[KoinPedia Bisnis] 20 Januari 2023 – Pinjaman Investor Malaikat, buat Bisnis Melesat

KoinPedia edisi Bisnis kali ini akan membahas mengenai konsep frugal living & gaya hidup minimalis yang semakin nge-trend di kalangan masyarakat, dan juga penjelasan singkat mengenai alternatif mendapatkan pinjaman modal dari angel investor untuk bisnismu.

Yuk, kita bahas satu per satu!


Memahami Frugal Living

Bagi kamu yang merasa tahun 2022 kemarin sudah cukup boros, dan berniat menjadi lebih hemat tahun ini, mungkin ada baiknya kamu ikut menjalankan konsep frugal living dan gaya hidup minimalis.

Konsep frugal living sendiri artinya menjalani hidup secara hemat, dan hanya membeli/menggunakan barang-barang yang jelas fungsinya. Konsep menjalani hidup seperti ini kurang lebih memiliki makna yang sama dengan gaya hidup minimalis.

Kamu bisa menjalankan konsep hidup ini dengan mengurangi pembelian makanan dan minuman yang sifatnya opsional dan rekreasional, atau mengurangi membeli barang-barang keperluan lain yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Faktanya, sudah mulai banyak anak-anak muda dan orang dewasa di Indonesia yang mulai menjalani gaya hidup ini.

Dengan menjalani hidup yang sederhana dan hemat, banyak dari mereka yang merasa hidupnya menjadi lebih tenang, sekaligus mampu menabung lebih banyak dari sebelumnya. 

Uang tabungan ini bisa mereka pakai nantinya untuk keperluan yang lebih penting, seperti membeli properti, membeli asuransi kesehatan, bahkan bisa digunakan juga untuk modal bisnis.

Konsep frugal living dan gaya hidup minimalis ini bukan berarti kamu harus super berhemat dalam banyak hal. Jangan sampai karena fokus berhemat kamu malah menurunkan kualitas hidupmu, ya.

Kamu bisa tetap makan makanan yang cukup nutrisi, minum vitamin, dan membeli barang-barang yang memang penting dalam menunjang kehidupanmu sehari-hari. 

Hanya saja, gaya hidup seperti ini mencegahmu mengeluarkan uang atau mengumpulkan barang-barang yang kurang penting secara berlebihan.

Jadi, dengan menjalani konsep hidup “hemat” seperti ini, kamu jadi terbiasa untuk menabung, sekaligus tidak mudah terpengaruh atau mudah ikut-ikutan dalam mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.

. . .

Ada kalanya meskipun kamu sudah berhemat dan memperhitungkan pengeluaran secermat mungkin, ternyata ada hal-hal lain di luar dugaan yang membutuhkan perhatianmu.

Nah, fitur KoinGaji dari KoinWorks bisa membantu kamu mendapatkan kasbon dari kantor, sehingga kamu bisa lebih cepat mendapatkan uang tanpa harus menunggu momen gajian.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Download KoinWorks sekarang!


Olive Fried Chicken vs Jatinangor House: Bisnis Ayam Kekinian

Jalanin konsep frugal living bukan berarti kamu enggak boleh sesekali jajan atau beli makan di luar, loh.

Seandainya kamu memang sedang berhemat dan tetap ingin jajan, kamu bisa lihat opsi makanan cepat saji versi lokal seperti Olive Fried Chicken dan Jatinangor House.

Olive Fried Chicken yang asalnya dari Jogja, serta Jatinangor House yang berasal dari Bandung, sama-sama menjual menu paket ayam goreng dengan harga yang lebih murah dari menu paket yang biasa ditawarkan franchise makanan cepat saji lainnya.

Harga menu makanan di Jatinangor House rata-rata mulai dari Rp20.000,00, sedangkan paket menu dari Olive Fried Chicken bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp7.000,00.

Murah banget, ‘kan?

. . .

Kamu juga punya rencana untuk memulai bisnis kuliner seperti Olive Fried Chicken dan Jatinangor House? Atau malah sedang menjalankan bisnis serupa?

Nah, layanan KoinWorks NEO dari KoinWorks cocok banget nih untuk membantumu mengembangkan bisnis tersebut.

Mulai dari fitur NEO Card, Payment Link, hingga Financial Dashboard– semua didesain untuk membantu bisnismu mendapatkan kesempatan berkembang menjadi lebih besar.

Butuh informasi lebih lengkap? Kamu bisa cek di sini.

Download KoinWorks sekarang!


Angel Investor Buat Usaha Kamu?

Sebagai seorang pemilik bisnis (atau yang baru akan memulai bisnis) kamu bisa loh mencari pinjaman modal tidak hanya dari bank, tapi juga dari orang-orang yang kamu kenal.

Individu yang memiliki dana untuk diinvestasikan dan bersedia mendanai ide bisnismu ini biasanya dinamakan dengan istilah “angel investor”.

Kenapa dinamakan angel investor

Karena orang inilah yang bersedia meminjamkan dananya di saat bisnismu masih berada di fase awal, belum membuat keuntungan secara signifikan, dan juga sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank atau lembaga finansial lainnya.

