Banyak orang yang tergiur akan adanya kredit tanpa agunan yang ditawarkan oleh pihak bank apalagi tidak dibutuhkan adanya jaminan apapun untuk memperoleh suntikan dana dengan mudah. Hanya saja, meminjam KTA bukanlah perkara yang mudah apalagi seringkali ditemukan berbagai macam kesalahan-kesalahan para peminjam KTA yang bisa beresiko fatal apabila tidak segera diatasi atau diketahui cara penyelesainnya.

Kesalahan-Kesalahan Para Peminjam KTA yang Sering Dilakukan

Alih-alih mampu memanfaatkan dana KTA dengan baik, namun banyak orang terjebak pada kesalahan-kesalahan para peminjam KTA sebagai berikut:

  • Tidak berpikir dengan baik ketika meminjam

Kesalahan utama yang paling sering dilakukan seseorang adalah tidak berpikir dengan jernih dan baik ketika hendak meminjam dana KTA. Bahkan tak sedikit orang yang meminjam dana KTA untuk keperluan yang sebenarnya tidak begitu penting sama sekali dan bukan demi kebutuhan mendesak. Sebagai contoh yang paling sederhana adalah Anda meminjam uang di bank tanpa jaminan karena ada seorang teman yang mengatakan diri Anda semakin gemuk sehingga Anda meminjam dana untuk melakukan berbagai macam hal demi membuat tubuh menjadi lebih kurus kembali seperti operasi penyedotan lemak, mengikuti kelas fitness dan juga berbagai macam bentuk olahraga lainnya. Padahal sebuah pinjaman ditujukan untuk menutupi suatu kebutuhan mendesak yang tidak terduga dan datangnya tiba-tiba seperti sakit parah, biaya pendidikan tambahan dan sebagainya. Oleh sebab itu, pikirkan dengan benar tujuan dari peminjaman dana tersebut.

  • Tidak adanya rencana jangka panjang

Jika melakukan pinjaman tanpa adanya rencana, maka Anda bisa terkena masalah karena harus terlilit hutang untuk bisa melunasi hutang pada bank. Bila Anda meminjam dana secara impulsif, maka Anda tidak akan merencanakan dengan matang kondisi finansial keuangan Anda untuk jangka panjangnya. Banyak sekali yang tidak memikirkan hal ini dan lebih memilih untuk meminjam tanpa adanya rencana jangka panjang untuk keuangan Anda sehingga banyak orang yang harus terbebani dalam melunasi hutang KTA yang berjangka pendek. Ingatlah jika Anda memiliki berbagai macam finansial yang harus dilakukan seperti pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga, membeli sembako untuk makandan berbagai macam kebutuhan lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengajukan pinjaman, maka sebaiknya pikirkan nasib untuk masa depan dan juga bagaimana Anda akan membayar hutang tersebut.

  • Kelengkapan dokumen yang kurang

Meminjam uang pada lembaga keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan walaupun KTA tidak membutuhkan jaminan apapun. Namun prosedurnya pun juga harus dilakukan bertahap. Anda harus benar-benar meyakinkan pihak bank bila Anda memang sanggup untuk melunasi semua hutang beserta bunga KTA yang cukup tinggi. Seringkali peminjam tidak menyerahkan dokumen yang lengkap sehingga harus bolak balik untuk mengurusnya. Dokumen yang tidak lengkap hanya akan menghambat proses pencairan ataupun persetujuan dana KTA yang Anda minta. Selain itu, Anda juga akan rugi waktu sekaligus tenaga karena bolak balik menuju rumah dan bank. Pastikan sebelum mendaftar Anda telah memenuhi dan membawa semua persyaratan yang diminta sehingga proses pengurusan pengajuan KTA bisa lebih cepat.

  • Tidak jujur demi memperoleh dana

Satu syarat yang wajib untuk dipenuhi adalah kejujuran. Dalam melengkapi ataupun mengisi formulir pengajuan dana kredit, Anda dituntut untuk jujur dan mengungkapkan semua hal mengenai kondisi Anda sejujur-jujurnya. Seringkali hal ini dilupakan oleh pihak peminjam demi memperoleh dana dengan mudah dan nominal yang diinginkan. Hanya saja, perlu diketahui jika ketidakjujuran akan menyebabkan Anda berurusan dengan jalur hukum karena dianggap menipu atau melakukan pemalsuan. Apalagi jika Anda sampai menggunakan cara licik dengan memalsukan data orang lain atau berperan sebagai orang kaya yang bisa melunasi hutang dalam waktu cepat sehingga dapat memperoleh dana KTA yang tinggi. Bila petugas bank bertanya mengenai semua kondisi keuangan Anda secara nyata, maka sebaiknya ungkapkanlah dengan jujur agar tidak bermasalah di kemudian harinya. Berbohong mengenai hutang akan membuat Anda mengalami kesusahan di kemudian harinya.

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan para peminjam KTA yang sering dilakukan, maka diharapkan hal ini akan menjadi sebuah pembelajaran untuk Anda supaya lebih bijak dalam mengajukan pinjaman baik menggunakan agunan maupun bukan agunan.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.