5 Langkah Cara Mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) Dengan Mudah

·
4 menit
Cara Mengajukan KPR

Saat ini banyak orang yang bertanya mengenai cara mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Hal ini berkaitan dengan keberadaan rumah itu sendiri yang memang selalu menjadi kebutuhan bagi semua orang.

Masuk pada salah satu kebutuhan utama, nyatanya tidak semua orang bisa mendapatkan rumah dengan mudah.

Pembelian rumah menjadi hal yang cukup sulit, apalagi saat ini harga yang ditawarkannya hadir dengan cukup tinggi.

Karena itulah bagi mereka yang ingin melakukan pembelian rumah tentunya harus menyediakan uang dalam jumlah besar.

Akan tetapi, selain pembelian yang dilakukan dengan cara cash, ada pula sistem pembelian rumah dengan cara lainnya.

Cara tersebut dikenal dengan sistem KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah. Dengan sistem yang satu ini proses pembelian rumah tentunya dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Kemudahan tersebut terjadi karena sistem KPR tidak mengharuskan Kamu memiliki uang dalam jumlah banyak.

Selain itu, untuk pembayarannya sendiri dapat dilakukan dengan cara dicicil. Sehingga memberikan jarak atau ruang bagi Kamu untuk memperoleh dana atau uang yang diperlukan untuk proses pembayaran.

Langkah Cara Mengajukan KPR

Bagi Kamu yang ingin memiliki rumah dengan menggunakan sistem KPR tersebut. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk memulainya. Ingin tahu apa saja? berikut penjelasannya :

  1. Tentukan jenis rumah yang akan dibeli dengan sistem KPR

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah menentukan rumah yang akan dibeli. Akan tetapi karena proses pembelian dilakukan dengan cara KPR. Tentunya jenis rumah yang ditawarkan pun terbilang terbatas.

Karena itulah ada dua cara yang dapat Kamu lakukan. Pertama dengan mendatangi pihak bank kemudian meminta informasi terkait lokasi rumah dengan sistem penjualan KPR. Sedangkan untuk cara kedua, dapat Kamu lakukan dengan pencarian secara mandiri.

Untuk saat ini, ada banyak informasi yang bisa Kamu dapatkan dengan mudah. termasuk informasi yang berkaitan dengan sistem penjualan KPR. Kamu dapat mencari tahu rumah tersebut melalui sistem online, atau bahkan offline.

Untuk offline, Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut melalui koran, poster dan sumber informasi lainnya.

  1. Cari informasi yang berkaitan dengan rumah tersebut

Jika rumah yang Kamu inginkan telah Kamu temukan, maka hal selanjutnya yang dapat Kamu lakukan adalah pencarian informasi.

Ada banyak informasi yang sebaiknya Kamu tanyakan di bagian awal. Seperti halnya berkaitan dengan harga yang ditawarkan, besaran biaya cicilan, uang muka, biaya tanda jadi, hingga lamanya waktu pembayaran.

Selain itu, Kamu juga sebaiknya melihat bagaimana desain keseluruhan rumah yang disediakan.

Kemudian perhatikan di mana lokasi rumah yang ditawarkan tersebut dengan tepat. Setelah itu, barulah Kamu dapat mengecek fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Apabila jenis perumahan yang ditawarkan tersebut adalah jenis perumahan baru. Tentunya hal yang harus Kamu pastikan itu berkaitan dengan waktu atau lamanya proses pembangunan yang akan dilakukan. Selain itu, tanyakan pula bagaimana proses kredit yang diterapkan pada skema KPR tersebut.

  1. Melakukan pembayaran sebagai tanda jadi

Langkah selanjutnya yang harus Kamu lakukan adalah memberikan tanda jadi. Penggunaan tanda jadi ini ditujukan sebagai booking atau bukti dari proses pemesanan rumah yang Kamu lakukan.

Tidak hanya itu, tanda jadi juga dilakukan karena ia memiliki fungsi lain, seperti halnya menjadikan tanda agar rumah yang Kamu incar tidak dibeli oleh orang lain.

