Home » Blog » Bisnis & UKM » Begini Tips Memilih Mesin untuk Usaha Kedai Kopi

Begini Tips Memilih Mesin untuk Usaha Kedai Kopi

·
4 menit
tips memilih mesin kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat populer. Minuman ini saat ini bisa ditemukan dalam banyak jenis dan juga banyak variasi cara pembuatannya. Hal ini membuat makin banyak orang yang suka datang ke kedai kopi.

Untuk kamu yang ingin membuat kedai kopi ini untuk bisnis sampingan yang menguntungkan, jangan lupakan tips memilih mesin untuk usaha kedai kopi untuk memilih alat yang tepat.

Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Keuntungan bisnis kedai kopi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Selain karena kopi merupakan sebuah minuman yang populer. Minuman ini juga memiliki banyak kelebihan.


  • Banyak disukai semua kalangan

Dahulu kopi identik dengan minuman untuk orang yang sudah dewasa atau bahkan tua. Banyak juga yang menggunakan kopi sebagai obat untuk mata yang mengantuk dan tubuh yang lelah agar terjaga lebih lama.

Akan tetapi saat ini kopi bisa dikatakan sebagai gaya hidup karena semua orang suka kopi. Keunikan variasi kopi yang sangat banyak dan juga variasi cara penyajiannya membuat kopi makin kesini menjadi makin populer baik di kalangan remaja maupun di kalangan mereka penikmat kopi sungguhan.


  • Bisa jadi sebuah tempat nongkrong

Selain nikmat kopinya, sebuah kedai juga populer dengan tempatnya yang asyik. Dengan menyajikan kopi yang enak, sebuah tempat atau kedai juga bisa digunakan untuk tempat nongkrong konsumen kamu.

Dalam kegiatan nongkrong ini konsumen bisa order berkali-kali sehingga membuat bisnis ini menjadi bisnis yang main menguntungkan dari sekedar kedai kopi.

Bisnis kopi memang merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan karena bisnis kopi memiliki banyak daya tarik dan memiliki prospek yang baik.

Untuk memulai bisnis kopi, kamu akan membutuhkan banyak peralatan, salah satunya adalah alat pembuat kopi. Jika kamu ingin membuat alat pembuat kopi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :


Memilih jenis minuman yang akan dibuat

Jika kamu ingin memilih mesin pembuat kopi yang tepat, hal pertama yang perlu kamu perhatikan pertama adalah jenis minuman yang akan kamu sajikan di kedai kopi kamu. Saat ini ada banyak sekali jenis mesin yang bisa membantu kamu untuk membuat kopi dengan variasi yang sangat beragam.

Ada mesin yang bisa digunakan untuk membuat kopi espresso, latte, moka, macchiato, long black kamu masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan saat ini ada juga jenis mesin kopi yang memperbolehkan kamu untuk membuat minuman coklat yang lezat dengan menggunakan mesin tersebut. Jadi untuk membuat sebuah kedai kopi, perhatikan jenis minuman yang akan kamu sediakan untuk tamu kamu dan pilih mesin sesuai dengan menu tersebut.


Tipe bisnis kamu

Selanjutnya adalah mengenai skala dan tipe bisnis kamu. Ada banyak tipe bisnis kopi. Ada bisnis kopi kedai dan juga ada juga bisnis kopi yang menawarkan service seperti fast food. Jenis dan skala bisnis ini akan sangat berpengaruh dengan jenis mesin pembuat kopi yang harus kamu sediakan.

Untuk membuat kedai kopi dimana konsumen kamu bisa nongkrong kamu bisa membeli mesin pembuat kopi yang menawarkan pembuatan kopi dengan waktu yang lambat.

Akan tetapi jika kamu ingin memberikan service kamu layanan seperti fast food, maka membuat kedai kopi yang mampu memproduksi kopi dengan cepat bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu.

Akan tetapi jika kamu bisa mendapatkan mesin yang cepat dengan hasil kopi yang enak, kamu bisa menggunakannya. Hal ini disebabkan karena tidak ada orang yang suka menunggu.


Skala bisnis kamu

Oh ya, untuk kamu yang akan membuat kedai kopi, buat rencana yang matang terlebih dahulu. Buat perencanaan mengenai seberapa besar bisnis yang ingin kamu bangun. Jika kamu memiliki modal kecil, maka membuka kedai kecil-kecilan bisa jadi start yang baik untuk kamu.

Jika memang skala bisnis yang kamu incar masih kecil, membeli mesin kopi dengan kapasitas kecil bisa menjadi pilihan. Kamu tidak perlu khawatir akan lebih boros biaya karena saat ini banyak orang yang mencari mesin kopi.

Hal ini membuat mesin kopi bekas kamu nanti bisa dijual kembali untuk mereka yang membutuhkannya.


Konsistensi kopi kamu

Selanjutnya adalah mengenai konsistensi rasa dari kopi kamu. Kopi merupakan minuman yang dibuat dengan menggunakan bahan alami. Hal ini membuat kopi kamu yang dibuat dengan cara yang buruk akan memiliki rasa yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin bisnis kedai kopi kamu terkesan lebih premium, maka pastikan kamu membuat rasa kopi yang lebih konsisten.

Kopi dengan rasa yang lebih konsisten akan membuat konsumen kamu lebih nyaman dan lebih memungkinkan tamu untuk datang kembali. Jika kopi kamu rasanya tidak konsisten, kedai kamu tidak akan direkomendasikan.

Untuk menghindari rasa kopi yang tidak konsisten ini, menggunakan mesin yang memiliki program guna menentukan kualitas rasa kopi akan sangat menguntungkan.

Hal ini sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali membuka kedai kopi dan belum paham mengenai cara membuat kopi yang benar.

Untuk penggunaan pada kedai kopi yang besar, mesin seperti ini juga lebih menguntungkan karena kamu tidak perlu lagi khawatir dengan konsistensi rasa meski membuat kopi dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.


Kemudahan penggunaan

Selanjutnya, jika kamu memiliki kedai kopi dengan skala yang besar, maka kamu akan membutuhkan pegawai. Pegawai kamu juga harus bekerja dengan cekatan dan cepat agar tidak membuat pelanggan kamu kecewa.

Untuk memastikan hal ini, menggunakan mesin yang lebih mudah digunakan adalah hal yang penting dan menguntungkan. Pasalnya makin mudah mesin digunakan, maka makin cepat kinerja tim kamu.


Mengenai instalasi dan support pasca penjualan

Yang terakhir tapi tidak kalah penting untuk diperhatikan saat kamu akan membeli mesin kopi adalah mengenai instalasi profesional dan support pasca penjualan yang akan kamu dapatkan.

Jika kamu akan menggunakan mesin pembuat kopi, pastikan mesin pembuat kopi yang kamu beli di lengkapi dengan layanan pemasangan kamu juga garansi. Pastikan juga mengenai service juga cara klaim garansi yang disediakan oleh jasa tersebut.

Nah, selain memilih mesin kopi yang tepat, pastikan kamu juga membuat rencana bisnis yang kuat dan juga menggunakan strategi pemasaran yang baik.

Dengan begitu rencana pemasaran kamu bisa melengkapi layanan yang kamu butuhkan untuk mensukseskan bisnis kedai yang kamu miliki.

Memilih mesin kopi bukan hal yang sulit untuk dilakukan jika kamu memiliki rencana bisnis yang jelas. Akan tetapi jika memang kamu sudah sampai di tahap pemilihan mesin dalam bisnis kopi ini dan masih merasa bingung mana produk atau bahkan merk yang terbaik, konsultasi dengan ahli akan membantu kamu menemukan jawabannya.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat