Energi Terbarukan, Potensi Sumber Daya yang Akan Datang

Sumber energi terbarukan berkelanjutan dan memiliki potensi untuk memenuhi permintaan energi global saat ini dan di masa depan tanpa menimbulkan dampak lingkungan apapun. 

Energi terbarukan itu sendiri merupakan energi yang berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”, seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi, dan panas bumi.

Definisi paling umum adalah sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan.

Dengan definisi ini, maka bahan bakar nuklir dan fosil tidak termasuk di dalamnya.


Energi Berkelanjutan

Dari definisinya, semua energi terbarukan sudah pasti juga merupakan energi berkelanjutan, karena senantiasa tersedia di alam dalam waktu yang relatif sangat panjang sehingga tidak perlu khawatir atau antisipasi akan kehabisan sumbernya.


Sumber Utama Energi Terbaharui

Energi Panas Bumi

Energi panas bumi berasal dari peluruhan radioaktif di pusat Bumi, yang membuat Bumi panas dari dalam, serta dari panas matahari yang membuat panas permukaan bumi. Ada tiga cara pemanfaatan panas bumi:

  • Sebagai tenaga pembangkit listrik dan digunakan dalam bentuk listrik
  • Sebagai sumber panas yang dimanfaatkan secara langsung menggunakan pipa ke perut bumi
  • Sebagai pompa panas yang dipompa langsung dari perut bumi

Panas bumi adalah suatu bentuk energi panas atau energi termal yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas adalah energi yang menentukan temperatur suatu benda. Energi panas bumi berasal dari energi hasil pembentukan planet (20%) dan peluruhan radioaktif dari mineral (80%).


Energi Surya

Yang dimaksud di sini adalah energi yang dikumpulkan secara langsung dari cahaya matahari.

Tenaga surya dapat digunakan untuk:

  • Menghasilkan listrik menggunakan sel surya
  • Menghasilkan listrik Menggunakan menara surya
  • Memanaskan gedung secara langsung
  • Memanaskan gedung melalui pompa panas
  • Memanaskan makanan Menggunakan oven surya.
  • Memanaskan air melalui alat pemanas air bertenaga surya

Tenaga Angin

Angin adalah gerakan materi (udara) dan telah diketahui sejak lama mampu menggerakkan turbin. Turbin angin dimanfaatkan untuk menghasilkan energi kinetik maupun energi listrik. Energi yang tersedia dari angin adalah fungsi dari kecepatan angin; ketika kecepatan angin meningkat, maka energi keluarannya juga meningkat hingga ke batas maksimum energi yang mampu dihasilkan turbin tersebut.


Tenaga Air

Energi air digunakan karena memiliki massa dan mampu mengalir. Air memiliki massa jenis 800 kali dibandingkan udara. Bahkan gerakan air yang lambat mampu diubah ke dalam bentuk energi lain. Turbin air didesain untuk mendapatkan energi dari berbagai jenis reservoir, yang diperhitungkan dari jumlah massa air, ketinggian, hingga kecepatan air.


Biomassa

Biomassa dapat digunakan langsung sebagai bahan bakar atau untuk memproduksi bahan bakar jenis lain seperti biodiesel, bioetanol, atau biogas tergantung sumbernya.

Biomassa menjadi sumber energi terbarukan jika laju pengambilan tidak melebihi laju produksinya, karena pada dasarnya biomassa merupakan bahan yang diproduksi oleh alam dalam waktu relatif singkat melalui berbagai proses biologis.


Bahan Bakar Bio Cair

Bahan bakar bio cair biasanya berbentuk bioalkohol seperti metanol, etanol dan biodiesel. Biodiesel dapat digunakan pada kendaraan diesel modern dengan sedikit atau tanpa modifikasi dan dapat diperoleh dari limbah sayur dan minyak hewani serta lemak.


