6 Tips Untuk Tinggal di Kota Termahal dengan Anggaran yang Ketat – Untuk tinggal di kota besar saat ini tidaklah mudah, khususnya dalam urusan biaya.

Perlu ada biaya yang besar dikeluarkan setiap bulannya demi keberlangsungan hidup Anda. Tak heran, beberapa orang sulit untuk menabung atau bahkan mengalami minus ditengah-tengah kehidupannya.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Untuk Menghabiskan Rp 20 Juta Ketimbang Membeli iPhone X

Lalu bagaimana cara terbijak agar bisa menikmati hidup di kota besar dengan anggaran yang ketat? Berikut adalah 6 tips yang dapat Anda praktikan:

6 Tips Untuk Tinggal di Kota Termahal dengan Anggaran yang Ketat

#1 Selalu Lakukan Tawar-Menawar

make an offer - negosiasi - tawar menawar

Seringkali jika Anda membeli sesuatu dalam jumlah banyak atauberlangganan sesuatu dalam jangka waktu yang panjang, maka Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga: 5 Keterampilan Sederhana yang Bisa Membantu Anda Menjadi Kaya dan Sukses

Cobalah untuk setia akan suatu produk atau suatu tempat, jika Anda mampu berkenalan dengan pemiliknya bahkan lebih baik. Hal ini akan membuat kesempatan tawar menawar menjadi lebih besar.

Contoh: Apabila Anda tinggal disebuah rumah kost selama beberapa tahun, dan Anda terbukti mampu menjaga kamar kost itu dengan baik maka Anda bisa saja mengajukan harga yang lebih murah kepada pemilik rumah.

Baca Juga: Cara Mengelola Uang Anda Mirip Superhero yang Mana? Yuk, Cari Tahu!

Demikian juga dengan restoran yang mungkin sering Anda kunjungi, mintalah diskon sebagai seorang pelanggan tetap mereka.


#2 Jadilah Fleksibel

Meditasi atau olahraga setiap pagi - menjadi lebih produktif

Disamping dengan kemampuan tawar menawar, hidup di kota besar yang cenderung memiliki biaya mahal juga diperlukan kemampuan untuk menjadi fleksibel.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga Jika Tidak Ingin Menyesal Di Masa Depan

Hal ini maksudnya Anda mampu menyesuaikan diri bagaimana pun keadaannya. Cobalah untuk menjadi fleksibel akan segala hal.

Contoh: Jika Anda terbiasa makan di hotel berbintang saat akhir pekan, cobalah menjadi fleksibel untuk sesekali makan direstoran biasa namun tetap menyajikan makanan lezat.

Atau jika Anda terbiasa untuk naik kendaraan pribadi setiap harinya, cobalah untuk mulai menaiki kendaraan umum.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Secara Cermat di Era Digital

Dengan melakukan ini tentunya bukan hanya menghemat budget tapi juga menghemat waktu tempuh di tengah kota yang macet ini kan?


#3 Pilihlah Makanan Lokal dan Murah

bekal makanan

Hampir mirip dengan poin nomor 2, namun di poin ini lebih menekankan secara khusus akan makanan.

Baca Juga: 7 Cara yang Dapat Membuat Kaum Milenial Menjadi Jutawan dalam 5 Tahun

Apakah Anda pernah memperhatikan bahwa banyak sekali kaum milenial yang tinggal di kota besar seringkali menghabiskan sebagian waktunya untuk sekedar berkumpul di kafe-kafe mahal?

Sedangkan, tahukah Anda berapa rata-rata penghasilan dari para kaum milenial?

Jika dilihat dari gaya hidup ini, mungkin Anda setuju dengan asumsi yang mengatakan bahwa sebagian besar uang yang dihasilkan akan habis untuk biaya makan. Tentunya  asumsi sangat masuk akal jika dihubungkan dengan gaya hidup yang ada.

Baca Juga: Mengatakan ‘Tidak’ Untuk 6 Hal Ini Maka Hidup dan Bisnis Anda Akan Menjadi Lebih Baik

Jika Anda ingin hidup hemat di tengah kota mahal, cobalah untuk menahan diri dalam urusan memilih makanan. Pilihlah makanan lokal dan sesuai dengan kantong Anda.


