Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Tips Membangun Brand yang Kuat untuk Bisnis Sepatu

Tips Membangun Brand yang Kuat untuk Bisnis Sepatu

·
4 menit
branding bisnis sepatu yang kuat

Sebagian besar orang lebih suka menyebut brand sepatu daripada jenis sepatu itu sendiri. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kamu mengetahui cara membuat brand sepatu semakin dikenal.

Jika brand sepatu kamu semakin dikenal, maka akan semakin banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba produk sepatu kamu.


Cara Membuat Brand Sepatu Semakin Dikenal Masyarakat

Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat brand sepatu kamu semakin dikenal oleh masyarakat luas:

1. Partnering

Kamu bisa mencoba untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain. Tujuannya adalah memperkenalkan brand sepatu kamu kepada calon pelanggan pada segmen pasar yang berbeda.

Bahkan, kamu dapat saling bertukar pelanggan bersama brand tersebut.

Selain itu, partnering juga strategi bagus untuk mencegah pelanggan merasa jenuh. Khususnya bagi bisnis kamu yang telah mempunyai karakter dan produk branding yang baik.

Jika kamu menggandeng brand lain, kamu dapat bereksperimen untuk memasarkan dan membuat produk yang limited edition.

2. Membuat Infografik

Infografik merupakan cara lain untuk membuat brand sepatu kamu semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Sekitar 65% warga dunia adalah tipe pembelajar visual. Sehingga, telah menjadi rahasia umum, bahwa banyak pengguna internet yang menyukai visual daripada teks.

Saat dipelajari lebih jauh, tampilan visual seperti infografik tidak hanya sekedar favorit banyak orang.

Tetapi juga memberikan dampak positif untuk pemiliknya. Sebuah website yang menampilkan suatu infografik dapat mendatangkan tambahan pengunjung sebanyak 12%.

Kamu bisa membuat website untuk brand sepatu milikmu, kemudian membuat suatu infografik dengan topik yang berhubungan dengan produk sepatu kamu.

Pastinya para pengguna internet akan lebih tertarik untuk mengunjungi website bisnis kamu dan semakin mengenal brand sepatu kamu.

3. Membuat Konten Rutin

Sebagian besar orang bergantung pada mesin pencari Google untuk menemukan konten yang mereka butuhkan. Beberapa di antaranya bisa jadi adalah calon pelanggan brand sepatu kamu.

Terbukti, perusahaan yang mempublikasi 16 blog post lebih per bulan dapat memperoleh lead 4,5 dan trafik 3,5 lebih banyak.

Jika kamu bandingkan dengan perusahaan yang mempublikasikan 0-4 post setiap bulannya.

Oleh karena itu, kamu perlu membuat konten yang menarik dan rutin untuk website kamu. Bisa berbentuk artikel, podcast, gambar, atau video yang berhubungan dengan sepatu.

4. Membuat Podcast

Podcast adalah fenomena baru di Indonesia. Keberadaannya mulai populer saat kemunculan aplikasi streaming seperti Spotify.

Jika kamu bandingkan dengan bentuk konten lainnya, podcast mempunyai banyak kelebihan.

Konten berupa audio ini dapat menggambarkan sisi yang lebih ramah untuk brand sepatu kamu. Sehingga, bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat brand sepatu kamu dikenal oleh calon pelanggan.

Jika kamu merasa berat untuk membuat konten podcast, kamu dapat bekerjasama dengan podcaster. Kemudian memintanya untuk menyebutkan brand sepatu kamu.

Pastinya kamu harus membayar sejumlah biaya untuk hal tersebut.

5. Sponsor

Sponsorship adalah cara umum untuk meningkatkan popularitas dari sebuah brand. Walaupun demikian, tidak semua pemilik bisnis sepatu berani menyisihkan modal untuk memberi sponsor terhadap suatu acara.

Pertimbanyannya tidak lain akibat sulitnya untuk menilai return of investment pada sponsorship.

Padahal, memberikan sponsor pada suatu event dapat menjadi langkah yang strategis demi menaikkan popularitas brand sepatu kamu. Terutama jika kamu menerapkannya di momen, target calon pelanggan, serta jenis acara yang tepat. 

