6 Tips Sukses Bisnis Parcel Lebaran di Bulan Ramadan. Wajib Coba!

Bisnis Parcel Lebaran: Tips Sukses

Bisnis parcel lebaran merupakan salah satu pilhan ide bisnis yang bisa dicoba untuk meraup keuntungan dibulan ramadhan. Bisnis parcel lebaran, memang menjadi peluang menguntungkan dan bisa menjadi penghasilan tambahan.

Bisnis ini nyatanya mampu mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Bisnis parcel Lebaran di 2024 menawarkan potensi yang besar bagi para pelaku usaha yang ingin meraih sukses di tengah persaingan yang semakin ketat.

Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis parcel Lebaran, diperlukan strategi yang matang dan terencana. Penasaran bagaimana caranya?

Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Apa itu Bisnis Parcel Lebaran?

Sebelum memulai bisnis parcel Lebaran, penting untuk memahami secara menyeluruh apa itu bisnis parcel lebaran dan potensi pasar yang ada.

Bisnis parcel Lebaran adalah usaha yang mengemas berbagai produk dalam satu paket untuk dijadikan hadiah selama musim Lebaran.

Parcel ini dapat berisi berbagai macam produk, mulai dari makanan ringan, kue kering, bahan pokok, hingga produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Baca juga: 5 Ide Jualan Takjil yang Menguntungkan Selama Bulan Puasa

Tips Sukses Bisnis Parcel Lebaran

1. Tentukan Modal dan Lakukan Riset Pasar 

Langkah awal yang wajib kamu persiapkan jika ingin membuat bisnis parcel Lebaran adalah dengan menentukan berapa modal yang harus kamu dipersiapkan. Lalu, tentukan juga, bagaimana kamu akan menjual parcel tersebut.

Apakah pembeli boleh memilih sendiri isi dari parcel yang hendak dibuat? Jika iya, berarti kamu harus memperhitungkan berapa harga keranjang, plastik, hiasan, serta isi parcel tersebut.

Atau, apakah kamu hanya akan menjual parcel yang sudah dipaket? Jadi, kamu akan menjual parcel Lebaran dengan 3 ukuran: kecil, sedang, besar.

Tentukanlah segera  sebab hal tersebut akan mempengaruhi besarnya modal yang harus kamu keluarkan.

Baca Juga: 20 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Menguntungkan

2. Temukan supplier yang tepat

Lakukan riset soal supplier parcel Lebaran yang menawarkan harga murah, tetapi tetap memiliki kualitas baik.

Kemudian, apabila saat ini kamu belum memiliki modal yang cukup untuk merintis bisnis parcel Lebaran, kamu juga bisa mencari supplier yang memungkinkan kamu untuk membayar dengan metode cicilan atau bertahap.

Hal ini pun akan memudahkan kamu untuk membuat arus kas bisnis tetap lancar. Lalu bagaimana cara mencari supplier tepat?

Baca juga: Tips Memilih Supplier untuk Bisnis

3. Tentukan Siapa Pembelinya

Mau bisnis parcel Lebaran laris manis? Kamu juga harus tahu siapa target pembeli produk kamu.

Biasanya, parcel banyak dibeli oleh orang-orang atau perusahaan yang ingin mengirimkan parcel tersebut kepada kolega kerja, kerabat, atau keluarga yang merayakan Idulfitri.

Maka dari itu, saat memasarkan parcel Lebaran nanti, kamu bisa menyasar perusahaan-perusahaan. Atau setidaknya, coba mulai tawarkan produk parcel Lebaran kamu kepada orang-orang terdekat.

4. Promosikan Bisnis Parcel Lebaran Kamu

Zaman sekarang, sebenarnya tidak sulit untuk mempromosikan bisnis parcel Lebaran. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk kamu kepada orang lain.

Kemudian, kamu juga bisa beriklan di media sosial agar bisnis kamu mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Tidak lupa, tawarkan juga parsel Lebaran kreasi kamu kepada orang-orang terdekat.

Minta mereka untuk menyebarkannya lagi kepada kenalan-kenalan yang lain!

Ya, di sinilah prinsip mouth-to-mouth bekerja.

5. Buatlah Parcel Lebaran Berbeda Dari yang Lain

Parcel Lebaran yang banyak dijual di pasaran saat ini adalah parcel Lebaran yang biasanya berisi makanan dan minuman.

Nah, supaya produk kamu memiliki nilai plus, mengapa tidak berinovasi dan membuat parcel Lebaran yang berbeda dari yang lainnya?

Misalnya, parcel Lebaran kali ini berisi makanan dan minuman sehat, berisi buku-buku bacaan selama libur Lebaran, atau bertema rustic.

Bisa juga, kamu memberikan bonus kartu ucapan Ramadan untuk setiap pembelian parcel Lebaran agar pembeli lebih tertarik dengan produk kamu.

Baca juga: 13 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil

6. Memastikan Pengiriman Tepat Waktu

Pengiriman tepat waktu adalah hal yang penting dalam bisnis parcel Lebaran.

Kerjasama dengan jasa pengiriman terpercaya dan memperkirakan waktu pengiriman dengan akurat dapat membantu memastikan kepuasan pelanggan.

Sudah Siap Memulai Bisnis Parcel Lebaran?

Itulah dia  tips sukses menjalankan bisnis parcel Lebaran. Bisnis parcel Lebaran 2024 menawarkan potensi yang besar bagi para pelaku usaha yang ingin meraih sukses.

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, mengelola persediaan dengan baik, memberikan pelayanan pelanggan yang baik, dan memanfaatkan teknologi terkini, kamu dapat mencapai kesuksesan dalam bisnis parcel Lebaran kamu.

Apabila kamu bisa menjalankan strateginya dengan benar, bersiaplah untuk meraih keuntungan yang tidak sedikit!


KoinWorks hadir untuk memberikan tambahan modal usaha untuk membantu bisnis kamu. Pinjaman modal usaha KoinBisnis dari KoinWorks, ingin membantu kamu mengembangkan bisnis parcel Lebaran kamu menyediakan pinjaman usaha hingga Rp2 miliar dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan!

Selain itu, KoinWorks sebagai Super Financial App, telah tercatat sebagai penyelanggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) dalam klaster Aggregator di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat pencatatan No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.