Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta – Bagi pekerja yang hanya memiliki gaji di kisaran Rp4 juta, mungkin masih beranggapan bahwa memiliki rumah adalah suatu hal yang mustahil.

Hal ini biasanya disebabkan karena melihat tren harga rumah yang selalu naik setiap tahunnya, sehingga banyak orang yang khawatir untuk bisa memiliki rumah. Padahal, jika kita pandai mengelola gaji yang diterima, memiliki hunian sendiri bukan lagi sekedar angan-angan.

Baca juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Anda Beli Rumah!

Nah, untuk Anda yang saat ini berstatus sebagai karyawan yang memiliki gaji di kisaran Rp4 juta, yuk ikuti tips di bawah ini agar Anda bisa segera membeli rumah!


Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

1Menabung di Awal Gajian

nabung-hemat-uang-irit-atur-budget

Menabung adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Tujuannya adalah  mengumpulkan modal awal untuk membayar uang muka (DP).

Baca juga: Ini Dia Alasan Mengapa Milenial Sulit Punya Rumah

Perlu Anda ingat bahwa saat ingin menabung maka menabunglah di awal gajian, jangan malah menabung dari sisa gajian. Sebab biasanya jika orang menabung dengan mengandalkan sisa gaji, uang yang disetorkan ke tabungan akan selalu fluktuatif tergantung dari kondisi keuangan Anda saat itu.

Anggaplah dalam satu bulan Anda menabung sebesar 20% dari gaji, setelah itu Anda bisa mengukur berapa lama waktu yang diperlukan untuk membayar uang muka rumah yang biasanya berkisar di angka 15% dari total harga rumah tersebut.


2Jangan Berutang

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Satu yang harus menjadi catatan untuk Anda saat memutuskan untuk membeli rumah adalah jangan berutang untuk hal lain. Pastikan diri Anda sedang tidak memiliki cicilan saat akan membeli rumah.

Ini menjadi penting agar gaji Anda tidak dialokasikan ke cicilan utang yang lain sementara Anda juga memiliki kewajiban untuk membayar cicilan rumah Anda nantinya. Jika masih memiliki utang, maka lunasi dulu utang yang ada agar tidak menjadi beban setelahnya.


3Alokasikan untuk Kebutuhan Bulanan

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Kebutuhan bulanan adalah hal yang harus Anda penuhi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengalokasikan uang Anda ke pos lainnya. Prioritaskan kebutuhan Anda sehari-hari seperti kebutuhan transpor dan makan sehari-hari, kemudian dilanjutkan ke kebutuhan berikutnya.

Sementara untuk pengeluaran yang bersifat hiburan, Anda harus menempatkannya setelah gaji Anda dialokasikan untuk membeli rumah impian. Dengan begitu, tujuan anggaran setiap bulan akan lebih jelas dan terukur dengan baik.

Baca juga: Jangan Cuma Beli Rumah sebagai Tempat Tinggal, Ini 3 Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan!


4Tentukan Patokan Harga

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Sebelum memutuskan membeli rumah, Anda harus menentukan patokan harga rumah yang sanggup Anda beli nantinya. Jangan termakan gengsi dan mengikuti ego Anda untuk membeli satu hunian yang memiliki harga di luar kemampuan membayar Anda.


5Mulai Investasi

Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Untuk menambah pemasukan, Anda bisa mulai berinvestasi untuk membantu mewujudkan memiliki rumah idaman. Anda bisa mulai dengan investasi pada emas, reksa dana, atau Peer-to-Peer Lending seperti di KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Lalu bagaimana keuntungannya? tenang, KoinWorks menawarkan imbal hasil hingga 21,32%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja.


6Ketahui Besar Cicilan

Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas jika Uang Terbatas?

Jika gaji Anda hanya di angka Rp4 juta, maka besar cicilan yang harus Anda keluarkan tidak boleh lebih dari 30% (Rp1,2 juta). Tujuannya adalah agar biaya untuk kehidupan sehari-hari Anda tidak terganggu.

Selain itu, besaran cicilan tiap bulan juga dapat Anda perkecil lagi dengan memilih masa cicilan yang lebih lama, semisal 20 atau 30 tahun. Meski terasa lama sekali, namun kewajiban angsuran setiap bulan mampu dibayarkan.


7Siapkan Dana Tidak Terduga

dana-darurat-emergency-fund-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - cara membeli mobil

Selain memenuhi kewajiban cicilan dan kebutuhan hidup setiap bulan, Anda juga perlu menyediakan dana darurat yang dananya dialokasikan secara terpisah. Besarnya dana darurat ini standarnya 5-10% dari gaji total.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Dana ini bisa Anda gunakan dalam kondisi tak terduga atau kejadian mendadak, sehingga tidak akan mengganggu dana tabungan Anda untuk membeli rumah.

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan walaupun gaji Anda hanya Rp4 juta saja. Selamat mencoba!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.