Jika menerapkan sponsorship, kamu membawa promosi tersebut langsung ke hadapan para calon pelanggan sepatu kamu.

Kompetitor lain tidak dapat mengalihkan perhatian terhadap calon konsumen. Adanya deadline promo juga membuat calon konsumen ingin segera melakukan transaksi.

Tetapi, yang paling penting adalah menghadirkan perasaan dekat dengan para calon konsumen.

Kehadiran fisik melalui sponsorship pastinya lebih mampu menghadirkan impresi positif jika kamu bandingkan dengan kehadiran berbatas layar.

6. Referral Program

Sama seperti promosi mulut ke mulut, seperti itulah cara kerja dari referral programs. Kamu mempromosikan produk sepatu kepada teman, kerabat, atau saudara.

Cara ini dapat membuat brand sepatu kamu semakin dikenal banyak orang.

Tetapi, ada sedikit perbedaan antara promosi konvensional dengan referral programs. Promosi mulut ke mulut umumnya tidak melibatkan insentif untuk pihak yang mempromosikan sepatu kamu. 

Sedangkan referral harus memberikan insentif saat pengguna berhasil untuk mengajak orang lain membeli produk sepatu kamu.

Sehingga, program referral ini dapat memaksimalkan dan melengkapi keberhasilan dari promosi mulut ke mulut.

7. Review Pelanggan

Sekitar 91% pengguna internet berumur 18-34 tahun percaya dengan review online semacam rekomendasi dari orang terdekat.

Survei lain menunjukkan, sekitar 93% keputusan pembelian sangat berpengaruh dari review online. Sehingga, review pelanggan sangat berperan penting untuk meningkatkan popularitas brand sepatu kamu.

Jika kamu memiliki toko sepatu online, kamu dapat memberikan sejumlah poin atau cashback bagi pembeli yang me-review produk sepatu kamu.

Sehingga, para pelanggan akan semakin tertarik untuk memberikan penilaian terhadap produk sepatu kamu.

8. Mengadakan Kontes Berhadiah di Media Sosial

Cara lain untuk membuat brand sepatu kamu semakin dikenal, yaitu dengan menyelenggarakan challenge atau kontes pada platform media sosial.

Seperti halnya influencer marketing, strategi ini mampu meningkatkan reach, mention, serta engagement media sosial untuk brand sepatu kamu dalam waktu yang relatif singkat.

Tetapi, hal yang paling penting yang harus kamu lakukan adalah ketika kontes tersebut telah selesai. Sebagai pemilik bisnis sepatu, kamu juga harus mendesain strategi lanjutan dengan cara menggunakan mention, engagement, dan reach dari kontes tersebut.

Contohnya, kamu dapat memberikan kupon, benefit khusus, atau promo untuk semua peserta kontes.

9. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi promosi yang cukup populer sejak kehadiran aplikasi Instagram. Kamu dapat menjalin kerja sama dengan beberapa influencer agar mereka mempromosikan produk sepatu kamu.

Berbekal jumlah followers yang banyak dari akun selebgram tersebut, kamu dapat meningkatkan popularitas brand sepatu milikmu secara efektif pada segmen pasar yang spesifik.

Cara pemasaran ini akan sangat efektif kamu gunaakan saat merilis produk baru. Tingkat popularitas serta jangkauan luas seorang influencers mampu membuat brand sepatu kamu juga semakin dikenal banyak orang.

Tetapi, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan sebelum menerapkan influencer marketing. Kamu harus membuat konten yang banyak sebelum memasarkan brand sepatu kamu kepada influencer.

Selain itu, branding kamu secara internal juga wajib kamu perkuat. Maksudnya bentuk kehadiran pada platform media sosial, penyampaian nilai brand, serta logo yang konsisten.


Tertarik untuk Mencoba Menerapkan Cara Membuat Brand Sepatu Semakin Dikenal? Ini Saatnya!

Nah, seperti itulah 9 cara untuk membuat brand sepatu kamu semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Semoga bisa membantu proses pengembangan bisnis sepatu kamu untuk ke depannya. Karena, jika brand sepatu kamu semakin tinggi tingkat popularitasnya, maka angka penjualan sepatu juga akan semakin meningkat.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​