5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan – Kondisi keuangan yang buruk bisa membuat Anda berada pada titik kecemasan dan rasa takut.

Ketidakcukupan secara finansial akan membuat berbagai kebutuhan pokok, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal tidak bisa dipenuhi dengan baik. Alasan inilah yang menjadikan mengapa pengelolaan keuangan perlu dilakukan dengan bijak dan efektif.

Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat Anda terhindar dari hidup hanya dari gaji ke gaji saja dan memungkinkan untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Meskipun mencapai tujuan keuangan cukup sulit untuk dicapai, kami akan membagikan 5 langkah efektif yang akan membantu Anda mewujudkannya.

5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan

1Mulailah Melacak Pengeluaran Anda

3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini - keuangan sehat

Langkah pertama yang penting untuk Anda lakukan adalah melacak pengeluaran bulanan. Manfaatkan aplikasi pelacakan keuangan yang banyak tersedia untuk mencatat pengeluaran tersebut.

Baca juga: Lakukan 4 Kebiasaan Seorang Jenius Ini agar Anda Lebih Sukses!

Hal ini akan sangat sulit pada awalnya, namun Anda perlu melakukannya secara konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Dengan melacak pengeluaran setiap bulan, maka Anda bisa dengan mudah mengetahui dimana saja pemborosan terjadi dan mulai melakukan evaluasi untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu


2Membuat Rencana dan Mematuhinya

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai - Lakukan 7 Langkah Mencapai Tujuan yang Diinginkan - berpikir positif - berteman dengan kompetitor

Anda juga perlu membuat penganggaran untuk mengatasi ketidakpastian yang ditimbulkan oleh rencana keuangan.

Bagi Anda yang tidak terbiasa membuat anggaran, mengikuti rencana yang telah ditetapkan akan sangat sulit pada awalnya. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan Anda untuk berhenti membuat anggaran.

Jika Anda telah terbiasa dan melakukannya secara konsisten, maka mematuhi anggaran bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.


3Menjadikan Tabungan Sebagai Kebiasaan

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Anda tidak akan pernah mencapai kebebasan finansial, jika tidak memiliki kebiasaan menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan yang didapatkan.

Mulailah saat ini untuk menjadikan tabungan sebagai kebiasaan baik yang dilakukan setiap kali menerima pendapatan.

Anda juga bisa mencari berbagai cara yang memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak uang di dalam tabungan.

Baca juga: 3 Langkah yang Akan Membantu Anda Menjadi Seorang Pemimpin Karismatik

Misalnya saja, tidak membiasakan diri untuk makan di luar dan memilih untuk membawa makanan dari rumah dan membuatnya sendiri.

Atau saat akan berbelanja, pastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik atas barang yang akan dibeli dengan menggunakan diskon atau manfaat lainnya.


4Pilihlah Instrumen Investasi dengan Bijak

rahasia keuangan orang terkaya - keuangan berdasarkan zodiak - orang terkaya di indonesia

Saat Anda akan memilih instrumen terbaik sebagai tempat berinvestasi, ada banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan.

Mulai dari kapasitas Anda dalam berinvestasi, pengalaman dalam berinvestasi, dan juga  jumlah dana yang bisa disisihkan.

Jika Anda memiliki dana yang terbatas dan pengetahuan investasi yang minim, maka saham dan properti bukanlah pilihan investasi yang bijak untuk dilakukan saat ini.

Belum lagi, jika Anda ingin segera mendapatkan hasil investasi sekitar 1 sampai 2 tahun setelah memulai.

Salah satu pilihan yang bisa Anda jatuhkan adalah dengan berinvestasi di peer to peer lending yang ditawarkan oleh KoinWorks.

Melalui platform ini, Anda bisa berinvestasi pada usaha atau bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan atau individu.

Dana untuk memulainya juga sangat rendah yaitu hanya sekitar Rp100.000 saja. Dana tersebut hampir sebagian besar masyarakat Indonesia bisa memenuhinya.

Hal yang menarik dari investasi ini adalah imbal hasil yang akan didapatkan mencapai 21.32% per tahun dan itu artinya tingkah imbal hasil berada di atas laju inflasi saat ini.

Tertarik menggunakannya?


5Memanfaatkan Bunga-Berbunga dengan Baik

arus kas - keuangan bisnis - cashflow perusahaan

Albert Einstein pernah berkata bahwa salah satu keajaiban di dunia adalah bunga majemuk atau bunga-berbunga.

Jadi, pastikan Anda memanfaatkan hal ini untuk semakin mendekati tujuan keuangan yang diinginkan di masa depan.

Salah satu caranya adalah dengan mulai berinvestasi lebih awal dan tidak menundanya. KoinWorks menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan bunga majemuk dan mendapatkan manfaat optimal dari investasi yang dilakukan.

Baca juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Kami berharap pembahasan di atas memberikan pencerahan untuk Anda semua dalam hal mencapai tujuan keuangan dan mendapatkan manfaat maksimal dari investasi yang sedang dilakukan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.