5 Hal yang Dilakukan Saat Pasangan Menghasilkan Uang Lebih Banyak

7 Kebiasaan yang Menunjukkan Bahwa Anda Belum Matang Secara Finansial - 5 Mitos Gaya Hidup Hemat yang Tidak Perlu Anda Percaya

5 Hal yang Dilakukan Saat Pasangan Menghasilkan Uang Lebih Banyak – Sering terjadi dimana pasangan mendapatkan penghasilan yang lebih sedikit daripada yang lain dan membuat mereka tidak bisa berkontribusi sama untuk membayar tagihan dan menabung.

Hal pertama yang harus dipahami adalah ini adalah keadaan yang wajar dan pasti ada salah satu pihak yang menghasilkan lebih besar daripada yang lain.

Baca Juga: 5 Prinsip Orang Kaya yang Mungkin Tidak Anda Pahami

Selain itu, Anda juga harus bersikap adil terhadap pasangan agar mereka tetap merasa dihargai dan berharga atas kontribusi yang dilakukannya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tentang beberapa kiat yang akan membantu mengatasi subjek yang sensitif seperti ini dan membuatnya menjadi lebih baik.


Terbuka Untuk Membicarakannya

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 9 - 9 Tips Membicarakan Uang dengan Pasangan

Langkah pertama saat Anda melihat penghasilan yang tidak seimbang adalah duduk bersama dan mendiskusikan rencana untuk menabung, tujuan keuangan, dan pengeluaran dalam rumah tangga.

Baca Juga: 4 Strategi Karier yang Perlu Diketahui di Usia 20-an

Mungkin salah satu pihak yang menerima penghasilan lebih besar akan membayar sebagian besar tagihan atau pencari nafkah yang lebih rendah bisa mengambil lebih banyak pekerjaan paruh waktu.

Melakukan dialog terbuka dan jujur tentang apa yang diharapkan adalah salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan bersama.


Mulai Membagi Tanggung Jawab Keuangan

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang

Salah satu cara terbaik untuk menentukan kontribusi terhadap pengeluaran rumah tangga adalah membandingkan gaji untuk mengetahui seberapa besar perbedaan yang terjadi.

Baca Juga: Uang Menghancurkan Hubungan Anda dan Pasangan, Bagaimana Bisa?

Selanjutnya, pihak yang menghasilkan lebih besar bisa membayar persentase yang lebih tinggi untuk sewa rumah, biaya utilitas, dan lain sebagainya.


Mulai Mempersiapkan Dana Bersama

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Jangan lupa untuk membuka akun bersama yang khusus digunakan untuk berlibur dan bersenang-senang.

Tentukan berapa banyak uang yang harus disumbangkan ke dalam akun secara rutin untuk masing-masing pihak.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Jenis Orang yang Sulit Menghindari Utang

Dengan cara seperti ini, maka Anda dan pasangan bisa melakukan liburan bersama dengan nyaman tanpa perlu khawatir dengan penghasilan yang lebih kecil.

Tidak hanya mempersiapkan dana untuk berlibur saja, Anda dan pasangan juga harus mulai mempersiapkan dana untuk berinvestasi dan menabung.

Tabungan dan hasil investasi bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, misalnya untuk membayar DP rumah, dana pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Jika Anda dan pasangan masih takut dengan resiko, mulailah berinvestasi di KoinWorks untuk langkah awal.

Mendanai di KoinWorks bisa dimulai dengan dana terbatas yaitu Rp 100.000 saja.

Meskipun dana yang diinvestasikan terbatas dan cukup minim, tetapi imbal hasil yang didapatkan bisa mencapai lebih dari 18% per tahun.


Merencanakan Pekerjaan Tambahan

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Jika Anda memiliki penghasilan yang rendah dan hal ini membuat Anda terbebani, maka mulailah mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu untuk mendapatkan tambahan uang.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Tetap Konsisten Dalam Mewujudkan Impian Anda

Pasangan Anda pasti akan merasa bangga karena sikap proaktif yang dilakukan saat berhadapan dengan kondisi keuangan saat ini.

Cara seperti ini juga bisa mengurasi tingkat stres dan Anda juga tidak perlu lagi khawatir tentang masalah keuangan.


Lakukan Kontribusi yang Lain

rencana keuangan - strategi investasi - strategi keuangan - rencana investasi - sebelum berinvestasi - mulai mendanai - investasi - biaya hidup pasangan muda

Berkontribusi dalam rumah tangga tidak hanya tentang finansial saja, tetapi juga bisa berkontribusi secara fisik.

Anda bisa menunjukkannya dengan mengambil pekerjaan rumah tangga yang lebih banyak sebagai rasa terima kasih terhadap pasangan yang telah menghasilan pendapatan yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Cara Hemat untuk Merayakan Momen Anniversary Dengan Pasangan

Intinya adalah berkomunikasi secara terbuka terhadap pasangan untuk mengetahui solusi dan harapan atas masalah yang terjadi.

5 cara yang disampaikan di atas bisa menjadi salah satu pertimbangan yang bisa dilakukan saat Anda menghasilan pendapatan yang lebih rendah daripada pasangan.

Pasangan yang baik pasti menerima kondisi Anda dan tidak akan mempermasalahkan hal ini secara berlebihan.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Devayanti Pardi

Devayanti Pardi

Content Creator at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.