5 Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN) yang Harus Anda Ketahui

Inilah 4 Jenis Investasi yang Tepat di Tengah Pandemi COVID-19!

5 Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN) yang Harus Anda Ketahui – Untuk Anda yang sudah melek dengan investasi, pasti sudah tidak asing ‘kan mendengar istilah Surat Utang Negara (SUN)? SUN adalah salah satu instrumen investasi yang cukup diminati di masyarakat.

Sebagai salah satu instrumen investasi, surat utang negara ini tidak hanya memberi keuntungan untuk kepentingan negara saja, tetapi juga menguntungkan bagi para investor atau para pembelinya, baik negara lain maupun individu dan perusahaan.

Baca juga: Ini Dia Tips Investasi Ala Lo Kheng Hong yang Bisa Bikin Untung!

Nah, kira-kira apa saja ya keuntungan berinvestasi di SUN? Yuk, simak dulu penjelasan lengkapnya di bawah ini!


5 Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN) yang Harus Anda Ketahui

Tingkat Risiko Rendah

risiko rendah-SUN-surat utang negara-ORI-obligasi
Tingkat Risiko

SUN atau obligasi adalah surat utang yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah sehingga kondisinya pasti lebih stabil jika dibandingkan surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan biasa.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bikin Kaya di Hari Tua!

Artinya, uang yang Anda tanamkan dalam bentuk sukuk maupun Obligasi Ritel Indonesia (ORI) akan tetap menghasilkan keuntungan dan bunga setiap bulannya. Dengan catatan, kondisi negara memang sedang dalam keadaan baik-baik saja.


Tidak Terkena Fluktuasi Pasar

fluktuatif-fluktuasi-pasar-grafik

Berbeda dengan instrumen investasi lainnya, obligasi atau SUN memiliki dua sumber keuntungan, yaitu kupon dan capital gain. Keduanya akan dibayarkan kepada investor secara stabil karena nilainya tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar.


Bisa Digadaikan

5 Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN) yang Harus Anda Ketahui - SUN-surat utang negara-ORI-obligasir

Saat ini, memang masih banyak orang yang meragukan likuiditas SUN. Tapi, nyatanya tidak seperti itu, Anda masih bisa menggadaikan SUN di kantor pegadaian atau menjualnya kembali di pasar saham sekunder.

Hal ini bisa saja Anda lakukan jika Anda ingin mengakhiri masa kontrak surat utang atau ingin memindah tangankan SUN ini kepada pihak lain.


Bagi Hasil dan Bunga yang Kompetitif

bunga-investasi-hitung-untung-SUN-surat utang negara-ORI-obligasi

Karena besaran kupon bunga dan sistem bagi hasilnya selalu berada di atas imbal hasil deposito, maka ini artinya Anda bisa mendapatkan bunga yang kompetitif. Walaupun besaran kupon ORI berbeda-beda tiap serinya, namun selalu disesuaikan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia saat ini.

Baca juga: 5 Kutipan Warren Buffett Soal Investasi Ini Bisa Jadi Pedoman Investor Pemula, Nih!

Selama adanya ORI, kupon tertinggi yang pernah dimiliki adalah sebesar 12,05% pada tahun 2006 dan kupon terendah adalah sebesar 6,25% pada ORI009, lebih besar jika bandingkan dengan bunga Deposito yang saat ini maksimal berada di angka 6%.

Kupon ORI dan bagi hasil sukuk ini juga dibayarkan setiap bulan sehingga Anda dapat melihat uang Anda bertambah setiap bulannya.


Pajak Lebih Kecil dari Deposito

lapor SPT Tahunan - pajak-

Pajak yang dikenakan oleh sukuk dan ORI hanya sebesar 15% saja, lebih kecil jika dibandingkan dengan pajak deposito yang mencapai 20%. Jadi, Anda bisa mendapatkan untung berlipat, dari bunga yang besar dan pajak yang kecil.

Baca juga: Bingung Mau Investasi Tanah atau Emas? Baca Ini Dulu, Yuk!


Membeli SUN lewat KoinBond dari KoinWorks

Anda bisa membeli SUN lewat super financial apps KoinWorks dengan mudah, cepat, dan menguntungkan.

Pembelian SUN di KoinWorks bisa dilakukan lewat layanan KoinBond.

KoinBond adalah pilihan investasi terbaru di dalam KoinRobo dari KoinWorks Super Financial App yang memudahkan Anda untuk membantu negeri dengan membeli SUN yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia.

Anda bisa membeli SUN lewat super financial apps KoinWorks.

Pembelian SUN  di KoinWorks bisa Anda lakukan lewat layanan KoinBond.

Tapi, tahukah Anda bahwa yang memberikan untung berlipat bukan hanya di SUN saja? Anda juga bisa mendapatkannya jika mendanai di alternatif investasi di KoinWorks. Sebuah platform Peer-to-Peer Lending yang menghubungkan Anda sebagai pendana dengan para UKM sebagai peminjam.

Hanya dengan Rp 100.000 saja, Anda bisa mulai mendanai dan mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahunnya. Anda juga tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, untuk Anda yang ingin memulai investasi, menanamkan dana Anda pada SUN mungkin bisa jadi salah satu pilihan yang tepat mengingat kelima keuntungan di atas bisa langsung Anda dapatkan. Selamat berinvestasi!


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Ferry Irawan

Ferry Irawan

I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.