12 Keterampilan Manajer Ini Mampu Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik – Saat pelanggan mendapatkan pengalaman yang buruk atas produk dan layanan, maka berbicara dengan seorang manajer adalah salah satu cara termudah yang akan dilakukan.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seorang manajer perlu memiliki kemampuan untuk menangani keluhan dengan baik.

Agar bisa membantu Anda memberikan layanan pelanggan dengan baik, kami telah merangkum tentang 12 keterampilan manajer yang perlu Anda miliki.

Simak pembahasannya di bawah ini.

12 Keterampilan Manajer Ini Mampu Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik

1Kesabaran

meeting kerja kantor pemimpin manajer

Sikap sabar adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang manajer sukses.

Sikap sabar yang dimiliki akan sangat membantu Anda untuk memberikan pelanggan sebuah solusi tanpa perlu terburu-buru dengan prosesnya.


2Berdiskusi dengan Baik

teman-bisnis-visi-misi - membangun bisnis keluarga

Terkadang Anda pasti akan menemukan seorang pelanggan yang tidak bersedia menerima jawaban yang diberikan.

Saat situasi ini terjadi, seorang manajer perlu melakukan diskusi agar kebutuhan mereka dapat tercapai.


3Pola Pikir untuk Tumbuh

sukses-berhasil-manajer-hebat-kerja

 

Pola pikir untuk terus bertumbuh adalah salah satu kunci keberhasilan dalam segala hal, termasuk dalam hal layanan pelanggan.

Anda harus bisa melihat tantangan yang terjadi dalam layanan pelanggan sebagai peluang untuk terus berkembang sebagai seorang manajer.


4Kemampuan untuk Mendengarkan

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - 5 Kiat Diperlukan Manajer Baru Agar Membuat Keputusan Lebih Efektif - 7 Alasan Utama Mengapa Anda Tidak Pantas Menjadi Seorang Manajer - berteman bisnis dengan kompetitor

Sebagian besar orang akan kesulitan mengingat tentang apa saja yang telah mereka dengarkan.

Namun, saat Anda secara aktif memperhatikan pesan dan memiliki kemauan untuk mendengarkan, Anda akan mengingat lebih banyak pesan yang disampaikan oleh para pelanggan.


5Kemampuan Memecahkan Masalah

kekuatan manajer inspiratif - 3 Kiat Melawan Rasa Malas demi Meningkatkan Produktivitas

Biasanya, tidak ada solusi yang jelas saat Anda menghadapi keluhan dari para pelanggan.

Sebagai seorang manajer, Anda harus mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah dan terus berinovasi dalam layanan pelanggan.


6Tidak Mudah Emosi

Manajer yang Buruk - marah - emosi 3

Menumpahkan emosi saat sedang terjadi masalah tidak akan bisa menyelesaikan apapun, sebaliknya Anda bisa membuat suasana semakin keruh dan parah. Latihlah stabilitas emosi sebagai seorang manajer dan berfokus dalam memecahkan masalah yang sedang terjadi.


7Empati

membangun hubungan dengan semua orang manajer inspiratif

Empati adalah kemampuan Anda untuk memahami perasaan yang sedang dimiliki oleh orang lain. Saat mampu memahami perasaan pelanggan dengan baik, maka Anda bisa dengan mudah memecahkan masalah yang terjadi dengan lebih baik.


8Keterampilan Komunikasi

7 Alasan Mengapa Anda Perlu Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Ada Banyak Manfaatnya!

Seorang manajer perlu menjadi mahir dalam menyampaikan ide dan konsep dengan cara yang sesuai dengan orang yang mereka hadapi.

Saat sedang berkomunikasi dengan pelanggan, Anda harus menggunakan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti agar masalah bisa diselesaikan dengan baik.

Jika Anda merasa keterampilan ini belum terlalu baik, maka mengikuti pelatihan komunikasi atau kursus di bidang public speaking bisa menjadi solusi terbaik untuk dilakukan.

Kursus yang Anda ikuti akan mengajarkan tentang teori dasar yang akan membantu Anda dalam berkomunikasi dengan banyak pihak, termasuk berkomunikasi dengan para pelanggan.

Berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan, Anda tidak perlu membayarnya secara langsung.

Manfaatkan fasilitas pinjaman dana khusus pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda. KoinPintar menawarkan suku bunga pinjaman yang sangat rendah mulai dari 0,75% per bulan saja.

Ditambah lagi dengan masa pembayaran yang bisa dilakukan lebih lama sampai dengan 12 bulan ke depan.


9Manajemen Stres

Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Melayani pelanggan, tanpa Anda sadari bisa dengan mudah membuat stres saat bekerja. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengendalikan stres tersebut agar bisa bekerja dengan optimal sebagai seorang manajer.


10Berpikir Positif

Ini 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mau Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah! - membangun bisnis keluarga

Manajer memiliki pekerjaan untuk membuat keputusan dengan cepat bagi semua orang. Saat mampu berpikir positif dalam mencari sebuah solusi, maka Anda akan lebih cenderung memenuhi kebutuhan semua orang tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.


11Memahami Bahasa Tubuh dengan Baik

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Kesalahan yang Mampu Menghancur Efektivitas Kepemimpinan Anda - 5 Cara Terbaik Untuk Melibatkan Karyawan dalam Pelatihan yang Berkelanjutan

Hal yang perlu dipahami dengan baik adalah bahasa non-verbal lebih dipercaya oleh banyak pihak daripada bahasa verbal yang Anda sampaikan.

Pastikan bahasa tubuh yang Anda sampaikan selaras dengan apa yang sedang diucapkan kepada para pelanggan.


12Menghargai Umpan Balik

teman-bisnis-visi-misi - membangun bisnis keluarga

Umpan balik yang diberikan oleh para pelanggan tidak selamanya buruk, sebab itu bisa membantu Anda untuk melakukan perbaikan dan bisa memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah, 12 contoh di atas merupakan beberapa keterampilan yang perlu dimiliki sebagai seorang manajer agar bisa memberikan layanan pelanggan dengan baik.

Semoga pembahasan di atas menginspirasi Anda semua.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.