3 Kesalahan Beriklan Online yang Harus Dihindari Setiap Bisnis Online – Di zaman sekarang ini, tak peduli seberapa besar pun modal dan usaha yang Anda miliki, pasti akan sulit berkembang jika tidak melakukan promosi atau iklan.

Bahkan, usaha yang lebih besar bisa saja kalah dengan usaha berskala kecil jika iklan yang dibuat tidak kreatif dan mampu mengundang konsumen.

Terlebih lagi jika usaha Anda adalah usaha online, maka iklan yang baik dan kreatif adalah suatu hal yang mutlak.

Tanpa pembuatan iklan yang kreatif bisnis perlahan pasti akan mengalami kemunduran karena tidak adanya calon pelanggan baru yang bermunculan.

Namun, bagaimana jika sudah sering beriklan secara online tapi omset tak kunjung naik? Terkait dengan hal ini, mungkin saja ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan tanpa sadari.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa beriklan untuk bisnis online memang berbeda dengan bisnis offline.

Jika bisnis offline, calon konsumen dapat menyentuh dan melihat barang secara langsung , sedangkan tidak demikian pada bisnis online.

Hal ini berarti Anda harus menyertakan semua informasi yang ada terkait barang atau jasa yang Anda jual sebagai bahan pertimbangan calon konsumen.

Untuk lebih jelas, sedikitnya ada 3 hal yang mesti diperhatikan di saat membuat iklan bisnis online yang menarik dan mampu menciptakan omset:

3 Kesalahan Beriklan Online yang Harus Dihindari Setiap Bisnis Online

1. Foto Produk

foto-produk-pemotretan-produk

Dalam iklan online, setiap foto produk yang ditampilkan haruslah foto yang terbaik. Tentukan sudut gambar, pencahayaan, dan semua aspek dalam foto.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan, Ikuti 5 Tips Menarik Minat Pembeli Online

Sertakan gambar sejelas mungkin dengan resolusi terbaik. Usahakan mengambil foto yang mampu mewakili produk yang Anda jual.

Contoh: jika Anda menjual baju, maka fotolah baju tersebut dari berbagai sudut seperti depan, belakang, samping, saat digunakan oleh model, dan lainnya.

Foto yang Anda ambil secara tidak langsung akan menjadi wakil Anda dalam mempengaruhi calon konsumen.

Baca Juga: Entrepreneur, Hindari 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Mengelola Toko Online

Semakin baik dan menarik foto yang dihasilkan, semakin besar orang akan tertarik untuk melihat produk Anda.


2. Judul Iklan

menulis - membuat konten

Pastikan Anda juga turut memperhatikan setiap judul iklan yang dipasang. Usahakan untuk selalu memberi judul yang menarik dan jujur.

Baca Juga: Sukses dengan Facebook, Ini 8 Aturan Penting Agar Sukses Beriklan di Facebook

Contoh: Anda menuliskan judul “Jual Tas Branded 100% Original,” namun pada kenyataannya ada beberapa barang yang memiliki kualitas Super KW.

Apabila orang yang membeli ini kemudian merasa dibohongi, maka ia tidak akan pernah membeli lagi dari Anda. Pastikan judul iklan sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual.


3. Deskripsi Barang

menulis konten - marketing - membuat konten

Jika Anda membuat kalimat yang singkat namun jelas pada bagian judul, di bagian ini adalah sebaliknya. Anda wajib menuliskan spesifikasi produk yang dijual secara lengkap dan jelas.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Bisnis Anda Tanpa Perlu Modal Besar

Tujuannya adalah memudahkan calon konsumen untuk menimbang apakah ia akan membelinya atau tidak.

Contoh: Jika Anda menjual barang elektronik, maka tulislah spesifikasi teknologi dari barang tersebut secara jelas untuk lebih meyakinkan konsumen.

Jika Anda tidak menulis spesifikasi dengan jelas, biasanya ada dua kemungkinan yang akan muncul.

Kemungkinan pertama adalah dimana konsumen tidak jadi membeli produk Anda, sedangkan kemungkinan kedua adalah konsumen akan membobardir Anda dengan banyak pertanyaan melalui layanan customer service yang Anda miliki.

Terlepas dari ketiga hal tersebut, ingatlah bahwa saat ini persaingan bisnis khususnya di dunia online terjadi semakin ketat.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Anda harus mampu menciptakan sesuatu yang unik, kreatif, dan mampu menarik perhatian masyarakat.

Jika Anda tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan kompetitif maka bersiaplah untuk menutup usaha dalam waktu dekat.

Maka dari itu, tidak mau kan untuk bisnis Anda merugi? Yuk segera belajar dan ubah cara Anda beriklan sekarang juga jika Anda tahu bahwa cara yang dipakai selama ini belum efektif.

Walaupun terkadang membuat iklan online memang membutuhkan biaya untuk pemasangan iklannya, namun itu semua cukup layak kok untuk diperjuangkan karena sesuai dengan hasilnya.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Apabila Anda kemudian membutuhkan bantuan pinjaman modal untuk meningkatkan semua hal tersebut lebih lagi, maka KoinWorks dapat menjadi solusi yang tepat untuk ini.

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Nah, itulah 3 kesalahan beriklan online yang wajib dihindari agar modal usaha tidak habis sia-sia dan omset pun semakin meningkat.

Mau ajukan pinjaman untuk menaikan omset? KoinWorks saja!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?