5 Ide Jualan Takjil yang Menguntungkan Selama Bulan Puasa

ide jualan takjil dibulan puasa

Jualan takjil di bulan puasa merupakan salah satu momen yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bulan puasa telah tiba dan bukan hal yang aneh lagi jika takjil adalah salah satu yang paling dicari untuk berbuka puasa. Selama bulan puasa biasanya banyak sekali banyak sekali jenis menu takjil yang dijajakan para pedagang makanan terutama pada saat menjelang buka puasa.

Jualan Takjil di Bulan Puasa

Bulan puasa adalah waktu di mana permintaan akan makanan dan minuman khusus meningkat secara signifikan. Dengan memiliki ide jualan takjil yang menarik, kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis yang besar.
Selain itu, memasarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di bulan puasa dapat meningkatkan keuntungan secara substansial. Untuk mengembangkan ide jualan takjil yang sukses, penting untuk tetap up-to-date dengan tren konsumen. Melakukan inovasi dengan bahan-bahan lokal dan menciptakan produk yang mudah dijual dan dimakan dapat menjadi kunci kesuksesan.

5 Ide Jualan Takjil di Bulan Puasa

Berikut contoh ide jualan takjil yang bisa kamu coba selama bulan puasa agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Kolak Pisang dan Ubi

ide jualan takjil kolak

Kolak adalah takjil yang sangat identik dan salah satu yang paling dicari untuk hidangan berbuka puasa.

Untuk membuat kolak pisang bahan yang dibutuhkan sangatlah sederhana dan mudah dicari.

Kamu hanya perlu mempersiapkan satu sisir pisang kepok Rp30.000, 1/2 kg ubi Rp5.000, santan Rp7.000, gula pasir secukupnya, daun pandan untuk menghasilkan sekitar 10 porsi kolak pisang.

Modal yang dibutuhkan tidak sampai Rp50.000 dan kolak pisang ini dijual dengan harga sekitar Rp10.000 perporsinya. Untung yang didapat untuk 10 porsi kolak pisang saja sekitar Rp58.000.

2. Jualan Aneka Jajanan Gorengan

ide jualan takjil gorengan

Siapa yang tidak suka dengan gorengan, gorengan juga sering dijadikan menu pembuka favorit saat bulan puasa.

Menjajakan gorengan tak kalah menguntungkan, tentunya dengan modal yang sedikit dan mudah cara pembuatannya.

Jenis gorengan yang dapat kamu jual seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, martabak goreng mini. Empat menu gorengan ini adalah yang paling banyak dicari oleh para pemburu takjil.

Untuk satu buah gorengan saja dijual sekitar Rp2.000 dengan modal pergorengan tidak sampai Rp1.000. Menarik bukan!

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Parcel Lebaran

3. Jualan Es Buah Segar

ide jualan takjil es buah

Bayangkan saja, untuk segelas es buah saja kamu tidak membutuhkan modal besar namun untung yang didapatkan cukup menggiurkan.

Yang diperlukan hanyalah buah-buahan segar seperti melon, semangka, daging kelapa, kemudian agar-agar, kental manis dan sirup.

Buah-buahan perkilonya diperkirakan sekitar Rp15.000, agar-agar instan sekitar Rp5.000, kental manis sekitar harga Rp20.000, sirup satu botol Rp17.000.

Modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp72.000 dan dapat menghasilkan sekitar 25 porsi es buah.

Satu gelas es buah dijual dengan harga Rp10.000, keuntungan yang didapatkan pergelasnya sekitar Rp7.120. Dengan menjual 25 porsi saja kamu dapat menghasilkan sekitar Rp178.000.

Baca juga: Ide Jualan di Bulan Puasa Modal Kecil Menguntungkan


4. Jualan Kolak Biji Salak

ide jualan takjil kolak biji salak

Bahan yang dibutuhkan tak jauh berbeda dengan kolak pisang bedanya, kolak biji salak tidak menggunakan pisang hanya ubi, santan dan gula merah.

Ubi dihaluskan, dicampur dengan tapioka kemudian dibulatkan dan direbus hingga matang. Bahan yang dibutuhkan lebih sederhana dibandingkan kolak pisang, namun harga yang dijajakan perporsinya sama dengan kolak pisang yaitu Rp10.000


5. Jualan Puding Beraneka Rasa

ide jualan takjil pudding

Mudah dibuat, hemat, segar dan menguntungkan. Untuk makanan ini biasanya menjadi incaran pertama anak-anak yang sedang belajar berpuasa.

Tak hanya anak-anak saja yang menyukai makanan ini, orang dewasa pun menyukainya. Yang dibuhkan hanyalah kental manis, agar-agar instan, sebutir telur dan gula.

Untuk varian rasa dapat kamu buat sesuka hati ditambah buah-buahan segar sebagai pemanis dari puding jualan kamu.

Baca juga: 20 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Sudah Siap Mencoba Ide Jualan Takjil Menguntungkan Selama Bulan Puasa?

Begitu banyak peluang bisnis yang menguntungkan selama bulan Ramadan, tidak hanya ide jualan takjil yang disebutkan di atas saja.

Masih banyak lagi ide bisnis selama ramadan yang bisa kamu jalani selama bulan Ramadan contohnya membuka katering khusus untuk sahur dan berbuka puasa.

Siapa tahu jualan yang kamu mulai ketika bulan Ramadan ini membuka peluang untuk memiliki bisnis yang berpeluang menuju kesuksesan ke depannya.

Selamat Mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.