Manfaat QRIS untuk Bisnis dan Perkembangannya di Indonesia

manfaat qris untuk bisnis

Quick Response Indonesian Standard (QRIS), tentu kamu sudah tidak asing lagi istilah tersebut, bukan? Selain menawarkan kemudahan bertransaksi, terdapat beberapa manfaat QRIS lainnya yang bisa kamu rasakan sebagai seorang pebisnis, lho. 

Melansir dari laman resmi Bank Indonesia, QRIS adalah penggabungan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan kode QR. tujuannya, untuk memberikan pengalaman proses transaksi yang lebih mudah, cepat, dan tentunya aman. 

Sistem pembayaran yang satu ini telah diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 oleh Bank Indonesia (BI) bertepatan dengan HUT RI ke-74.

Di era serba digital, sistem pembayaran secara cashless ini tentu sangat memudahkan baik untuk konsumen maupun para pelaku bisnis. 

Cukup dengan ponsel dan koneksi internet saja kamu sudah bisa bertransaksi di merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan QRIS. 

Gampang, ‘kan?

Selain kemudahan bertransaksi untuk konsumen, terdapat manfaat QRIS yang dapat kamu rasakan sebagai pebisnis, lho.


Manfaat QRIS untuk Bisnis

1. Terhindar dari Pembayaran dengan Uang Palsu

Manfaat QRIS untuk bisnis yang pertama adalah membantu pemilik bisnis supaya terhindar dari uang palsu. 

Bayangkan, ketika bisnis yang kamu sedang ramai kunjungan pasti kamu tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar mengecek uang yang diserahkan konsumen untuk bertransaksi. 

Apa jadinya jika ternyata uang yang kamu terima adalah uang palsu? 

Tentu sebagai pebisnis kamu akan merasa rugi, bukan? 

Nah, untuk meminimalisir hal tersebut kamu bisa memberikan opsi pembayaran menggunakan QRIS, lho. Dengan begitu, bisnis kamu menjadi lebih aman karena terhindar dari peredaran uang palsu.


2. Pelacakan Transaksi Lebih Mudah

Semua transaksi yang berhasil dilakukan dengan QRIS akan tercatat secara otomatis dan dapat kamu akses secara realtime sehingga pengelolaan keuangan bisnis kamu jadi lebih efisien. 

Manfaat QRIS untuk bisnis yang satu ini akan sangat memudahkan kamu untuk memantau, menganalisis, serta menentukan strategi keuangan bisnis untuk ke depannya.


3. Keamanan Transaksi 

Manfaat QRIS untuk bisnis yang selanjutnya adalah terjaminnya keamanan bertransaksi. 

Sebab, semua transaksi yang dilakukan menggunakan QRIS akan tercatat dalam sistem. 

Jika suatu saat terdapat transaksi yang dinilai tidak wajar, kamu sebagai pemilik bisnis dapat melaporkannya ke penyedia layanan karena semua riwayat transaksi akan terekam dalam sistem.


4. Penjualan Berpotensi Meningkat

Lho, emang ada hubungannya? Ada, dong!

Sebagai pemilik bisnis, pernah enggak, sih, kamu menjumpai calon konsumen yang tidak jadi membeli produk kamu karena bisnismu hanya menerima pembayaran secara tunai? 

Terlebih di era serba digital ini tak sedikit masyarakat yang kurang suka membawa uang tunai dan lebih memilih pembayaran secara cashless

Dengan kondisi tersebut, pastinya mereka lebih memilih bertransaksi pada merchant yang menawarkan opsi pembayaran secara cashless. 

Oleh karena itu, menerima pembayaran QRIS dapat meningkatkan penjualan bisnis sebab bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan pilihan metode pembayaran yang diberikan. 


5. Tidak Perlu Menyediakan Uang Kembalian dalam Jumlah Banyak

Meskipun tidak 100% konsumen melakukan pembayaran dengan QRIS, tetap saja tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut membantu kamu, termasuk dalam menyediakan uang kembalian. 

Sebelum ada QRIS, pemilik merchant harus menukar uang untuk menyiapkan kembalian dalam jumlah yang lebih besar sebab transaksi hanya bisa dilakukan secara tunai. 

Namun, semenjak ada QRIS dan mulai banyak konsumen yang menggunakannya merchant bisa lebih tenang jika persediaan uang kembalian menipis.


6. Transaksi Lebih Cepat

Selain poin-poin di atas, manfaat QRIS untuk bisnis yang selanjutnya adalah proses transaksi menjadi lebih cepat. 

Mengapa?

Karena konsumen tidak perlu repot-repot membawa banyak uang tunai, merchant pun tidak harus mencari uang kembalian saat melakukan transaksi jual beli. 

Pembayaran dengan QRIS dinilai lebih cepat karena konsumen cukup memindai kode QRIS yang disediakan merchant, memasukan total pembayaran, dan selesaikan pembayaran. 

Yang paling penting, pastikan koneksi internet kamu stabil, Sobat KoinWorks.


7. Lebih Mudah dan Praktis

Manfaat QRIS yang selanjutnya adalah lebih mudah dan praktis karena merchant hanya perlu menyiapkan satu kode QR yang sudah terintegrasi dengan berbagai jenis alat pembayarannya. 

Sebelum adanya QRIS, satu merchant bisa memiliki lebih dari satu kode QR dan tentunya akan sangat tidak efektif. 

Hingga saat ini, sudah lebih dari 38 layanan dompet digital yang sudah didukung oleh pembayaran lewat QRIS, lho.


8. Meningkatkan Branding

Manfaat QRIS untuk bisnis yang terakhir adalah untuk meningkatkan branding atau citra bisnis di mata konsumen. 

Sebab, konsumen akan menganggab bisnis kamu kekinian dan mampu mengikuti perkembangan teknologi. 

Selain itu, QRIS juga bermanfaat untuk mempertahankan konsumen yang terus mencari kemudahan layanan melalui teknologi.


Perkembangan QRIS di Indonesia

Setelah mengetahui manfaat QRIS untuk bisnis, enggak afdol rasanya kalau enggak kepoin perkembangan singkat QRIS di Indonesia. 

Melansir dari Liputan6, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti dalam acara 4th Indonesia Fintech Summit 2022 mengatakan bahwa pengguna QRIS di Indonesia sudah mencapai lebih dari 25 juga orang dan 22 juta merchant. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa 90 persen dari jumlah merchant tersebut merupakan pelaku UMKM. Pasti kamu juga sudah mulai terbiasa melihat gerobak pedagang kaki lima yang menempelkan kode QRIS, dong?

Melihat perkembangan yang begitu cepat, BI menargetkan di tahun 2023 45 juta UMKM harus sudah menggunakan QRIS.  

Jadi, bagi kamu pelaku bisnis yang belum menyediakan metode pembayaran QRIS, segera lakukan pendaftaran dan nikmati beragam manfaatnya!


Berbicara tentang QRIS, KoinWorks NEO juga memiliki fitur QRIS, lho. 

Informasi transaksi yang bisa dilacak secara realtime cocok buat kamu yang ingin sat-set-sat-set saat mengembangkan usaha. 

Yuk, gabung KoinWorks NEO dan gunakan produk QRIS-nya!

Gabung KoinWorks NEO!

KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.