3 Kiat Khusus Meningkatkan Komunikasi dalam Hubungan – Mungkin saja Anda berbakat dan memiliki ide-ide yang hebat, tetapi Anda sering merasa tidak dikenal dan mudah disalahpahami oleh banyak orang. Hal tersebut terjadi dalam hubungan pribadi dan pekerjaan Anda.

Jika Anda merasakan hal di atas, maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan strategi sederhana untuk meningkatkan komunikasi saat berhubungan dengan banyak orang.

Berikut ini 3 taktik sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berhubungan dengan banyak orang.

3 Kiat Khusus Meningkatkan Komunikasi dalam Hubungan

1Tunjukkan Tangan Anda

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hal pertama yang diperhatikan orang saat bertemu dengan seseorang yang baru adalah tangan mereka.

Di mana seseorang yang meletakkan tangan mereka di dalam kantong, maka orang lain akan melihat mereka sebagai orang yang tidak dapat dipercaya dan sulit untuk diajak bergaul.

Baca juga: 5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan

Dengan tangan yang terbuka dan terlihat secara tidak langsung menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tidak berbahaya dan tidak memegang sesuatu yang membahayakan.

Jadi, saat Anda akan berbicara di depan umum atau bertemu dengan seseorang yang baru pastikan untuk menunjukkan tangan kepada mereka.

Solusinya adalah jangan pernah meletakkan tangan di dalam saku atau di belakang saat sedang berbicara dengan seseorang.


2Sentuhan yang Wajar

5 Ide Kencan di Alam Terbuka yang Bisa Menghemat Biaya

Banyak orang tua yang melupakan sentuhan kepada anak-anak saat mereka sedang mengasuh.

Padahal ada bukti yang menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil yang signifikan berkaitan dengan perkembangan di kemudian hari antara anak yang dikembangkan dalam keluarga yang penuh kasih sayang dengan yang tidak.

Baca juga: 5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan

Sentuhan manusia akan melepaskan hormon oksitosin yang merupakan hormon cinta. Hormon inilah yang akan membantu Anda percaya, setia, dan menimbulkan ikatan dengan orang lain. Hubungan seperti ini jugalah yang akan membantu Anda mengurangi kadar stres yang terjadi.

Apa yang harus Anda lakukan?  Anda bisa mulai menggabungkan interaksi fisik yang tepat dalam setiap percakapan. Lakukan jabat tangan sederhana untuk orang-orang yang tidak terlalu dekat dengan Anda. 

Sedangkan untuk teman yang dekat atau keluarga, Anda bisa lebih sering memberikan pelukan kepada mereka untuk meningkatkan hubungan dan ikatan emosi.


3Gunakan Kalimat dan Pertanyaan yang Tepat

memulai bisnis seperti kencan pertama

Pertanyaan yang Anda ajukan kepada orang lain akan membantu untuk memahami seseorang, namun jangan sampai Anda memberikan pertanyaan dengan cara yang salah dan memicu orang lain merasa terancam.

Pastikan pertanyaan yang Anda ajukan kepada orang lain tidak terdengar seperti sedang menginterogasi, namun tunjukkan bahwa Anda tertarik dengan kisah dan perasaan orang tersebut.

Baca juga: 5 Kesalahan Pengembangan Diri yang Sering Dilakukan Milenial

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat orang lain terbuka dan mau menjawab pertanyaan Anda adalah dengan menunjukkan bahwa pertanyaan tersebut datang dari rasa ingin tahu dan bukan sebuah tuduhan.

Misalnya saja seperti ini, Anda bisa mengganti pertanyaan “Mengapa Anda Melakukan Itu?” dengan kalimat yang lain yaitu “Apa yang Membuat Anda Melakukan Hal Itu?”. Kedua kalimat ini bertanya tentang hal yang sama, tetapi dilakukan dengan cara yang berbeda.

Dengan menerapkan 3 teknik komunikasi di atas, maka diharapkan Anda bisa meningkatkan komunikasi dalam hubungan dan mengurangi resiko kesalahpahaman dengan orang lain.

Atau jika memungkinkan, Anda juga bisa melatih keterampilan berkomunikasi dengan cara mengikuti sebuah pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan hal ini. Pelatihan yang diikuti memungkinkan Anda untuk langsung mempraktikkan materi yang dipelajari secara langsung.

Bukankah mengikuti pelatihan dan pendidikan membutuhkan biaya?

Memang benar, namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana yang bisa digunakan untuk membiayai pendidikan. KoinPintar merupakan salah satu produk pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinWorks khusus untuk dana pendidikan.

KoinPintar tidak akan memberatkan Anda dengan suku bunga pinjaman yang tinggi, sebab suku bunga yang ditawarkan mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman tersebut bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Tidak hanya itu saja, setiap bunga dan beban yang ditimbulkan akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Dengan demikian, tidak akan ada bunga yang bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran.

Dengan adanya kemudahan di atas, jangan lagi menjadikan biaya pendidikan sebagai kendala untuk mendapatkan pelatihan dan keterampilan yang berkualitas. Semoga pembahasan ini memberikan banyak inspirasi kepada Anda yang telah membacanya.

Teruslah meningkatkan kapasitas dan keterampilan!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.