Jepang. Siapa yang tidak tahu negara ini? Bangsa yang dikenal sebagai bangsa pekerja keras ini memang pernah menjadi jawara di era Perang Dunia II. Jepang berhasil mengusir Belanda dari bumi pertiwi, meski akhirnya setelah kalah perang Belanda kembali menjajah Indonesia. Negeri yang terkenal dengan teknologinya ini memang menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia selain Amerika dan China. Berbagai produk Jepang masuk ke berbagai negara dan rata-rata semuanya diserap oleh pasar. Di negeri kita sendiri produk Jepang yang laris manis adalah mobil dan motor. Tidak heran kalau Jepang lalu berinvestasi dengan membangun pabrik di Karawang. Sementara di bidang teknologi lainnya merek-merek asal negeri Sakura ini juga cukup dikenal luas oleh konsumen Indonesia.

Banyak ilmuwan lokal yang ingin belajar ke Jepang. Sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan, kuliah di Jepang memang memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas diri seseorang, baik karena sistem pendidikannya itu sendiri maupun karena lingkungan yang membentuknya. Bila seseorang terbiasa bekerja dengan mereka yang workaholic, tentu lama kelamaan akan terbawa. Sementara bagi para pelancong, Jepang merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi negara ini punya sejarah khusus dengan bangsa Indonesia sehingga tidak heran banyak juga percikan sejarah Indonesia yang ada di negeri Kaisar Hirohito itu.

Kalau Anda berencana untuk berwisata ke Jepang, perlu dipertimbangkan terlebih dulu bahwa Jepang adalah negara tujuan wisata yang mahal. Tokyo, ibukota negara ini, sudah dikenal sebagai kota yang biaya hidupnya sangat tinggi. Namun demikian, jangan lantas mengurungkan niat untuk ke sana. Karena yang disebut mahal itu pun sebenarnya relatif jika kita membandingkan apa yang diterima. Dan Anda tidak perlu buru-buru mengajukan kredit multiguna karena merasa khawatir dana yang dimiliki tidak cukup untuk berwisata.Β  Anda masih bisa menekan biaya dengan melakukan hal-hal berikut.

Beli tiket promo

Ini adalah cara paling β€œmanual” yang bisa Anda lakukan. Biasanya promo-promo tiket murah sangat cepat durasi waktunya. Kalau beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket pulang pergi di bawah empat juta rupiah. Cukup murah, bukan? Bisa juga memilih penerbangan murah, namun tentu selama perjalanan tidak ada makanan atau hiburan yang disediakan oleh maskapain. Namun kalau Anda sudah mempersiapkan sendiri dengan camilan, buku, komik, game atau lainnya, maka perjalanan juga tidak membosankan.

Sebelum membeli tiket pesawat, tentu Anda harus mengurus visanya terlebih dulu. Dan biaya visa ke Jepang tidaklah mahal, hanya sekitar 300 ribu rupiah. Setelah itu, baru anggarkan biaya akomodasi selama perjalanan di sana. Kalau Anda berencana pergi dua bulan lagi, segera melakukan pemesanan untuk penginapan karena akomodasi yang murah dan nyaman cepat sekali disewa oleh turis lain. Dan tentu jangan sampai Anda mengajukan kredit multiguna hanya untuk menginap di tempat yang mewah. Hostel bisa juga dijadikan pilihan dibandingkan hotel. Selain lebih murah, pilihan untuk tidurnya pun ada berbagai macam, salah satunya adalah ruang tradisional dengan tatami dan futon. Dan fasilitas standar seperti wi-fi, AC dan air hangat juga tersedia di hostel sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Untuk perjalanan di dalam kota, ketimbang naik taksi, lebih baik pakai bus saja. Tiketnya sangat murah, hanya 500 yen atua sekitar 50 ribu rupiah. Di kota seperti Kyoto atau Osaka, halte bus atau stasiun kereta sangat berdekata sehingga turis hampir-hampir tidak perlu naik taksi yang memang sangat mahal. Jika ingin sedikit berolahraga, bisa juga menyewa sepeda namun Anda harus menguasai wilayah-wilayahnya agar tidak kesasar. Selain itu tentu Anda harus mahir berbahasa Jepang.

Jika tahun depan Anda berencana ke Jepang, ada baiknya Anda menabung dari sekarang kalau ingin perjalanan Anda bebas dari kekhawatiran karena kekurangan uang.Β  Untuk terus menciptakan passive income agar penghasilan Anda terus mengalir sehingga bisa berwisata kemanapun Anda inginkan, ada baiknya Anda berinvestasi pada bisnis-bisnis yang menguntungkan. Carilah bisnis yang prospektif di platform peer to peer lending KoinWorks yang sudah memilih data pengusaha yang cukup banyak. Anda bisa memilih dan menanamkan investasi di sana dengan profit yang lebih menguntungkan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.