Benar-benar seperti seorang “malaikat penyelamat”, ya?

Di Indonesia pun, ada beberapa pengusaha terkenal yang juga rutin menjadi angel investor bagi bisnis-bisnis yang baru tumbuh dan memang memiliki potensi yang menjanjikan, terutama bisnis dengan konsep tech startup. Contohnya seperti Erick Thohir dan Adi Sariaatmadja.

Angel investor pun tidak selalu harus dari kalangan pengusaha terkenal. Kamu bisa mengajak teman atau anggota keluarga yang memang memiliki idle money sebagai investor bisnismu. 

Nantinya, kamu bisa membuat perjanjian tertulis mengenai kebijakan investasi, dan ketentuan imbal balik yang mereka dapatkan dari perkembangan bisnis tersebut.

. . .

Jika kamu masih kesulitan mendapatkan investor maupun modal untuk menjalankan bisnis impianmu, kamu masih punya alternatif lain loh dengan mengajukan program pendanaan KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis didesain khusus untuk membantu para pemilik bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka, dengan pinjaman modal hingga 2 miliar rupiah, tenor fleksibel hingga 24 bulan, dan tanpa agunan.

Jadi, kamu enggak perlu minder kalau bisnis lain mudah mendapatkan modal, sedangkan kamu belum menemukan investor yang tepat.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak informasinya di sini.

Download KoinWorks sekarang!


Buat Bisnis Kecil jadi Besar dengan KoinWorks NEO

Yuk, dorong bisnismu agar berkembang menjadi lebih besar dengan fitur KoinWorks NEO dari KoinWorks.

Aplikasi KoinWorks NEO bisa membantu mengatur akses transaksi dan pembayaran, transfer uang, hingga penyediaan laporan keuangan– semua bisa kamu kelola dari satu platform.

Layanan ini memang didesain khusus untuk pebisnis pemula, di mana fitur-fiturnya memiliki tujuan untuk memudahkan bisnismu mengatur aspek finansial.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

NEO Card

Fitur NEO Card bisa kamu gunakan untuk bertransaksi sebagai pengganti kartu kredit.

Menariknya, kamu pun bisa menggunakan NEO Card untuk bertransaksi dengan platform martkeplace dan e-commerce dari luar negeri seperti Amazon. 

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membeli produk-produk dari luar negeri dan menjualnya di bisnismu.

Payment Link

Fitur Payment Link memudahkan bisnismu untuk membuat tautan yang bisa kamu gunakan untuk menerima pembayaran dari para konsumen.

Payment Link juga memiliki fitur pengingat, sehingga kamu tidak akan kelewatan mengenai transaksi-transaksi yang belum terselesaikan.

Financial Dashboard

Dari fitur Financial Dashboard, kamu bisa memantau aktivitas keuangan bisnismu; dari pemasukan hingga pengeluaran. 

Kamu juga bisa melacak pembayaran mana yang belum selesai, serta mengelompokkan arus kas berdasarkan kategori masing-masing.

Nah, dengan menggunakan KoinWorks NEO, kamu tidak perlu repot lagi memikirkan catatan transaksi keuangan dan pengeluaran bisnismu.

Jadi, tunggu apa lagi?

Download KoinWorks sekarang!


Strategi Menjalankan Bisnis Makanan Sehat dari KoinWorks

Bagi kamu yang kebetulan sedang menjalankan sebuah bisnis makanan sehat, berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu coba terapkan untuk mengembangkan bisnismu.

Silakan disimak!

6 Cara Mudah Memulai Bisnis Makanan Sehat

Bagaimana cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memulai sebuah bisnis makanan sehat?

Walaupun terdengar sepele, namun tidak sembarang orang benar-benar bisa mengelola sebuah bisnis kuliner seperti bisnis makanan sehat.

Ada beberapa cara dasar yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis ini.

Pertama, mencari tahu minat masyarakat atau target konsumen. Kedua, menentukan jenis produk dan  memperhitungkan modal yang kamu butuhkan. Berikutnya, kamu juga harus mempersiapkan strategi pemasaran dan layanan konsumen.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca di sini.

Baca selengkapnya di sini

5 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Makanan Sehat

Apa saja faktor yang perlu kamu perhatikan saat memilih lokasi untuk bisnis makanan sehat?

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah kemudahan akses ke lokasi, kondisi lingkungan sekitar, dan juga tingkat kompetisi di wilayah lokasi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di sini.

Baca selengkapnya di sini

5 Bentuk Mitigasi Risiko pada Bisnis Makanan Sehat

Apa saja bentuk mitigasi risiko yang perlu kamu perhatikan saat sedang menjalankan bisnis makanan sehat?

Mitigasi risiko penting untuk kamu persiapkan, terutama untuk bisnis yang berkaitan dengan makanan dan pelayanan. Hal ini berfungsi untuk membantu bisnismu memperkecil risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya mulai dari mitigasi risiko bisnis dan penjualan, hingga mitigasi risiko untuk kualitas & keamanan produk.

Beberapa bentuk mitigasi lainnya bisa kamu simak di sini.

Baca selengkapnya di sini

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.