Bahkan tanda jadi juga dapat digunakan untuk mengikat harga, artinya harga yang Kamu gunakan adalah jenis harga yang telah ditetapkan.

Untuk tanda jadi itu sendiri hadir dengan beberapa kebijakan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Ada pihak developer yang membebaskannya tanpa menggunakan batas waktu. Namun ada pula pihak developer yang menerapkannya dalam batasan waktu tertentu hingga pembayaran uang muka dilakukan.

  1. Melakukan pembayaran untuk uang muka

Langkah selanjutnya yang dapat Kamu lakukan setelah proses pembayaran uang jadi adalah pembayaran uang muka.

Beberapa pihak developer menyatakan penggunaan tanda jadi pada saat mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah bagian dari uang muka.

Karena itulah ketika membayar uang muka, Kamu hanya perlu melakukan sisa pembayarannya saja.

Akan tetapi jika Kamu mengalami penolakan yang dilakukan oleh pihak bank. Tentunya uang muka yang telah Kamu bayar pun akan dikembalikan. Dengan demikian, Kamu pun tidak akan mengalami kerugian.

  1. Pengajuan KPR pada pihak bank

Bagian selanjutnya yang harus Kamu lakukan setelah pembayaran uang muka adalah mengajukan KPR pada pihak bank.

Pada tahapan yang satu ini, umumnya pihak developer akan membantu Kamu untuk mengurusnya. Hal ini menjadi lebih mudah karena umumnya pihak bank telah menjadi partner dari developer tersebut.

Akan tetapi jika Kamu memilih menggunakan layanan bank lainnya. Dalam hal ii bank tersebut bukanlah partner dari developer perumahan tersebut. Tentunya untuk proses pengajuan KPR rumah pun harus Kamu lakukan secara mandiri.

Trik membeli rumah dengan sistem KPR tanpa DP

Jika Kamu masih merasa keberatan dengan pembayaran DP. Cobalah cek beberapa tips di bagian bawah ini. Karena tips berikut akan memudahkan Kamu dalam mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) tanpa DP.

  1. Aktif melakukan pencarian informasi

Tips pertama yang harus Kamu lakukan adalah aktif dalam mencari informasi. Apalagi untuk saat ini informasi bisa Kamu dapatkan dengan mudah.

Dengan banyaknya informasi tersebut, Kamu bisa menemukan mana saja pihak developer yang tengah melakukan promosi.

Apalagi saat ini banyak sekali developer yang melakukan promosi melalui jaringan online. Sehingga siapapun yang menemukan dan melihat promosi tersebut di bagian awal. Tentunya akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  1. Memastikan persaingan harga

Saat ini persaingan harga rumah terlihat dengan jelas, sehingga banyak developer yang melakukan berbagai kegiatan promosi.

Salah satunya dengan menghapus DP agar rumah yang ditawarkan terjual dengan mudah. Kamu sebagai pihak pembeli tentunya dapat memanfaatkan momen tersebut.

Akan tetapi untuk mendapatkan hal yang satu ini tentunya Kamu juga membutuhkan tingkat ketelitian tinggi.

Karena jenis rumah yang ditawarkan tersebut umumnya hanya hadir di beberapa lokasi tertentu saja. Seperti halnya perumahan yang terletak di kawasan perkotaan atau bahkan pinggiran kota.

  1. Penggunaan layanan notaris

Bagian paling akhir yang juga dikenal sebagai trik ampuh mendapatkan rumah KPR tanpa DP adalah membelinya secara langsung.

Maksud dari pembelian secara langsung adalah Kamu berhubungan dengan pihak notaris dan bukan melalui developer.

Dengan demikian, Kamu pun dapat memastikan pada pihak notaris, bahwa KPR yang Kamu tuju tersebut akan dibayar dengan waktu yang lebih cepat.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai cara mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dan trik mendapatkannya tanpa DP.

Alternatif investasi lainnya yang mudah selain membeli rumah melalui KPR, yaitu bergabung melalui produk investasi dari KoinWorks.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih