuk menjelaskannya kepada orang lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas dan Kekuatan Mental?

Padahal ada metode sederhana yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan konsep atau ide dengan lebih mudah dan jelas.

Ada 4 tahapan yang perlu dilakukan yaitu menyatakan dengan ringkas, menjelaskan dengan kalimat sendiri, memberi contoh, dan mengilustrasikannya.

Bagaimana menerapkannya?


Menyatakan dengan Sederhana dan Ringkas

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Kesalahan yang Mampu Menghancur Efektivitas Kepemimpinan Anda

Ini dia tahap menyampaikan ide yang pertama. Dalam menyampaikan pesan dan ide, maka Anda harus bisa menyatakan konsep tersebut dalam satu atau dua kalimat. Identifikasikan konsep atau ide yang akan disampaikan dengan jelas dan ringkas.

Contohnya seperti ini Menulis adalah kegiatan untuk menyampaikan pesan atau informasi melalui suatu media.


Menjelaskannya dengan Kalimat Sendiri

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Selalu Mengembangkan Diri - 5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis yang Luar Biasa - Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mengembangkan Keterampilan Analitis

Setelah menyatakan ide dengan sederhana dan ringkas, maka Anda bisa melanjutkan dan menjelaskan lebih lanjut dengan menggunakan kalimat sendiri.

Contohnya seperti ini Menulis memungkinkan Anda menyebarkan informasi melalui media kertas, buku, blog, dan lain sebagainya.


Berikan Contoh

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari

Jika hal di atas sudah dilakukan, maka Anda bisa melanjutkannya dengan memberikan contoh yang berkaitan dengan penjelasan yang telah disampaikan. Atau bisa juga menjelaskan tentang contoh kontra dari konsep yang dijelaskan.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya!

Lanjutkan dengan memberi contoh yang berkaitan dengan konsep yang sedang dijelaskan. Misalnya, ada penulis yang menyampaikan berita kepada masyarakat atau ada juga penulis yang menulis cerita fiksi yang bermanfaat untuk hiburan.


Mengilustrasikannya

4 Tips Membantu Anda Menjadi pembicara Luar Biasa - 4 Tips Sukses Menjadi Pembicara Profesional

Agar membuat para pendengar mengetahui dengan baik apa yang sedang disampaikan, maka Anda bisa menggunakan gambar, diagram, atau analogi yang berkaitan dengan konsep tersebut.

Agar penjelasan yang disampaikan semakin mudah dipahami oleh banyak orang, maka Anda bisa mengilustrasikannya dengan sebuah contoh.

Baca juga:4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Stand Up Comedian tentang Berbicara di Hadapan Banyak Orang 

Metode yang disampaikan di atas merupakan sebuah cara yang memudahkan Anda untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide dengan lebih mudah dan sederhana.

Atau dengan kata lain, metode di atas memungkinkan penyampaian ide melalui contoh yang mendukung konsep yang sedang dijelaskan atau pun contoh yang kontra.

Menggunakan cara di atas lebih memudahkan Anda untuk menjelaskan apapun kepada siapa saja dengan sederhana. Artinya, Anda tidak akan kesulitan untuk menyampaikan suatu informasi kepada banyak orang.

Selain menggunakan metode di atas, Anda bisa juga mengasah keterampilan berkomunikasi dan presentasi melalui pelatihan atau workshop.

Pelatihan yang Anda ikuti akan mengajarkan banyak teori tentang bagaimana cara mengkomunikasikan sesuatu dengan orang lain. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berlatih secara langsung di kelas dengan guru yang mengajar.

Hanya saja banyak orang yang tidak suka mengikuti pelatihan semacam ini, karena berpikir akan menguras banyak sekali anggaran dan pengeluaran.

Padahal ada cara yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelatihan dan pendidikan tanpa harus pusing dengan biaya yang memberatkan. Apakah itu?

KoinWorks memiliki sebuah produk bernama KoinPintar yang menawarkan fasilitas pinjaman dana pendidikan formal dan juga non-formal.

Prosesnya sangat sederhana, KoinPintar akan terlebih dahulu membayarkan biaya pendidikan ke lembaga yang akan diikuti.

Selanjutnya, Anda bisa membayar pinjaman yang telah diambil dengan cara mengangsur yang tersedia sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

KoinPintar juga menawarkan suku bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja kemudahan yang akan didapatkan, setiap beban dan bunga diinformasikan oleh KoinWorks secara transparan dan tidak ada yang ditutupi. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan cicilan yang tiba-tiba berubah atau bunga yang bertambah.

Hal yang penting untuk diingat adalah KoinPintar tidak hanya memfasilitasi pinjaman dana untuk pendidikan formal saja. Anda yang ingin mengikuti pendidikan non-formal seperti kursus, pelatihan, dan lain sebagainya bisa mengajukan pinjaman disini.

Dengan adanya kemudahan di atas, setiap warga Indonesia diharapkan bisa mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang lebih berkualitas. Pendidikan dan keterampilan yang lebih baik menjadi faktor yang bisa memajukan Indonesia di masa depan.

Kami berharap informasi di atas mengenai tahap menyampaikan ide bisa bermanfaat untuk Anda! Semoga menginspirasi!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​