#4 Carilah Ruang Kerja yang Tidak Berbayar

kantor koinworks jakarta pusat
Sumber: Kompas

Seringkali Anda mungkin merasa lebih nyaman untuk bekerja di sebuah coffee shop dibandingkan dengan bekerja di rumah.

Baca Juga: Berapa Banyak Uang yang Harus Ditabung Setiap Bulannya Agar Milenial Bisa Pensiun Dengan Nyaman?

Namun, pernahkah Anda menghitung jika satu kali Anda bekerja saja setidaknya menghabiskan minimal Rp 50 ribu, maka dalam 22 hari kerja uang sebesar Rp 1,1 juta telah hilang begitu saja.

Untuk mengantisipasinya, carilah ruang kerja yang tidak berbayar seperti perpustakaan umum, ruang kantor Anda, atau bahkan dirumah sendiri.


#5 Hindari Mendaftar Keanggotaan Gym

dapatkan secara gratis - fitness diet gym

Berapa besar biaya pendaftaran gym yang Anda keluarkan setiap bulannya? Di kota metropolitan seperti Jakarta, mungkin Anda harus mengeluarkan setidaknya Rp 500 ribu untuk setiap bulannya.

Baca Juga: 13 Tips Membuat Waktu Anda Menjadi Lebih Produktif

Hal ini tentunya baik karena akan membuat Anda berada di kondisi sehat setiap saat. Namun, tanpa disadari dalam satu tahun Anda telah mengeluarkan uang sebesar Rp 6 juta hanya untuk biaya berlangganan gym. Apakah ini sudah cukup bijak?

Jika Anda ingin menggantikannya dengan melakukan jogging di sekitar lingkungan rumah, atau sekedar berolahraga sendiri di rumah dengan menonton video fitness, atau bisa juga menggunakan aplikasi fitness yang sudah tersedia di smartphone Anda itu masih sangat mungkin.

Hal-hal ini akan membantu Anda menghemat uang dalam jumlah yang cukup banyak.


#6 Hindari Biaya yang Tidak Perlu

Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Membeli air kemasan dari waktu ke waktu mungkin tampak seperti biaya yang tidak bersalah, tapi pastikan Anda tidak melakukannya.

Baca Juga: Cara Pandang Orang Sukses vs Orang Biasa-Biasa Saja, yang Manakah Anda?

Bawalah botol minum kemanapun Anda pergi. Selalu lakukan isi ulang air sebelum bepergian dan Anda mungkin akan terkejut berapa banyak uang yang dapat dihemat hanya dari sekedar air minum saja.

Contoh: Disaat Anda membeli air kemasan setiap kali Anda makan, uang sebesar Rp 3 ribu akan dikeluarkan. Dengan asumsi pola makan 3x dalam satu hari, maka dalam satu hari uang Rp 9 ribu akan dikeluarkan untuk membeli air kemasan.

Baca Juga: 8 Langkah Menciptakan Rencana Keuangan yang Cerdas

Jika dikalikan dengan 30 hari maka uang sebesar Rp 270 ribu akan hilang begitu saja hanya untuk membeli air minum.

Nah, itulah tadi 6 tips untuk hidup dengan anggaran yang ketat di tengah kota metropolitan yang serba mahal saat ini.

Cobalah untuk menekan anggaran seketat-ketatnya, agar semakin banyak uang yang bisa Anda tabungkan untuk masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Diri Sendiri

Dan apabila Anda kemudian ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan hanya sekedar menabung maka investasi akan menjadi pilihan yang lebih tepat.

Saat ini, investasi jenis peer to peer lending dapat menjadi pilihan tepat, KoinWorks adalah salah satunya. KoinWorks hadir sebagai salah satu platform penyedia layanan peer-to-peer lending yang telah resmi terdaftar di OJK.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Di sini, Anda juga dapat berinvestasi dengan nominal yang terbilang cukup kecil, yaitu hanya dengan Rp 100 ribu, untuk memiliki pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun. Hanya dengan berhemat dan berinvestasi Anda dapat menjadi lebih kaya dari saat ini. Yuk buat pilihan bijak untuk masa depan!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.