Bisnis UKM memang bisa dikatakan sangat menjanjikan. Saat ini, bisnis UKM sudah sangat membludak. Banyak mantan karyawan yang akhirnya banting stir menjadi seorang pengusaha UKM. Banyak juga yang mengatakan investasi yang paling menguntungkan salah satunya dengan menanamkan modal pada sektor riil seperti UKM. Jika Anda juga tertarik pada investasi di bisnis UKM memang tidak ada salahnya. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sehingga Anda tidak akan menyesal.

Tingkat keuntungan

Setiap investor, pastinya menginginkan untuk mendapatkan keuntungan yang  besar dari setiap dana yang dia investasikan. Namun, ketika Anda menyalurkan dana di bisnis UKM, Anda tidak bisa berharap terlalu banyak dengan keuntungan yang memang tidak banyak. Hal ini tergantung dari jenis produk UKM itu sendiri. Jika produk yang dijual memiliki harga yang murah dengan tingkat keuntungan sedikit seperti bisnis makanan ringan, maka sebagai investor Anda tidak bisa memaksakan kehendak untuk mendapatkan untung yang besar.

Hal ini karena dalam bisnis UKM, modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Selain itu, keuntungan yang diambil oleh bisnis skala UKM masih terbilang rendah karena memang menyesuaikan dengan pasar mereka, kelas menengah ke bawah. Oleh sebab itu, pada bisnis UKM, keuntungan yang didapat paling tidak bisa membuat bisnis tetap bertahan walau keuntungan yang didapat sedikit. Pastinya, hal ini tergantung dari jenis bisnis yang dijalankan, manajamen, marketing dan lain-lain.

Pasar dan Pertumbuhannya

Jika dilihat, pasar UKM memang tidak besar layaknya perusahaan besar. Pasar UKM lebih pada kelas menengah ke bawah. Oleh sebab itu, penjualan yang didapat juga tidak bisa dipastikan dengan nominal yang besar. Hal ini dikarenakan tingkat atau minat dan daya beli kelas menengah ke bawah yang tidak terlalu besar karena memang mereka memiliki gaya hidup yang tidak terlalu royal. Berbeda dengan kalangan atas yang selalu ingin memenuhi kebutuhan sekundernya. Oleh sebab itu, perhatikan betul siapa pasar bisnis UKM yang dijalankan.

Selain melihat pasarnya, sebaiknya investor juga melihat pertumbuhan pasar tersebut. Tidak masalah jika pasarnya adalah kelas menengah kebawah selagi pertumbuhan pasar semakin banyak. Pertumbuhan pasar disini maksudnya adalah jumlah pasar semakin meningkat yang berarti keuntungan bisa berlipat-lipat. Jika jumlah pasar tidak ada peningkatan, maka investor harus waspada. Hal ini karena bisnis UKM tersebut berada di posisi stagnan yang akan mengarah pada penurunan dan bisa saja bankrut. Oleh sebab itu, investor harus melihat lebih jeli tentang kondisi pasar dan pertumbuhannya.

Strategi marketing

Tidak dipungkiri jika bisnis UKM juga bisa sangat menguntungkan ketika dijalani dengan manajemen yang bagus serta strategi marketing yang apik. Strategi marketing bahkan menjadi ujung tombak bagaimana bisnis UKM bisa maju dan berjalan. Sebagai investor, strategi marketing adalah faktor dimana Anda akan mendapatkan keuntungan atau tidak. Jika strategi marketing bagus, maka penjualan akan meningkat dan mampu bersaing dengan kompetitor lain yang bergerak di bisnis yang sama.

Salah satu strategi marketing disini adalah inovasi. Banyak bisnis UKM yang pada awal karirnya memiliki berbagai inovasi untuk menunjukkan kepada konsumen tentang produk baru mereka. Namun, setelah bisnis berjalan, inovasi ini bisa berhenti karena beberapa alasan dari mulai tidak berani mengambil resiko, tidak ada ide bahkan sampai kekhawatiran akan kehilangan pelanggan atau justru merasa sudah puas dengan kondisi saat ini. Jika demikian, maka cepat atau lambat bisnis tersebut bisa bangkrut karena tidak adanya inovasi.

Masih banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti melihat karakter pemiliki bisnis UKM tersebut. Apakah pemilik bisnis tersebut mudah diajak kerjasama, mudah diajak maju, senang dengan tantangan atau justru sebaliknya. Tentunya, karakter pemiliki bisnis tersebut juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan selain tiga faktor diatas. Selain berinvestasi langsung kepada UKM yang bersangkutan, saat ini sudah banyak platform yang bisa anda pilih sebagai tempat investasi pada bisnis UKM sehingga menjadi investasi yang paling menguntungkan bagi Anda. Hal ini mengingat geliat pasar UKM yang juga semakin bagus pada umumnya. Anda harus benar-benar dengan jeli melihat kondisi ini.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.