Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Dari Bank

Tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhannya apalagi jika mendesak. Hal ini tentu saja sebuah masalah bagi banyak orang karena menggunakan tabungan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak.

Pinjaman modal dari lembaga keuangan menjadi pilihan banyak orang. Hanya saja tidak mudah untuk mendapatkan dana pinjaman dari lembaga keuangan mengingat banyak syarat yang harus dipenuhi terlebih jika penghasilan Anda tidak tetap, maka pihak bank juga tidak akan memebrikan modal.

Nilai jaminan yang tidak layak pun bisa menjadi kendala besar bagi Anda. Meski demikian, banyak juga pihak bank yang berlomba-lomba untuk mencari nasabah yang mau menggunakan kredit dari produk yang disediakan dengan syarat mudah sehingga masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan suntikan dana.

Banyak cara untuk mendapatkan pinjaman baik dari lembaga keuangan manapun dengan menggunakan beberapa tips ampuh sebagai berikut:

1.

Ketika Anda akan melakukan penandatanganan surat perjanjian kredit, Anda harus melihat kembali sukus bunga rate yang diberikan dan diberlakukan dengan BI persis sebelum menandatanganinya karena hal itu akan mencegah informasi yang Anda peroleh sesuai dengan yang tertera di dalam surat.

Bila yang tertera ternyata berbeda dengan apa yang disampaikan oleh petugas, maka Anda berhak untuk bertanya sehingga perhitungan Anda cocok dengan data peminjaman tersebut.

Bunga yang telah ditetapkan oleh BI sebagai pihak bank utama yang mengepalai bank lain di seluruh Indonesia tidak bisa dinegosiasikan dan sifatnya berubah-ubah.

Hanya saja Anda akan tetap membayar bunga yang berlaku saat itu. Jika Anda menilai bunga masih dalam kondisi wajar, maka Anda bisa meneruskannya untuk melakukan peminjaman.

  • Bila ternyata Anda telah terlanjur untuk mendapatkan tingkat suku bunga peminjaman yang tinggi setelah melakukan pengajuan sementara bunga saat ini telah menurun, maka cobalah untuk mengajukan keringanan dari pihak bank guna menyamakan suku bunga pertama dengan suku bunga yang sekarang telah turun sehingga Anda akan memperoleh keringanan dan tidak terbebani ketika harus membayar biaya tersebut.
  • Selain mengecek semua berkas pengajuan sekaligus kebijakan peminjaman dari pihak bank, Anda juga perlu menjaga hubungan baik dengan pihak bank baik sebelum disetujui maupun setelah permintaan Anda disetujui. Janganlah Anda hanya baik ketika mengajukan kredit dan setelah Anda mendapatkannya, maka Anda akan putus hubungan dengan pihak bank atau hanya berhubungan ketika membayar pelunasan kredit. Menjaga hubungan baik disini dapat membuat Anda lebih mengetahui seluk beluk sekaligus informasi tentang hal perbankan termasuk juga tingkat suku bunga  kredit termasuk juga dengan kemudahan atau fasilitas yang mungkin Anda peroleh sebagai orang yang meminjam dana.
  • Cobalah untuk sering membaca atau mencari banyak informasi tentang perbankan khususnya suku bunga pinjaman yang sedang ditetapkan oleh Bank Indonesia saat ini. Selain mencarinya di internet ataupun suku bunga di televisi, ada baiknya untuk tetap menjaga komunikasi dengan pihak bank yang telah menyediakan kredit untuk Anda sehingga terjalin hubungan komunikasi yang lancara serta harmonis. Mengapa demikian? Semakin harmonisnya hubungan pihak bank dengan Anda, maka keringanan pasti bisa diperoleh sehingga cukup menguntungkan bagi Anda dalam menjalankan usaha ataupun menutupi kebutuhan hidup yang lainnya.

 

Saat ini banyak pula cara untuk memperoleh kredit dengan mudah sekaligus praktis melalui situs kredit online yang tersedia di internet. Cara ini dianggap yang terbaik daripada menghabiskan waktu menuju lembaga keuangan baik bank maupun pegadaian karena situs ini dapat diakses dari mana saja. Hampir semua situs kredit yang disediakan berisi mengenai pinjaman mulai dari KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, KKB atau Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Multiguna, KTA dan sebagainya dengan informasi lengkap sehingga cara konvensional mulai ditinggalkan perlahan. Pengajuannya pun sering dilakukan dengan online dan pihak terkait akan memberikan apliaksi pengajuan pinjaman yang perlu diisi setelah itu Anda kirim balik dan hanya tinggal menunggu kabar.

 

Dengan mengetahui beberapa tips untuk mendapatkan pinjaman modal, maka Anda bisa membuat keputusan dengan baik dalam melakukan peminjaman sekaligus menggunakan cara tepat untuk meminjam uang tanpa repot.

Dapatkan berbagai informasi seputar Tips & Trik lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Noviyanto Ewanjaya

Noviyanto Ewanjaya

Head of User Experience for KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.