Mengenal Ciri-Ciri Nakalnya Bisnis Online – Berbicara mengenai usaha apa yang tengah naik daun kini? Maka jawabannya adalah bisnis online. Ya, pertumbuhan bisnis online seperti air yang mengalir dengan pendapatan besar yang melimpah dan dapat dijadikan sebagai bentuk investasi masa depan.

Banyak orang yang memilih membuka usaha online karena mereka tak perlu repot-repot menyewa lahan untuk dijadikan sebagai wilayah berjualan. Hanya bermodalkan gadget dan kemampuan membuat toko online, maka sebuah bisnis siap untuk dijalankan.

Beberapa orang yang memang bersungguh-sungguh untuk menjalankannya bahkan rela untuk melakukan pinjaman tanpa agunan agar bisa membangun usaha. Namun dibalik banyak orang yang berusaha keras, masih ada juga yang hanya ingin memperoleh keuntungan instan tanpa perlu bersusah payah dengan cara menipu.

Kasus penipuan bermodus bisnis online sudah banyak ditemui di masyarakat luas meskipun banyak orang yang tak kapok untuk tetap membeli barang secara online. Hanya saja masyarakat seolah menjadi trauma untuk membeli barang secara online.

Dikarenakan Anda sebagai konsumen yak bertemu langsung dengan penjual, maka sebaiknya kenali terlebih dahulu karakteristik bisnis online scam atau palsu sebagai berikut:

Selalu menyembunyikan identitas aslinya

Pada dasarnya bisnis online tak mempertemukan penjual dan pembeli melainkan mereka hanya berkomunikasi melalui media perantara baik HP maupun internet. Hanya saja, apapun bentuk komunikasinya, penjual palsu pasti akan berusaha dengan keras untuk menutupi atau menyembunyikan identitas asli mereka baik itu nama maupun alamat.

Kemungkinan besar mereka hanya menggunakan nama kota saja yang cukup luas dan umum. Ini bertujuan agar ketika penipu melancarkan aksinya berjualan palsu dan menemukan korban, mereka tak akan terlacak oleh korban yang berusaha mengembalikan uang mereka yang hilang.

Bila memang mengharuskan untuk menyebut nama, maka mereka pasti akan menggunakan nama palsu dan juga alamat palsu sehingga terlihat meyakinkan. Ketika melancarkan aksinya, maka kontak sudah tidak mungkin berfungsi lagi apabila korban telah masuk perangkap.

Penjual akan membatasi hubungan kontak dengan calon pembeli

Penjual online yang dikatakan penipu pasti akan memberi batasan terhadap kontak dengan pembeli. Mereka akan mencoba untuk memberikan sedikit kontak yang bisa dihubungi dalam tampilan layar. Bahkan ada pula penjual online palsu yang tak ingin dihubungi melalui telepon melainkan hanya melalui pesan singkat saja.

Apabila Anda mencurigai yang seperti ini, maka sebaiknya lakukan beberapa cara seperti ajukan pertanyaan seputar produk maupun jasa yang mereka tawarkan. Coba tunggu respon dari mereka. Jika responnya lama, maka sebaiknya Anda mencari bisnis online yang serupa daripada menunggu yang tidak pasti.

Apabila penjual merespon, maka sebaiknya cek jawaban yang diberikan oleh penjual atas pertanyaan yang diberikan. Jika mereka menjawab dengan singkat dan tak banyak keterangan mengenai produk, maka sebaiknya Anda jangan teruskan membeli di situs itu.

Produk yang dijual tak jelas

Perlu diketahui jika bisnis online itu ada untuk memberikan atau menawarkan produk bisa berupa barang maupun jasa pada masyarakat luas sebagai konsumen yang membutuhkannya. Namun jika produk yang ingin Anda incar tak memiliki keterangan yang baik dan jelas di setiap gambar yang diunggahnya, itu artinya pemilik bisnis tidak serius dalam menjalankan usahanya dan yang kedua mungkin mereka adalah palsu.

Walaupun tidak semua bisnis online yang tidak menjelaskan gambarnya itu palsu, namun akan lebih baik bila Anda memilih usaha lainnya saja yang menjual produk serupa untuk jaga-jaga. Bisa jadi penjual hanya menduplikasi gambar dari situs lain dan meletakkannya di situs mereka sehingga terlihat jika mereka memiliki barang yang siap dijual pada masyarakat.

Menggunakan domain gratis

Apabila bisnis online yang Anda inginkan berasal dari situs website dan bukan media sosial, maka sebaiknya perhatikan nama domain yang digunakan. Jika menggunakan nama domain, itu artinya bisnis tersebut hanyalah abalk-abal atau palsu dan hanya ingin meraup untung dari konsumen yang menjadi korbannya.

Intinya adalah bagaimana mereka mau menjalankan usaha jika menggunakan domain gratis. Diperlukan sedikit modal untuk membuat website toko onlinenya sendiri dan itu menunjukkan seberapa bonafitnya bisnis tersebut.

Nah, itu dia tanda-tanda penipuan bisnis online yang harus Anda waspadai. Meskipun bisnisnya berbentuk online yang tidak membutuhkan banyak dana seperti bisnis offline, tetap saja jika seseorang yang benar-benar ingin membangun bisnisnya pasti akan tetap membutuhkan modal yang memadai dan bisa saja ia melakukan pinjaman tanpa agunan agar usahanya menjadi profesional.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.