Biomassa Padat

Penggunaan langsung biasanya dalam bentuk padatan yang mudah terbakar, baik kayu bakar atau tanaman yang mudah terbakar. Tanaman dapat dibudidayakan secara khusus untuk pembakaran atau dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti diolah di industri tertentu dan limbah hasil pengolahan yang bisa dibakar dijadikan bahan bakar.


Biogas

Biogas dapat dengan mudah dihasilkan dari berbagai limbah dari industri yang ada saat ini, seperti produksi kertas, produksi gula, kotoran hewan peternakan, dan sebagainya. Berbagai aliran limbah harus diencerkan dengan air dan dibiarkan secara alami berfermentasi, menghasilkan gas metana. Residu dari aktivitas fermentasi ini adalah pupuk yang kaya nitrogen, karbon, dan mineral.


Penggunaan Sumber Energi Terbarukan

Penggunaan sumber energi terbarukan melalui sistem energi matahari tidak hanya menghemat energi bermutu tinggi yang berharga, tetapi juga mengurangi laju penipisan bahan bakar fosil.

Ini juga meningkatkan ekonomi dunia karena investasi dalam teknologi energi surya mungkin lebih murah daripada upaya untuk memenuhi peningkatan permintaan pasokan bahan bakar di masa depan termasuk biaya faktor perusak lingkungan.

Salah satu opsi yang menjanjikan terbukti Energi Surya yang memiliki semua potensi, tidak hanya dalam menyediakan sebagian besar kebutuhan pemanas, pendingin dan listrik dunia, tetapi juga untuk memecahkan masalah lingkungan global.

Intinya, energi terbarukan merupakan energi dari proses alam yang berkelanjutan dan tidak akan habis, sebut saja seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi.

Dan kabar baiknya, bisnis energi yang satu ini ternyata bisa dirintis kecil-kecilan. 

Modalnya jelas jauh lebih kecil ketimbang harus bangun pembangkit listrik yang sampai miliaran Rupiah.

Amarangga Lubis, pria jebolan New York University yang kini merintis sebuah startup berbasis teknologi yang juga bergerak di bidang energi terbarukan yang bernama SolarKita.

“Kami juga memiliki sistem data logger yang terkoneksi dengan server SolarKita untuk memantau kinerja panel surya pelanggannya. So, jika ada masalah mereka bisa langsung gerak cepat ke rumah pelanggan untuk melakukan penanganan.”, tautnya.

Investasi dan inovasi dalam energi surya, elemen kunci dari strategi energi jangka panjang tidak akan terjadi kecuali pengembang, investor dan pengusaha menganggap industri ini menarik dari waktu ke waktu.

Tren saat ini menunjukkan bahwa sejumlah besar uang telah diinvestasikan di sektor energi surya.


Jadi, setelah membaca artikel di atas, sudah siap untuk mulai bisnis di bidang Energi Terbarukan?

Jika sudah dan dalam prosesnya kamu membutuhkan modal tambahan bisnis, kalian bisa lho mengajukannya ke KoinBisnis di Aplikasi KoinWorks.

Kamu bisa mendapatkan modal bisnis melalui sistem peer-to-peer lending, hingga Rp2 Miliar dengan bunga rendah mulai 0,75% per bulan.

Jadi, tunggu apalagi?

Ajukan pinjaman sekarang!


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Simulasi Pinjaman v2
  • Ajukan Pinjamanmu
  • Data Diri
3000000
3

Jumlah Pinjaman 15 juta untuk 3 Bulan sebesar 5.187.500/bulan

*) Simulasi pinjaman diatas berdasarkan bunga sebesar 15%.

**) Simulasi pinjaman di atas hanya sebagai referensi. Tingkat suku Bunga yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada skor kredit peminjam dan persyaratan dokumen-dokumen lainnya. Ini berarti suku bunga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari simulasi tergantung pada kriteria yang diminta.
Silakan mendaftar dan ajukan pinjaman untuk melihat tingkat suku bunga Anda yang sebenarnya.

Info Lebih Lanjut

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.