Seperti yang sering diajarkan sejak sekolah adalah pentingnya memiliki tabungan. Tabungan berfungsi sebagai simpanan untuk masa depan sehingga wajib dimiliki oleh semua orang. Percuma saja bekerja apabila Anda tidak mempunyai simpanan karena hal itu dianggap sebagai kerja bakti. Menghabiskan uang dalam waktu singkat untuk hal yang tak berguna sangat buruk dan akan lebih baik bila Anda menyimpannya dalam bentuk investasi.

Manfaat investasi pun akan terasa apabila Anda memilih jenis instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi finansial Anda. Salah satu bentuk investasi adalah saham yang sering dilakukan oleh para investor yang menyumbangkan uangnya pada sebuah perusahaan tertentu dengan harapan berupa imbalan keuntungan yang menjanjikan. Namun bagi investor yang ingin menyimpan dananya sebagai bentuk saham dalam jangka panjang wajib dan perlu untuk melakukan analisia fundamental.

Mari Mengenal Analisis Fundamental Pada Saham

Caranya adalah dengan mencari tahu tentang apa saja yang berkaitan dengan perusahaan dan saham yang diterbitkannya sekaligus dengan informasi yang memang memiliki hubungan dengan analisa saham tersebut.

Dari segi pengertiannya, yang dimaksud dengan analisis fundamental adalah sebuah analisa yang didasarkan pada faktor-faktor dasar atau fundamental yang nantinya mempengaruhi nilai saham dari suatu perusahaan dengan melihat kondisi prospek saham, industri maupun kondisi perekonomian itu sendiri.

Terdapat dua metode yang harus dilakukan apabila seorang investor;

  1. Metode yang pertamaΒ yaitu top down atau dari atas ke bawah dimana investor akan melihat kondisi makro ekonomi lebih dulu dengan tujuan untuk mengetahui sektor usaha yang bagus ketika itu.
  2. Metode kedua adalah bottom up yang artinya dari bawah menuju ke atas dimana metode ini kebalikannya dari top down. Di metode ini, para investor sudah sangat yakin untuk memilih saham yang memang menjadi incaran.

Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan membaca tabel saham namun hal itu masih sebagian kecil saja karena masih banyak informasi yang bisa digunakan oleh investor yang berpengalaman dan profesional untuk menganalisa fundamental dari saham yang dipilih.

Baik itu informasi yang terbuka maupun tersembunyi, pasti investor akan dengan cepat mengetahuinya.

Informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh investor adalah rasio pengeluaran, nilai dari buku ekuitas, pendapatan yang masuk per sahamnya dan nilai dari buku saham yang dijadikan sebagai indikator dari kedudukan perusahaan sekaligus mengetahui apakah sahamnya merupakan sebuah bentuk instrumen investasi yang baik atau tidak.

Nilai buku saham memiliki pengertian yaitu perbedaan dari aset yang dimiliki perusahaan dan juga passive. Buku nilai bisa dipengaruhi oleh hutang sebagai contoh profit dari perusahaan menjadi dibatasi meskipun ia mampu melakukan banyak aktivitas bisnis. Terkadang bila buku nilai rendah artinya aset yang akan ditaksir memang terlalu rendah dan ahli ekonomi akan menganggap hal ini baik.

Pendapatan Tiap Saham

Sementara untuk pendapatan tiap sahamnya akan dihitung dengan cara membagi jumlah nominal saham menuju keuntungan. Apabila penghasilan saham terus bertambah setiap tahunnya, maka perusahaan akan dianggap sehat dan semakin berkembang.

Analisa lain yang dilakukan adalah nilai buku ekuitas dimana perolehan tersebut didapat dari persentase hasil pembagian penghasilan dari perusahaan untuk setiap sahamnya dengan nilai buku saham yang dimiliki. Jangan melupakan rasio pengeluaran karena hal ini juga sangat penting.

Arti dari rasio pengeluaran adalah persentase dari netto atau penghasilan bersih dari perusahaan yang nantinya akan dialokasikan untuk membayar dividen. Untuk jumlah normal dari rasio pengeluaran adalah sekitar 25% atau 50% untuk penghasilan netto.

Bila rasionya lebih tinggi, maka itu artinya suatu perusahaan tengah berjuang untuk memenuhi kewajiban. Angka-angka tersebut akan dicatat dengan teratur dalam sebuah media finansial yang bisa disediakan oleh broker. Adanya analisa itu dimulai dari penetlitian terhadap empat unsur tadi.

Perusahaan pun akan terus melakukan hubungan dengan orang atau pihak yang memiliki sahamnya dan sudah tugas perusahaan untuk selalu menginformasikan secara berkala dari waktu ke waktu kepada para pemegang saham tentang jalannya bisnis atau aktivitas apapun yang dilakukan oleh perusahaan terkait.

Tentu saja informasi ini sangat penting agar seseorang mampu membuka rekening secara berkala guna menginvestasikan dana semakin banyak. Dengan demikian, investor pun akan terus memperoleh manfaat investasi jangka panjang yang menjanjikan tanpa khawatir akan resiko gulung tikar.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.